cara ampuh agar kontrak kerja diperpanjang

Cara Ampuh Agar Kontrak Kerja Diperpanjang, Wajib Dicoba!

Bagaimana cara ampuh agar kontrak kerja diperpanjang? Kontrak kerja yang diakhiri atau tidak diperpanjang bisa menjadi situasi menegangkan, terutama jika Anda senang dengan pekerjaan Anda dan ingin tetap bekerja di perusahaan tersebut. 

Namun, dengan persiapan yang tepat dan sikap yang benar, Anda bisa meningkatkan peluang agar kontrak kerja Anda diperpanjang. Artikel ini akan membahas beberapa strategi “ampuh” yang dapat Anda terapkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Cara Ampuh Agar Kontrak Kerja Diperpanjang

1. Tampilkan Dedikasi dan Kinerja Terbaik

Salah satu cara terbaik untuk memastikan kontrak kerja Anda diperpanjang adalah dengan menunjukkan dedikasi dan kinerja yang tinggi. Jadilah pekerja yang andal, produktif, dan proaktif. Selalu hadir tepat waktu, selesaikan tugas dengan baik, dan jika mungkin, berikan kontribusi ekstra. Ini akan membuat atasan Anda melihat nilai Anda dalam tim.

2. Berkomunikasi dengan Atasan

Penting untuk membuka saluran komunikasi yang baik dengan atasan Anda. Jangan ragu untuk bertanya tentang proses perpanjangan kontrak dan bagaimana Anda dapat mempersiapkan diri. Jika ada masalah atau perubahan dalam pekerjaan Anda, segera diskusikan dengan atasan Anda. Komunikasi yang baik bisa membantu menghindari kejutan yang tidak diinginkan.

3. Berikan Bukti Prestasi

Selama masa kerja Anda, kumpulkan bukti prestasi Anda. Ini bisa berupa laporan kinerja, testimoni positif dari rekan kerja atau klien, atau hasil konkret dari proyek-proyek yang Anda kelola. Memiliki bukti prestasi akan membantu meyakinkan atasan Anda bahwa Anda adalah aset berharga yang layak dipertahankan.



4. Tinjau dan Perbarui Resume Anda

Selalu perbarui resume Anda sesuai dengan pencapaian terbaru Anda. Ini adalah langkah yang bijak karena Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan perlu mencari pekerjaan baru. Memiliki resume yang kuat dan terkini akan memudahkan Anda jika kontrak kerja Anda tidak diperpanjang.

Baca juga: Cara Menanyakan Perpanjangan Kontrak Kerja dan Tips Nego Gajinya!

Bagaimana Mengantisipasi Kontrak Kerja yang Tidak Diperpanjang?

Ketika kontrak kerja Anda mendekati akhirnya dan belum ada tanda-tanda perpanjangan, penting untuk memiliki rencana B. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil:

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

1. Cari Peluang Lain

Jangan menunggu hingga kontrak Anda berakhir. Mulailah mencari peluang pekerjaan lain sejak dini. Ini akan memberi Anda lebih banyak pilihan jika kontrak Anda tidak diperpanjang.

2. Bicarakan dengan Atasan

Jika Anda merasa kontrak Anda tidak akan diperpanjang, bicarakan dengan atasan Anda. Tanyakan alasan di balik keputusan tersebut dan lihat apakah ada kesempatan untuk memperbaiki situasi.

3. Perbarui CV dan Portofolio Anda

Sambil mencari pekerjaan baru, pastikan untuk memperbarui CV dan portofolio Anda. Ini akan membantu Anda bersiap jika Anda perlu mengajukan lamaran kerja ke perusahaan lain.

Baca juga: Surat Perpanjangan Kontrak Kerja: Panduan Lengkap untuk Karyawan dan Perusahaan!



Konsekuensi Terlambat Memperpanjang Kontrak

Terlambat dalam memperpanjang kontrak kerja dapat memiliki konsekuensi serius. Salah satu konsekuensi yang mungkin adalah kehilangan posisi Anda kepada kandidat lain yang siap menggantikan Anda. Selain itu, Anda juga dapat kehilangan manfaat dan jaminan yang biasanya diberikan kepada karyawan tetap.

Untuk menghindari konsekuensi ini, pastikan Anda memulai proses perpanjangan kontrak dengan cukup waktu sebelum kontrak berakhir. Berkomunikasi secara terbuka dengan departemen SDM atau atasan Anda untuk memastikan bahwa semua dokumen dan persyaratan telah terpenuhi.

Dalam rangka memperpanjang kontrak kerja Anda, jangan lupakan pentingnya menampilkan kinerja terbaik Anda dan menjaga hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk terus bekerja di perusahaan yang Anda cintai.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!