Cara Menanyakan Gaji yang Belum Dibayar

Cara Menanyakan Gaji yang Belum Dibayar Kepada Atasan

Cara Menanyakan Gaji yang Belum Dibayar menjadi idaman para karyawan. Hari gajian adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh semua karyawan. Karena di hari gajian, karyawan akhirnya bisa menarik napas panjang setelah krisis ekonomi dan menabung selama sebulan penuh. 

Namun apa yang terjadi jika gaji terlambat dibayarkan? Bagi karyawan yang memiliki tagihan dan tagihan yang harus dibayar, dampaknya cukup terlihat, apalagi jika karyawan tersebut hanya memiliki satu penghasilan. 

Belum lagi jika ternyata karyawan tidak menyiapkan dana darurat. Bahkan terlambat satu atau dua hari membuat perbedaan besar dalam hidup mereka. Selain itu, berdasarkan undang-undang dapat dikenakan sanksi bagi perusahaan yang menunda pembayaran gaji. 

Cara Menanyakan Gaji yang Belum Dibayar

Bagi karyawan yang terlambat dibayar, artikel ini memberikan beberapa tips atau tindakan untuk mengatasinya. Berikut ini tipsnya untuk Anda sebagai berikut.

1. Tanyakan langsung

Sebagian besar karyawan, karena malu atau malu, tidak mau menanyakan alasan keterlambatan pembayaran. Padahal, seharusnya karyawan bertanya karena itu hak mereka.

Tanyakan kepada agen penggajian tentang alasan keterlambatan upah dan perkiraan kapan upah akan dibayarkan. Dengan Cara Menanyakan Gaji yang Belum Dibayar ini Anda dapat merencanakan keuangan Anda dengan andal hingga saat Anda akan membayar gaji Anda.

Baca juga: Cara menanyakan kenaikan gaji

2. Mengajukan pinjaman di kantor

Jika keadaan Anda sangat mendesak dan Anda membutuhkan uang dalam waktu dekat, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman dari kantor. Hal ini terjadi jika alasan keterlambatan gaji bukan karena bangkrutnya kantor atau kekurangan dana.

Karena jika alasan penundaan gaji adalah kekurangan uang di kantor, kemungkinan pengajuan pinjaman Anda akan ditolak. Oleh karena itu, Cara Menanyakan Gaji yang Belum Dibayar cari tahu dulu alasan kantor menunda gajian. 

Ajukan pinjaman dengan jumlah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan Anda mampu membelinya. Maka Anda harus membuat rencana keuangan sebelum mengajukan pinjaman. 

3. Gunakan dana darurat

Jika pengajuan pinjaman dari departemen tidak disetujui atau tidak memungkinkan, saatnya menggunakan tabungan/dana darurat. Dana darurat ini penting untuk Cara Menanyakan Gaji yang Belum Dibayar dalam mengantisipasi kebutuhan mendadak seperti gaji yang terlambat.

Anda harus memiliki dana darurat, apalagi jika perusahaan tempat Anda bekerja sering mengalami keterlambatan pembayaran gaji karyawan. Sisihkan penghasilan Anda untuk dana darurat dan simpan di rekening terpisah untuk menghindari pengeluaran impulsif. 

Baca juga: Cara menanyakan status lamaran kerja



4. Bernegosiasi dengan orang yang dekat dengan Anda

Cara Menanyakan Gaji yang Belum Dibayar selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keterlambatan upah adalah bernegosiasi. Jika pembayaran gaji tertunda karena memburuknya situasi keuangan perusahaan, cara terbaik adalah dengan bernegosiasi.

Melalui negosiasi, Anda juga dapat menawarkan bantuan atau strategi untuk mengembalikan keuangan perusahaan dan gaji dibayarkan sesuai jadwal. Harus diingat bahwa harus tetap menggunakan cara-cara damai dan menghindari pemogokan atau demonstrasi yang membuat gaduh. 

Namun, jika solusi terbaik atau kontrak yang sesuai tidak tercapai dalam waktu 30 hari sejak dimulainya negosiasi, karyawan dapat meminta Sumber Daya Manusia untuk mencarikan solusi atas masalah tersebut.

5. Berhenti Bekerja

Jika Anda sudah muak dengan sistem penggajian perusahaan yang selalu terlambat, bisa jadi itu pertanda perusahaan Anda tidak berjalan dengan baik baik secara finansial maupun manajerial. Sudah waktunya untuk berhenti dan mencari pekerjaan baru.

Karena penundaan pembayaran gaji yang terus-menerus mengganggu tatanan keuangan Anda dalam jangka pendek dan panjang. Akibatnya, Anda akan terus mengalami krisis keuangan.

Pertimbangkan untuk keluar jika Anda tidak tahan dengan sistem penggajian perusahaan Anda, terutama jika tidak ada alasan yang jelas untuk penundaan tersebut. Namun, Anda harus tetap profesional dan bertanggung jawab hingga hari kerja terakhir untuk melindungi nama baik Anda. 

6. Menerima konfirmasi dari bagian yang bertanggung jawab atas penggajian

Jika Anda terlambat membayar gaji, sebenarnya Anda tidak harus langsung ke atasan untuk menanyakan gaji. Padahal, Anda tidak disarankan untuk mengadukan hal ini kepada atasan atau atasan Anda.

Anda bisa mencoba mencari informasi tentang keterlambatan gaji di departemen yang menangani masalah keuangan. Misalnya akuntansi, sumber daya manusia atau penggajian. Biasanya departemen ini paling tahu kapan hari gajian.

7. Persiapkan alasan mengapa Anda perlu dibayar segera

Sebagian orang mungkin tidak masalah jika gaji terlambat 2-3 hari. Ada juga yang masih tenang saat gaji tertunda lebih dari seminggu. Namun bagi mereka yang memiliki tagihan yang harus dibayar di awal bulan, terlambat bisa menjadi masalah besar.  

Banyak cara yang bisa digunakan untuk menanyakan seputar gaji kepada atasan. Cara Menanyakan Gaji yang Belum Dibayar utamanya menjadi hal penting bagi Anda untuk segera diurus.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.