10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara membuat first impression yang baik saat pertama kali masuk kerja

Cara Membuat First Impression yang Baik Saat Pertama Kali Masuk Kerja

Bisa beradaptasi dan mengetahui cara membuat first impression yang baik saat pertama kali masuk kerja, tidak semua orang bisa melakukannya. Kemampuan ini dapat Anda pelajari jika ingin sukses di tempat kerja.

Ada kalimat mengatakan bahwa Anda hanya mendapat satu kesempatan untuk membuat first impression atau kesan pertama, terutama di lingkungan kerja baru. Secara alami pertemuan itu membentuk pendapat tentang orang lain untuk pertama kalinya. 

Itulah mengapa penting untuk memikirkan bagaimana tampil secara positif kepada rekan kerja baru. Apalagi di beberapa minggu pertama langsung memiliki gambaran kepribadian diri.

Cara Membuat First Impression yang Baik Saat Pertama Kali Masuk Kerja Mudah Bagi Pemula

Di hari pertama bekerja, akan bertemu orang-orang baru, jika Anda membuat kesan pertama yang baik selama wawancara, mempertahankan kesan positif itu di tempat kerja penting dilakukan. Berikut tips dapat anda ikuti!

  1. Perhatikan Waktu

Datanglah di awal waktu jangan terlambat, teman kantor sampai atasan tidak peduli dengan alasan saat Anda terlambat. Biasakan datang beberapa menit lebih awal dan luangkan waktu mengantisipasi hal tidak terduga seperti macet atau salah arah.

  1. Pakaian Harus Sesuai

Sebelum hari pertama mulai bekerja, pastikan untuk menanyakan tentang dress code di kantor baru. Beberapa bidang meminta menggunakan pakaian formal saat bekerja, ini juga jalan ninja cara membuat first impression yang baik saat pertama kali masuk kerja.

Tidak sedikit juga perusahaan kini lebih santai menerapkan konsep berpakaian bagi karyawannya. Anda tetap harus tampil rapi dan profesional untuk memberikan kesan pertama baik. Hindari pakaian olahraga atau pakaian terlalu terbuka. 

Perhatikan bagaimana rekan kerja lainnya berpakaian untuk referensi. Pakaian dapat mencerminkan minat, hobi, dan bahkan kepribadian. Ketahui lingkungan pertemuan dan orang-orang yang Anda temui.

  1. Jangan Ekspresi Berlebihan

Jangan ragu untuk mengungkapkan minat dan antusiasme pada apa yang dikatakan tapi jangan berlebihan. Ini dapat membantu meningkatkan peluang cara membuat first impression yang baik saat pertama kali masuk kerja di kantor idaman.

Ekspresi wajah menunjukkan emosi positif, seperti Bahagia misalnya, dapat memberikan kesan positif bagi pembicara. Tersenyum atau tertawa saat sedang berbicara sewajarnya dengan rekan.

Fokus pada ekspresi wajah rileks dan natural tanpa terkesan dipaksakan. Pastikan juga untuk menggunakan ekspresi wajah yang sesuai dengan konteks percakapan.

  1. Gunakan Kontak Mata

Saat bertemu teman kerja baru, ingatlah untuk tersenyum dan pertahankan kontak mata dengan orang lain. Ini cara membuat first impression yang baik saat pertama kali masuk kerja hasilnya membuat terlihat lebih ramah dan mudah didekati.

  1. Jangan Sombong

Wajar jika ingin tampil sempurna di depan atasan atau rekan kerja kita. Tetapi Anda tetap adalah diri sendiri, lebih menghargai kesan natural secara keseluruhan. Berbicara tanpa menggunakan kata buruk. 

Bahasa tubuh memainkan peran penting dalam membuat kesan pertama yang baik. Tatap orang lain, berdiri tegak, atau berjabat tangan dengan kuat. Hal-hal tersebut menunjukkan percaya diri membuat merasa lebih nyaman. 

Cara membuat first impression yang baik saat pertama kali masuk kerja adalah menjadi diri sendiri. Menjadi diri sendiri membangun kepercayaan diri juga membangun kepercayaan pada orang yang ditemui.

  1. Berinisiatif Lebih Dulu

Jika menerima suatu pekerjaan, tunjukkan bahwa sifat antusias. Jika rekan meminta bantuan, bisa langsung mengatakan ya, selama masih punya kapasitas dalam mengerjakannya. Belajar cara bekerja dalam kelompok.

  1. Jangan Begadang

Tidur cukup merupakan suatu kewajiban, apalagi saat ada acara tertentu. Tidur cukup memiliki dampak positif saat mulai bekerja. Perasaan lebih baik, punya banyak energi dan dapat fokus. Tidak terlihat lesu dan lelah tidak memberikan kesan baik bagi Anda. 

  1. Jangan Bermain Gadget Saat Berbicara

Jika terlalu banyak bermain gadget, kesannya akan buruk. Tidak terlihat serius dan pekerjaan terganggu. Anda dapat membukanya saat istirahat atau pergi ke kamar mandi untuk privasi lebih.

Kesan pertama positif akan membuat siap untuk pekerjaan lebih baik di hari berikutnya. Penting untuk memikirkan cara membuat first impression yang baik saat pertama kali masuk kerja, memiliki efek jangka panjang pada hubungan kerja. 

Bagikan Artikel: