10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

three women sitting beside table

Apakah Karyawan Kutu Loncat Tidak Disukai HRD?

Apakah karyawan kutu loncat tidak disukai HRD? Sebetulnya tergantung penyebab dari karyawan itu sendiri. Oleh karena itu, jangan sampai Anda menjadi karyawan kutu loncat yang merugikan perusahaan.

Menjadi karyawan memang relatif sulit untuk membuat komitmen yang kuat. Tetapi, apabila Anda telah memiliki tujuan jelas untuk kedepannya, maka semua itu akan terjalin kuat dengan perusahaan.

Sudah dipastikan, pihak perusahaan akan lebih memiliki karyawan yang setia dan berkomitmen sepenuhnya. Tetapi, tidak semua karyawan mampu melakukan hal tersebut, lantaran kerjanya beberapa aspek.

Apakah karyawan kutu loncat tidak disukai HRD? Ini bisa Anda lihat sendiri. Mulai dari aspek karyawan dengan aspek perusahaan. Karena, tidak bisa menyalahkan secara penuh pada karyawan.

Apabila melihat dari berbagai sudut pandang tentang karyawan kutu loncat, pastinya merugikan perusahaan. Tetapi, jika dilihat dari sudut pandang lainya, bisa jadi perusahaan tersebut tidak memberikan apa yang karyawan butuhkan sesuai aturan.

Baca juga: Cara Menolak Tawaran Kerja Karena Gaji Tidak Sesuai

Apakah Karyawan Kutu Loncat Tidak Disukai HRD?

Perlu diketahui, kewajiban HRD adalah bertanggung jawab atas karyawan yang baru masuk atau mengenai tentang rekrutmen. Hal tersebut memang tidak bisa dikatakan sebagai sesuatu yang mudah.

Pertanyaan mengenai apakah karyawan kutu loncat tidak disukai HRD? Dapat dijawab “YA”. Karena, sebagai karyawan tidak melakukan aturan ketiak sudah tanda tangan kontrak. Sudah dipastikan terdapat aturan yang berlaku, seperti tidak boleh resign dalam satu tahun.

Tetapi, banyak juga pihak perusahaan yang telah membuat tidak nyaman karyawannya. Sehingga karyawan lebih memilih pindah ke perusahaan terbaik selain dari perusahaan awalnya.

Pastinya Anda pernah menjawab pertanyaan HRD mengenai kesiapan bekerja secara penuh dan mengikuti aturan perusahaan. Tetapi, nyatanya tidak semua karyawan bisa melakukan hal tersebut.

Apabila perusahaan telah memberikan yang terbaik untuk karyawan, usahakan jangan keluar atau berpindah sebelum habis masa kontrak. Berikut akan kami berikan tips untuk menghindari menjadi karyawan kutu loncat.

Baca juga: Kutu Loncat atau Setia Pada Satu Perusahaan? Ini Penjelasannya

Tips untuk Menghindari Menjadi Karyawan Kutu Loncat

Setelah mengetahui pembahasan dari kami mengenai apakah karyawan kutu loncat tidak disukai HRD? Sebaiknya Anda perlu mempelajari tips nya. Penjelasan secara lengkapnya akan kami sampaikan di bawah ini.

1. Membuat Tujuan yang Jelas

Sebuah tujuan akan menentukan rasa tanggung jawab dan memberikan performa yang terbaik untuk diri sendiri atau perusahaan. Ketika sudah menentukan tujuan masa depan, maka Anda akan bersedia dengan perusahaan tersebut. 

2. Cari Tahu Terlebih Dahulu Mengenai Perusahaan yang Akan Dilamar

Apakah karyawan kutu loncat tidak disukai HRD? Tentu tidak, sebaiknya Anda menjadi karyawan setia pada satu perusahaan saja.

Untuk menjadi karyawan setia itu biasanya bisa dilakukan ketika mendapatkan gaji yang jelas hingga lingkungan nyaman. Kami sarankan sebelum Anda melamar kerja pada suatu perusahaan, ketahui informasinya terlebih dahulu secara mendalam.

3. Buatkan Komitmen Dengan Diri Sendiri

Rasa komitmen memang harus dimiliki pada setiap orang di dunia, apalagi ketika sudah menjadi bagian dari perusahaan. Pastinya, komitmen ini sangat dibutuhkan untuk menjamin kesejahteraan perusahaan.

Apabila telah memiliki komitmen yang kuat dengan diri sendiri, maka secara tidak langsung Anda sedang menanamkan rasa setia pada satu perusahaan. Oleh karena itu, sebaiknya persiapkan komitmen tersebut sebelum menjadi bagian dari perusahaan yang dituju.

4. Rencanakan Target Pada Setiap Waktunya

Target merupakan bagian dari kehidupan yang produktif dan efektif. Anda akan lebih mudah menjalankan kehidupan sesuai dengan arahan. Arahan tersebut akan sampai tujuan yang telah direncanakan.

Ketika sudah memiliki target pada setiap waktunya, maka progres Anda diperusahaan akan semakin maksimal. Sehingga rasa setia pada perusahaan akan timbul dengan sendirinya. 

Karyawan Kutu Loncat Bisa Merugikan Perusahaan

Terdapat beberapa alasan dari pertanyaan apakah karyawan kutu loncat tidak disukai HRD? Tentunya bisa merugikan pihak perusahaan dan tidak akan percaya lagi dengan Anda, lantaran telah menjadi karyawan kutu loncat.

Alasan yang paling umum adalah membutuhkan waktu untuk mengganti karyawan lama. Mulai dari proses seleksi tulis, interview, MCU hingga masa training. Pastinya membutuhkan modal yang mana perusahaan akan mengeluarkan modal tersebut.

Sudah dipastikan, karyawan kutu loncat ini cenderung tidak disukai oleh HRD apabila karyawan memiliki rasa egois yang tinggi. Penjelasan tersebut telah tersedia pada artikel kami mengenai apakah karyawan kutu loncat tidak disukai HRD?

Bagikan Artikel: