Cari Kerja dan Cari Cuan untuk Bahagiakan Keluarga

besaran gaji management trainee

Berapa Rata-rata Besaran Gaji Management Trainee?

Mungkin tidak sedikit peserta program di awalnya menanyakan mengenai rata-rata besaran gaji management trainee. Hal ini juga diperkuat dengan adanya banyak lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan. Selain itu, banyak dari fresh graduate juga banyak berminat untuk memulai karir ini.

Dalam program ini nantinya peserta akan mendapatkan beberapa benefit, salah satunya pelatihan dan pengetahuan. Beberapa skill bisa didapat, seperti customer service, marketing, mempersiapkan dokumen, sampai dengan memberi saran maupun solusi. Untuk mengikuti ini, ada banyak hard skill maupun soft skill yang bisa didapat.

Gaji Management trainee di Jakarta

  • Rata-rata gaji pokok: Rp 5.592.775 per bulan
  • 27% di atas rata-rata nasional
  • Data berdasarkan 42 gaji yang dilaporkan, diperbarui pada 16 Agustus 2023 di Indeed

Perusahaan dengan Gaji Management Trainee Tertinggi di Jakarta

  • PT VALDO SUMBER DAYA MANDIRI: Rp 6.665.020 per bulan
  • PT. Wahana Prestasi Logistik: Rp 4.768.698 per bulan
  • Eagle Group: Rp 4.509.540 per bulan
  • PT SOLID GOLD BERJANGKA: Rp 4.211.311 per bulan

Kota dengan gaji terbesar di dekat Jakarta untuk Management Trainee

  • JakartaRp 5.592.775 per bulan42 gaji dilaporkan
  • BandungRp 4.645.032 per bulan53 gaji dilaporkan
  • SemarangRp 4.466.951 per bulan28 gaji dilaporkan
  • TangerangRp 4.461.403 per bulan6 gaji dilaporkan
  • SurabayaRp 4.322.313 per bulan76 gaji dilaporkan
  • DenpasarRp 4.182.871 per bulan8 gaji dilaporkan
  • PalembangRp 4.092.290 per bulan12 gaji dilaporka
  • MalangRp 3.979.058 per bulan13 gaji dilaporkan
  • MedanRp 3.222.538 per bulan12 gaji dilaporkan

Jadi di bawah ini akan kami jelaskan mengenai management trainee dan besaran gaji yang didapatkannya.

Mengenal Mengenai Management Trainee Berikut 

Management trainee merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh perusahaan untuk melatih orang-orang seperti fresh graduate atau karyawan baru. Program ini memiliki tujuan yaitu untuk memberikan pelatihan yang tepat di pada setiap departemen perusahaan yang akan diisi. 

Para peserta ketika mengikuti training tersebut, biasanya dipimpin oleh para karyawan senior untuk mendapatkan skill, pengetahuan, dan hal lainnya yang dibutuhkan supaya bekerja dengan optimal di posisi tertentu.

Tujuan dari program ini yaitu untuk memperoleh dan menciptakan calon manajer-manajer baru yang memiliki kompeten di perusahaan dari berbagai bidang, baik dari bidang pemasaran, penjualan, sampai operasional. Selain itu program ini biasanya banyak dilakukan oleh perusahaan yang bergerak pada bidang keuangan, marketing, sales, dan retail. Menariknya besaran gaji management trainee sama dengan karyawan tetap.

Perbedaan Antara Management Trainee dan Magang

Tidak sedikit orang yang menyamakan antara management trainee dan magang. Padahal kedua hal tersebut cukup berbeda. Jika magang biasanya memiliki batas pada waktu, misalnya 3 sampai 6 bulan. Sedangkan management trainee ini, pesertanya berasal dari pegawai tetap dan masuk pada organisasi perusahaan, sementara magang adalah pihak eksternal.

Selain itu, dari segi gaji dan tunjangan juga sangat berbeda. Di mana besaran gaji management trainee yaitu bulanan seperti halnya pegawai tetap. Selain itu juga mendapat tunjangan seperti kesehatan, akomodasi, dan lainnya juga biasanya sudah akan didapatkan. Cukup berbeda dengan magang yang biasanya hanya mendapatkan gaji saja tanpa tunjangan-tunjangan.

Beberapa Manfaat Mengikuti Management Trainee

Dengan banyaknya fresh graduate yang minat dalam management trainee, tidak mengherankan lagi jika sebagai lulusan baru yang masih buta dengan dunia kerja dan juga mungkin masih belum tahu apa skill yang mereka miliki, program ini cukup tepat untuk diikuti. 

Selain mendapat besaran gaji management trainee yang menarik, pada program ini juga memberikan skill tertentu dan juga beberapa manfaat lainnya seperti berikut ini.

  1. Memberi wawasan dan pengembangan karakter.
  2. Memberi pelatihan mengenai standar operasional prosedur perusahaan yang baku.
  3. Sebagai pelatihan dan pengelolaan Sumber Daya Manusia di perusahaan.
  4. Untuk meningkatan kemampuan manajemen.
  5. Sarana meningkatkan produktivitas perusahaan.
  6. Dapat mengasah skill dan mengetahui keterampilan

Nah, management trainee merupakan suatu program perusahaan yang ditujukan fresh graduate atau karyawan baru untuk mengembangkan skill mereka. Banyak orang mengira bahwa management trainee sama dengan magang, padahal keduanya sangat berbeda. Untuk besaran gaji management trainee cukup bervariasi, akan tetapi hal tersebut memiliki gaji bulanan karena sebagai pegawai tepat

Bagikan Artikel:

About The Author