Cara mengontrol emosi di tempat kerja

Cara Mengontrol Emosi di Tempat Kerja yang Tepat

Cara mengontrol emosi di tempat kerja memang diperlukan saat ini. Umumnya, ada beberapa emosi yang bisa mengganggu produktivitas atau bahkan rekan kerja saat berada di kantor.

Oleh karena itu, Anda harus bisa untuk mengetahui tips mengendalikan emosi negatif yang sering menghampiri. Informasi kali ini akan membahas tentang cara mengendalikan emosi.

4 Cara Mengontrol Emosi di Tempat Kerja

Ada beberapa cara mengontrol emosi di tempat kerja yang bisa dilakukan. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait cara mengendalikan emosi yang benar.

1. Frustrasi

Pertama, jika Anda mengerjakan tugas dengan baik, namun tidak kunjung dihargai oleh atasan. Atau tepat waktu sendirian saat meeting dan orang lain terus menerus datang telat bisa saja menimbulkan emosi.

Contoh kasus ini juga akan membuat frustasi, apalagi terjadi berulang kali. Oleh karena itu, berhenti sejenak dan mencoba berpikir jernih, kemudian coba cari sisi positifnya. 

Tuliskan apa saja yang membuat Anda merasa seperti ini dan coba lihat dari perspektif yang lebih positif. Contohnya saja, teman satu tim datang terlambat padahal harus presentasi. 

Memang tampak menyebalkan, namun sisi positifnya Anda jadi punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Anda juga dapat membuat daftar hal apa yang bisa dikontrol dan tidak. 

Dengan begini, Anda akan bisa memfokuskan energi ke hal-hal yang masih dapat diubah. Sehingga tidak membuang waktu dan tenaga untuk yang di luar kendali diri sendiri.

Baca juga: 5 manfaat mendengarkan musik Saat Bekerja

2. Cemas

Terdapat desas-desus bahwa perusahaan akan mengadakan PHK massal tanpa alasan, lalu merasa cemas? Cara ini sebenarnya ditujukan untuk bisa mengendalikan emosi saat Anda sedang berada di kantor. 

Coba beri napas yang benar, lalu tarik napas dalam-dalam dari hidung tahan beberapa detik, kemudian keluarkan lewat mulut. 

Cara mengontrol emosi di tempat kerja ini bisa memelankan detak jantung yang tadinya berdegup terlalu kencang. Anda juga bisa lebih fokus ke hal yang bisa membuat situasi lebih baik.

3. Marah

Sering melihat adegan di beberapa film yang menunjukkan pemeran utama stres di tempat kerja. Hal ini tentunya akan menimbulkan tekanan dari sana sini. 

Jika tidak ingin seperti itu, cara mengontrol emosi di tempat kerja adalah memperhatikan tanda-tanda yang mengarah ke situasi tersebut. Namun, jika terlanjur, atur pernapasan dengan baik.

Hanya dengan mempelajari pertanda akan marah, Anda dapat memilih ingin bereaksi seperti apa. Berat memang, apalagi jika situasinya tidak terlalu menyenangkan.

Coba juga melakukan teknik pernapasan yang telah dijelaskan sebelumnya, lalu tenangkan diri. Kemudian, bisa pikirkan konsekuensi jangka panjangnya bila masih terasa ingin marah-marah.



4. Kecewa

Jenis emosi terakhir yaitu kecewa, yang dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Jika dibiarkan terus menerus, kekecewaan akan menjadi rasa sedih dan terus mempengaruhi produktivitas sehari-hari.

Salah satu cara mengontrol emosi di tempat kerja yang satu ini yaitu menyesuaikan mindset dan target. Ingat bahwa tidak semua hal sebenarnya bisa berjalan sesuai dengan keinginan. 

Bahkan, kegagalan justru akan jadi pelajaran terbaik. Untuk masalah target, Anda tentunya bisa menyesuaikan deadline atau terus mencari cara agar apa yang diinginkan dapat tercapai.

Dengan begitu, semua masalah yang Anda hadapi akan teratasi dengan baik. Anda juga bisa mengontrol emosi dengan benar dan baik.

Jenis Emosi Negatif dalam Diri

Selain cara mengontrol emosi di tempat kerja, akan dijelaskan secara singkat mengenai emosi apa saja yang sering dirasakan. Tahun 1997, Cynthia Fisher dari Bond University telah melakukan riset.

Riset tersebut berjudul “Emotions at Work: What Do People Feel, and How Should We Measure It?”. Hasil riset dari jurnal ini telah menunjukkan bahwa emosi negatif yang memang seringkali muncul di kantor.

Misalnya saja seperti frustasi, cemas, marah, tidak suka akan sesuatu, serta kecewa. Terdapat banyak hal yang akan menyebabkan seseorang merasakan berbagai macam emosi negatif.

Untuk bisa mengendalikannya, lebih efektif jika Anda tahu akar masalahnya ada di mana. Dengan begitu, dapat teratasi dengan baik dan mudah.

Jadi sudah seharusnya Anda mengetahui beberapa jenis emosi negatif yang wajib diwaspadai. Dengan begini, Anda akan lebih mudah mengetahui cara mengontrol emosi di tempat kerja yang tepat.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.