cara menghadapi bos yang tidak menghargai/profesional

8 Cara Menghadapi Bos Yang Tidak Menghargai/Profesional 2023

Tempat kerja akan menyenangkan jika kondusif bagi kesehatan, bagaimana cara menghadapi bos yang tidak menghargai/profesional?

Bagaimana jika atasan kita toxic? Suka marah? Genit? Bahkan tidak kompeten? Haruskah kita mengundurkan diri? 

Banyak yang penasaran bagaimana cara menghadapi bos yang tidak menghargai/profesional, genit, pemarah, dan tidak kompeten sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri, simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Bagaimana Cara Menghadapi Bos yang Tidak Menghargai/Profesional

Kami akan jelaskan informasi selengkapnya mengenai cara menghadapi bos yang tidak menghargai/profesional, simak terus!

1. Kenali sifat atasan

Berurusan dengan bos yang cenderung pilih kasih membutuhkan upaya lebih besar. Sebelum memberikan penilaian yang keras, Anda harus memahami karakter bos yang sebenarnya. Mungkin karyawan lain pekerjaannya lebih bagus dibandingkan Anda, jadikan hal ini motivasi untuk bekerja lebih baik lagi kedepannya.

Jika demikian, terimalah bahwa dia lebih suka pada staf tersebut. Contoh lain dimana kinerja Anda mengagumkan, namun diperlakukan tidak profesional. Anda memiliki hak untuk menanyakan hal ini kepada atasan secara pribadi.

Gunakan cara bertanya formal dan tetap sopan. Jangan biarkan emosi menguasai Anda, sehingga tidak ada keributan di kantor.

Baca juga: Cara menghadapi bos toxic

2. Kendalikan perasaan

Mengerikan ketika Anda memberikan segalanya tetapi bos tidak pernah menyadarinya. Namun ketika membuat kesalahan, tiba-tiba mendapatkan perhatian khusus, bahkan dibesar-besarkan.

Namun perlu diingat bahwa mendapatkan keadilan tidak membutuhkan banyak usaha. Hal ini mengurangi kenyamanan kerja, karena fokus bergeser dari memaksimalkan hasil pekerjaan menjadi menarik perhatian atasan.

Belajar mengontrol emosi dalam menghadapi setiap masalah kantor, agar semua energi negatif hilang secara bertahap. Cara menghadapi bos yang tidak menghargai/profesional ini bisa Anda renungkan.

3. Renungkan diri sendiri

Jika bos Anda sudah tidak menyukaimu, apa pun yang Anda lakukan, pasti akan dianggap tidak pantas. Jika iya, cobalah sesering mungkin untuk introspeksi diri setelah menyelesaikan tugas. Mungkin ada yang salah dengan diri sendiri, itulah sebabnya atasan tidak menyukai Anda.

Introspeksi tidak hanya berasal dari cara bekerja, tetapi dari pola pikir seseorang. Mungkin Anda membuat lelucon dengan kalimat kurang etis, menyebabkan dia sakit hati. Tanyakan pada diri Anda hal ini dengan serius.

Karena introspeksi membutuhkan banyak waktu, sebaiknya Anda menyisihkan waktu untuk berkaca. Oleh karena itu, mulai saat ini dapat dilakukan perbaikan secara berturut-turut.



4. Menjalin komunikasi yang baik

Jangan terlalu tertutup dan merasa tidak dihargai, Anda harus berani mengungkapkan ide atau perbanyak diskusi. Mungkin saja, dia bukan tidak profesional, tapi Anda menutup diri. Cobalah untuk lebih komunikatif dan terbuka dengan atasan Anda. Siapa tahu bisa dikenali, bukan?

Jelas, komunikasi yang di tempat kerja terkait dengan pekerjaan, sehingga atasan Anda tidak akan menganggap Anda sedang cari muka. Jangan menunggu bola datang, sebagai gantinya, ambillah. Saat bertemu atasan di pagi hari, jangan ragu untuk menyapanya terlebih dahulu agar komunikasi lancar. 

Cara menghadapi bos yang tidak menghargai/profesional ini mungkin bisa mengubah hubungan Anda dengan atasan.

5. Jangan merasa terjebak

Berhentilah menganggap diri Anda kurang potensial karena itu merusak suasana hati sepanjang hari. Efeknya adalah penurunan kinerja, yang akan mempengaruhi evaluasi akhir tahun.

Bahkan jika bos Anda bersahabat dengan karyawan lain tetapi tidak dengan Anda, tidak boleh merasa terisolasi. Lebih baik mengabaikannya dan berkonsentrasi pada pekerjaan, agar kinerja tidak menurun. Percayalah, jika Anda berusaha sebaik mungkin, cepat atau lambat atasan Anda akan menyadarinya.

Baca juga: Cara melamar kerja management trainee

6. Coba mulai bicara

Menyimpan perasaan untuk diri sendiri dapat mengurangi kebahagiaan di tempat kerja. Namun, jika disampaikan, akan lega. Jika Anda memiliki kesempatan untuk berbicara, Anda harus melakukannya. Tidak masalah untuk langsung ke intinya, yang penting kalimatnya sopan dan enak di dengar.

Bos akan menganggap Anda adalah seorang karyawan jika angkat bicara. Bos lebih sering memperhatikan kinerja Anda, sehingga label “tidak adil” secara bertahap dihilangkan. 

Cara menghadapi bos yang tidak menghargai/profesional ini harus Anda coba, pastikan tata bahasanya tetap sopan.

7. Berikan kontribusi maksimal

Untuk menarik perhatian atasan, tidak pantas menunjukkan ketidakpedulian terhadap mereka, melanggar aturan, atau tidak hormat. Opini tentang Anda semakin buruk karena sikap ini.

Daripada menunjukkan sikap tidak terhormat di depan atasan, lebih baik menunjukkan kualitas diri. Dimulai dengan mengumpulkan tugas sesuai dengan tenggat waktu, mematuhi aturan, dan mengungkapkan pendapat di rapat, tanggung jawab ini sangat luas.

Biarkan bos yang menilai apakah dia menghargainya atau tidak. Yang paling penting, Anda sudah berusaha keras.

8. Selalu berpositif thinking 

Penilaian setiap karyawan yang menentukan apakah bos itu kurang profesional. Cobalah untuk memiliki penilaian positif terhadap atasan Anda, sehingga sikapnya tidak menghalangi Anda untuk memberikan yang terbaik kepada perusahaan. Dengan cara ini, perasaan dendam terhadap bos dapat berkurang secara alami.

Sudah paham kan beberapa cara menghadapi bos yang tidak menghargai/profesional diatas? Kalian bisa coba terapkan, sehingga merasa nyaman ketika bekerja kedepannya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!