Ciri - Ciri Koperasi

Mengetahui Ciri – Ciri Koperasi yang Harus Anda Ketahui

Anda harus mengetahui Ciri – Ciri Koperasi sebelum memutuskan menjadi anggota di dalamnya. Sehingga mudah memahami apakah instansi tersebut sudah masuk ke dalam golongan koperasi atau bukan. Bahkan, menambah wawasan Anda yang sebelumnya tidak tahu bagaimana saja tanda – tandanya menjadi tahu. 

Keberadaannya juga sudah ada sejak dahulu dan fungsinya masih tetap sama sampai sekarang. Perkembangan zaman dan teknologi tidak membuatnya menjadi redup, justru semakin mengikuti perkembangan dunia. Agar para anggota ataupun pelanggannya tidak menurun karena kurang mengikuti perubahan zaman. 

Sistemnya juga semakin hari semakin berubah namun tetap pada prinsip maupun cirinya dari dulu. Hanya saja adanya teknologi digital membuat sistem di dalamnya menjadi mudah sampai pada pengaksesannya. Untuk itu, ulasan berikut ini mampu membantu Anda memahami apa saja kaitannya mengenai topik ini. 

Mengenal Apa Itu Koperasi Bagi Manusia

Sebelum mengetahui Ciri – Ciri Koperasi tentunya harus mengenal dasarnya terlebih dahulu, seperti definisinya. Koperasi sendiri sebagai salah satu badan usaha berasaskan pada prinsip kekeluargaan. Berdirinya awal mulanya adalah latar belakang dari orang – orang yang mempunyai tingkat ekonomi terbatas. 

Sehingga, tujuannya juga untuk mensejahterakan ekonomi anggotanya serta memperjuangkan peningkatannya. Bahkan bisa membantu membangun tatanan ekonomi nasional agar terwujud masyarakat maju. Selain maju, bagaimana prosesnya membangun masyarakat yang adil dan makmur. 

Selain itu, terdapat asas – asas koperasi yang mampu mendasari prinsip pembangunan tahan lama. Walaupun asas utamanya adalah asas kekeluargaan terdapat asas lain yang perlu Anda ketahui. Asas ini disebutkan oleh Bung Hatta selaku Bapak Koperasi se – Indonesia ada empat macam. 

Pertama, tidak memperbolehkan dijual serta dikedaikan barang – barang bersifat palsu. Kedua, harga barang harus sama dengan harga yang ada di pasar setempat atau terdekat. Ketiga, dalam hal ukuran harus benar adanya dan terjamin serta keempat, pembayarannya harus secara tunai. 

Baca juga: Contoh surat izin tidak masuk kerja karyawan pabrik

Ciri – Ciri Koperasi Bagi Suatu Badan

Terdapat beberapa poin penting dari koperasi yang perlu sekali Anda ketahui secara seksama. Untuk itu, ulasan di bawah ini akan menjelaskan beberapa cirinya sebagai bekal pengetahuan. 

  1. Sifatnya Sukarela dan Rapat Anggota

Ciri – Ciri Koperasi Pertama adalah, keanggotaannya bersifat sukarela artinya tidak memaksa setiap individu masuk ke dalamnya. Sehingga tidak menimbulkan prasangka buruh ataupun kekecewaan dari anggotanya. Siapa saja yang ingin masuk ke dalamnya berdasarkan keinginan dari hatinya. 

Kemudian, pada rapat anggota sebagai salah satu kegiatan yang bersifat kekuasaan tertinggi. Sehingga, setiap anggota harus mengikuti setiap rapat anggota dari jadwal yang disediakan oleh pengurus. 

  1. Anggota mempunyai Satu Suara dan Tidak Mencari Laba

Ciri – Ciri Koperasi selanjutnya adalah setiap anggota di dalamnya memiliki satu suara. Satu suara ini seperti hak berpendapat ketika sedang berada pada rapat anggota. Satu suara ini tidak di dasarkan pada jumlah kepemilikan modal masing – masing. 

Kemudian, badan usaha ini tidak mempunyai tujuan mencari laba dari proses kegiatannya. Berproses mensejahterakan anggota maupun masyarakat di dalamnya tanpa mencari keuntungan di dalamnya. 

  1. Penanggung Jawab dan Memiliki Badan Hukum

Ciri – Ciri Koperasi selanjutnya adalah sistem penanggung jawab ada pada pengurus. Jadi, pengurus memiliki tanggung jawab besar terkait pengelolaan ataupun prosedur apa saja di dalamnya. Selain itu juga memiliki badan hukum jelas, artinya mempunyai sistem organisasi jelas dan diakui. 

  1. Modal Anggota dan Pembagian Keuntungan

Selanjutnya adalah modalnya sendiri sifatnya tidak tetap dalam jangka waktu tertentu. Tentu mampu berubah disesuaikan pada simpanan dari anggotanya berapa jumlahnya. Maka dari itu, tidak dapat mematok harus berapa saja untuk modalnya. 

Selain itu, dalam hal pembagian keuntungan akan melakukannya dengan cara dasar dari perbandingan jasa. Namun, perbandingan jasa ini akan memiliki batasan yaitu pada jasa modalnya. 

Beberapa poin di atas hanya sebagian sedikit yang sudah bisa mencerminkan badan usaha tersebut. Adanya informasi mengenai Ciri – Ciri Koperasi membantu pemahaman Anda terkait hal itu. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.