apakah cuti bersama lebaran mengurangi cuti tahunan?

Apakah Cuti Bersama Lebaran Mengurangi Cuti Tahunan?

Apakah cuti bersama lebaran mengurangi cuti tahunan? Mungkin sebagian orang bertanya-tanya tentang hal ini karena Hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat. 

Apalagi untuk pegawai swasta yang memiliki peraturan lebih ketat, tentu hak libur menjadi sangat istimewa. Karena dengan adanya hak libur, seorang pegawai dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan. 

Misalnya saja ketika sedang sakit atau ingin memperpanjang liburan karena ada keperluan keluarga. Jika Anda penasaran dengan ketentuan hak libur tersebut, simak info lengkapnya berikut ini mengenai apakah cuti bersama lebaran mengurangi cuti tahunan?

Apakah Cuti Bersama Lebaran Mengurangi Cuti Tahunan? Berikut Penjelasannya

Cuti bersama adalah istilah yang merujuk pada hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah untuk diberikan kepada seluruh karyawan atau pegawai di suatu wilayah atau negara. 

Penentuan hari libur tersebut biasanya diberikan pada hari-hari besar keagamaan atau nasional seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, Hari Kemerdekaan, dan lain sebagainya. 

Tujuan dari pemberian libur tersebut adalah memberikan kesempatan kepada karyawan atau pegawai untuk beristirahat dan bersama keluarga pada hari-hari penting tersebut, serta meningkatkan kebersamaan dan semangat kerja di tempat kerja. 

Penentuan libur tersebut biasanya diatur dalam peraturan perundang-undangan atau perjanjian kerja antara perusahaan atau instansi dengan karyawan atau pegawai.

Lalu, apakah cuti bersama lebaran mengurangi cuti tahunan dalam aturan tersebut? Ada dua golongan untuk peraturan tersebut, yaitu pegawai negeri maupun swasta. Untuk tahun 2023 ini, keduanya telah diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) dari pemerintah.

Dalam SKB tersebut, totalnya ada 8 jatah libur tahunan selama 2023. Kedua aturan untuk pegawai negeri maupun swasta dapat disimak berikut ini.

  1. Peraturan Bagi Pegawai Swasta

Menurut Keputusan Menaker Nomor 3 Tahun 2022 yang dirilis pada tanggal 11 Oktober 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. 

Pada poin kelima dalam aturan tersebut menyebutkan, bahwa penentuan libur tersebut akan mengurangi hak libur tahunan 2023 pegawai perusahaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di perusahaan masing-masing. 

Poin ini menjelaskan bahwa pelaksanaan libur tersebut, seperti yang dijelaskan dalam Diktum KESATU, akan mempengaruhi hak libur tahunan pegawai, karyawan, dan pekerja sesuai dengan aturan peraturan perundang-undangan dan perusahaan. 

Kemudian, pada poin Ketujuh menyatakan bahwa pelaksanaan di lembaga atau instansi swasta akan diatur oleh pimpinan masing-masing perusahaan.

Jadi, dapat simpulkan apakah cuti bersama lebaran mengurangi cuti tahunan bagi pegawai swasta? Jawaban bisa jadi iya, bisa jadi tidak karena menyesuaikan peraturan dari masing-masing instansi.

Sehingga bagi Anda pegawai swasta sebaiknya langsung menanyakan ke pihak manajemen perusahaan secara langsung. Karena peraturan dari perusahaan biasanya cenderung ketat, jangan sampai jatah liburan yang direncanakan batal karena tidak sesuai dengan jadwal kerja.

  1. Aturan Bagi Pegawai Negeri

Untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), aturan tersebut diatur oleh peraturan perundang-undangan yang masih mengacu pada Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun 2022 yang diterbitkan pada tanggal 26 April 2022. 

Dalam poin Kedua Keppres tersebut disebutkan, bahwa penetapan libur tersebut tidak akan memotong hak libur tahunan 2023 bagi pegawai negeri atau ASN.

Poin kedua Keppres Nomor 4 Tahun 2022 menyatakan bahwa “Cuti bersama sebagaimana dimaksud pada diktum KESATU tidak mengurangi hak libur tahunan Pegawai Aparatur Sipil Negara.” 

Selain itu, dalam poin ketiga Keppres tersebut juga disebutkan, bahwa jika seorang pegawai negeri atau ASN tidak mendapatkan penetapan libur tersebut karena jabatannya, maka hak libur tahunannya akan ditambah sesuai dengan jumlah cuti bersama yang tidak diberikan.

Jadi, apakah cuti bersama lebaran mengurangi cuti tahunan bagi para pegawai negeri atau ASN? Jawabannya adalah tidak sehingga para pegawai bisa lebih santai dalam merencanakan liburan selanjutnya.

Dari kedua aturan antara karyawan swasta maupun negeri, memang keduanya menyesuaikan masing-masing instansi. Jadi, harus dipersiapkan sejak sekarang sebelum ambil libur, terutama untuk para karyawan swasta.

Sehingga sudah jelas ya, dari pertanyaan apakah cuti bersama lebaran mengurangi cuti tahunan harus langsung dikonfirmasi sendiri ke instansi masing-masing


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.