10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara memperkenalkan diri saat pertama kali masuk kerja

Cara Memperkenalkan Diri Saat Pertama Kali Masuk Kerja

Cara memperkenalkan diri saat pertama kali masuk kerja memang menjadi hal penting untuk dilakukan. Bisa jadi dalam momen ini menjadi salah satu penilaian dalam diri Anda di sebuah perusahaan. 

Untuk itu, jangan sampai salah langkah dalam memperkenalkan diri untuk perama kalinya. Adapun beberapa cara dan hal perlu diperhatikan dalam memperkenalkan diri di hari pertama bergabung dengan perusahaan baru.

5 Cara Memperkenalkan Diri Saat Pertama Kali Masuk Kerja yang Wajib Dilakukan

Memperkenalkan diri pertama kali saat bergabung dengan sebuah perusahaan memang menjadi awal paling mendebarkan. Untuk itu, Anda bisa menyiapkan beberapa hal berikut untuk menghindari kesalahan dalam memperkenalkan diri Anda. 

  1. Memanfaatkan Masa Orientasi Perusahaan untuk Memperkenalkan Diri

Beberapa perusahaan menerapkan sisten orientasi sebelum masuk memulai pekerjaan. Dalam waktu tersebut bisa manfaatkan sebagai cara memperkenalkan pribadi saat pertama kali masuk kerja yang tepat. 

Dalam masa orientasi ini, Anda akan diperkenalkan dengan lingkungan dan cara kerja dari perusahaan. Di momen inilah perkenalan pribadi sangat dimungkinkan, karena akan berkumpul dengan karyawan-karyawan lain dalam menyampaikan informasi perusahaan.

  1. Mengetahui Lingkungan Kerja yang Baru

Setelah melewati masa orientasi, tentunya Anda harus mengetahui lingkungan kerja untuk dimiliki. Apakah lingkungan kerja yang dimiliki perusahaan tersebut adalah casual atau formal.

Dengan cara memperkenalkan diri saat pertama kali masuk kerja ini, bisa mengetahui lebih jelas dan dapat mempraktikan perkenalan pribadi berdasarkan lingkungan kerja yang telah tercipta. Bahkan cara ini bisa digunakan agar mengetahui bagaimana Anda harus bersikap dalam membangun komunikasi.

  1. Memiliki Inisiatif dalam Memperkenalkan Diri Terlebih Dahulu

Cara memperkenalkan diri saat pertama kali masuk kerja harus selalu diingat adalah inisiatif. Jangan biarkan orang lain untuk memperkenalkan pribadinya dulu. Dengan melakukan perkenalan terlebih dahulu, hal ini akan memperlihatkan bentuk antusias dan keramahan dalam bekerja.

Anda bisa memulainya dengan rekan kerja di sekitar tempat duduk Anda. Selanjutnya, perkenalan bisa dilakukan dengan siapapun yang Anda temui, baik di divisi yang sama maupun berbeda.

  1. Melalukan Perkenalan Diri Kepada Seluruh Anggota Divisi Lain

Untuk mempercepat cara kerja Anda, ada baiknya untuk mengenalkan pribadi ke berbagai divisi dan departemen yang dimiliki dalam perusahaan tersebut. Ketahui divisi mana saja yang akan paling banyak bersinggungan dalam hal pekerjaan dengan Anda.

Gunakan kesempatan memperkenalkan pribadi sebagai cara membaca lingkungan dan budaya kerja yang dimiliki. Dengan demikian, Anda akan lebih mudan diterima.

  1. Memanfaatkan Berbagai Kesempatan untuk Perkenalan Diri

Tidak hanya menunggu orang datang menghampiri di masa orientasi, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai kesempatan lainnya. Ada beberapa momen yang biasa digunakan untuk memperkenalkan pribadi Anda.

Anda bisa menggunakan kesempatan dalam waktu makan siang istirahat, rapat, dan lain sebagainya. Melalui langkah ini, akan lebih mudah dan santai dalam menyampaikan diri Anda.

2 Hal Pendukung Sebagai Cara Memperkenalkan Diri Saat Pertama Kali Masuk Kerja dengan Baik

Selain melakukan hal-hal di atas, ada beberapa hal penting lainnya yang terkadang dilupakan. Hal berikut merupakan hal pendukung dalam memberikan kesan dalam perkenalan diri pertama kali. 

  1. Perhatikan Penampilan yang Rapi dan Sopan

Cara memperkenalkan diri saat pertama kali masuk kerja paling tepat adalah dengan memperhatikan penampilan. Pastikan bahwa Anda menggunakan pakaian yang rapi dan sopan. Dengan demikian, kesan pertama diberikan akan lebih baik.

Selain itu, gunakan tatanan rambut yang baik dan rapi. Hindari penggunaan tatanan rambut yang berantakan dan tidak sesuai dengan lingkungan kerja. Jangan lupa untuk menyemprotkan wewangian secukupnya. 

  1. Menggunakan Tutur Kata yang Sopan dan Lakukan dengan Percaya Diri

Cara memperkenalkan diri saat pertama kali masuk kerja lainnya adalah dengan menggunakan tatanan bahasa yang sopan. Beberapa orang menilai bahwa tutur kata sangat penting untuk dimiliki sehingga bisa diterima dengan baik oleh orang lain.

Selain itu, perkenalkan pribadi Anda dengan percaya diri. Hal ini akan membantu membuat kesan lebih tegas dan profesional. Lakukan perkenalan dengan tegas, lugas, dan jelas.

Dalam bergabung dengan perusahaan baru, kesan pertama memang sangat penting untuk diperhatikan. Untuk itu, cara memperkenalkan diri saat pertama kali masuk kerja menjadi hal penting untuk Anda ketahui.

Bagikan Artikel: