10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Kerjasama Agar Berjalan Baik dalam Tim Kerja

Saat mengikuti rekrutmen, interviewer sering menanyakan bagaimana cara kerjasama agar berjalan baik dalam tim kerja. Hal ini karena kerja sama tim memiliki pengaruh penting dalam menyelesaikan pekerjaan.

Setiap perusahaan tentu membutuhkan pekerja yang siap bekerja sama dengan pegawai lainnya. Terlebih saat sedang mengerjakan sebuah proyek besar yang membutuhkan tim solid.

Saat membangun team work yang solid membutuhkan hubungan, interaksi, dan eksekusi pekerjaan yang baik. Anda harus memiliki kemampuan menyesuaikan diri yang baik agar bisa melakukannya.

Membangun tim yang solid bukan suatu hal yang mudah. Hal ini karena setiap anggota sebuah tim memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Terlebih memiliki pengalaman kerja bahkan pengalaman hidup yang berbeda-beda pula. Upaya membangun tim yang solid tidak hanya dilakukan perorangan namun perusahaan juga perlu memberi bimbingan.

Cara Kerjasama Agar Berjalan Baik Selama Kerja Tim

Jika Anda mendapatkan pertanyaan mengenai cara kerja sama agar bisa berjalan baik perlu mempersiapkan jawaban yang tepat. Selain hanya menjawab saat mulai bekerja nanti Anda harus menerapkannya.

Langsung saja simak apa saja cara dan tips yang bisa digunakan untuk membangun tim kerja yang solid, berikut ini.

  1. Memahami tujuan kelompok dibangun

Cara pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin bekerja sama dengan baik adalah memahami tujuannya. Pastikan setiap anggota sadar betul bahwa mereka memiliki tujuan yang sama dan harus mencapainya.

Setelah semua anggota tahu tujuannya maka cobalah untuk berkomitmen mencapai tujuan tersebut bersama-sama. Buat kesepakatan mengenai misi dan arah yang jelas agar kerja tim lebih efektif.

Cara kerjasama agar berjalan baik harus dibahas dari awal sebelum memulai pekerjaan. Bicarakan pada semua anggota mengenai misi yang sudah disetujui sejak awal sebagai patokannya.

Kejelasan ini sangat penting untuk dipertegas agar semua anggota memiliki ekspektasi jelas mengenai tujuan kerja. Sehingga mereka tahu tanggung jawabnya, tugasnya serta hasil kerjanya seperti apa.

  1. Jangan bersifat egois dan cobalah berpikiran terbuka

Saat bekerja sama dengan tim maka Anda harus menurunkan ego serta harus berpikiran terbuka. Banyak orang tentu ada banyak pendapat yang harus ditampung dalam sebuah tim.

Setiap orang harus berpikiran terbuka sehingga dapat menghargai dan menghormati pendapat orang lain. Serta tidak memaksakan kehendak agar orang lain mendengar pendapatnya sendiri.

Cara kerjasama agar berjalan baik dan terwujudnya tim yang solid bisa dilakukan dengan berpikiran terbuka. Semua permasalahan tentu bisa diselesaikan bersama-sama dengan cara ini.

  1. Bangun komunikasi dan interaksi yang baik

Kunci membangun kerja sama tim yang baik selanjutnya adalah membangun komunikasi dan interaksi yang baik antar anggota. Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk mewujudkannya.

Cobalah menghabiskan waktu lebih banyak di luar pekerjaan agar komunikasi dan interaksi bisa terbangun dengan cepat. Anda bisa membicarakan hal lain di luar pekerjaan agar lebih santai.

Dengan demikian setiap anggota bisa memiliki ikatan yang lebih kuat sehingga bekerja sama jadi lebih nyaman. Membangun keterikatan antar anggota sangatlah penting saat ingin kerja tim sukses.

  1. Mengajak semua anggota saat mengambil keputusan

Cara kerjasama agar berjalan baik yang selanjutnya adalah melibatkan semua anggota setiap mengambil keputusan. Setiap tim pasti ada ketua yang menjadi coordinator dalam tim tersebut.

Harusnya coordinator mengajak setiap anggotanya dalam mengambil keputusan. Baik keputusan yang besar maupun yang kecil sekalipun, tujuannya agar setiap anggota merasa dihargai.

Setiap anggota juga memiliki hak yang sama dalam hal mengemukakan pendapat setiap mengambil keputusan. Pemimpin yang baik tentu akan melibatkan semua anggotanya dalam hal ini.

  1. Memberi kesempatan dan menghormati pendapat setiap anggota

Satu hal yang tidak kalah penting saat mencari tahu cara kerjasama agar berjalan baik adalah menghormati pendapat. Setiap anggota tim pasti memiliki cara berpikir dan bekerja yang berbeda-beda.

Menyatukan banyak kepala tentu menjadi tantangan tersendiri dalam bekerja tim. Setiap anggota harus diberi kesempatan untuk menyampaikan isi kepalanya dengan anggota lain.

Setelah itu setiap anggota wajib menghargai setiap pendapat yang dikemukakan orang lain. Lalu berdiskusi untuk mengambil keputusan terbaik dari diskusi dan musyawarah yang panjang.

Jika Anda memiliki kemampuan bekerja sama yang baik dalam sebuah tim, tentu perusahaan akan mempertimbangkan Anda. Pelajari cara kerjasama agar berjalan baik sangat penting untuk keberhasilan.

Bagikan Artikel: