10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

apakah anak magang harus dapat gaji ?

Apakah Anak Magang Harus dapat Gaji ? Ini Dia Aturannya

Apakah anak magang harus dapat gaji ? menjadi pertanyaan bagi para penyalur kerja (perusahaan maupun instansi). Program magang yang idealnya diikuti oleh para mahasiswa tingkat akhir, ternyata memiliki kasaran upah yang diatur perundang-undangan.

Magang sendiri merupakan salah satu kegiatan pembelajaran, untuk memberikan pengalaman praktis serta wawasan. Khususnya pembelajaran mengenai industri, usaha serta dunia kerja bagi para mahasiswa. 

Melalui kegiatan ini mahasiswa mengetahui dan mendapatkan hard dan soft sill yang dimiliki masing-masing. Hard skill meliputi ketrampilan, analisis ketrampilan serta solusi pemecahan masalah, sementara soft skill meliputi etika profesi, komunikasi maupun kerja sama. 

Sebelum menemukan jawaban apakah anak magang harus dapat gaji ? penting untuk mengetahui kisaran nominalnya terlebih dahulu. Nominal upah bagi anak magang (mahasiswa) sendiri telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan.

Pengetahuan mengenai pengupahan para mahasiswa magang sangat penting untuk diketahui, termasuk oleh perusahaan dan instansi penyelenggara. Agar nantinya Anda sebagai mahasiswa magang bisa selektif dalam mencari kesempatan tersebut di perusahaan.

Baca juga: Berapa Idealnya Gaji Anak Magang? Berikut Penjelasannya

Ketahui Perbedaan Utama Antara Paid dan Unpaid Internship

Dari segi fleksibilitas waktu, internship tidak dibayar tentunya memiliki jadwal jam kerja yang lebih fleksibel. Sementara para pekerja berbayar diharuskan bekerja dengan jam kerja tetap sesuai dengan perusahaan atau instansi tempatnya bekerja.

Apakah anak magang harus dapat gaji ? ini juga biasanya melihat status mahasiswa yang masih memiliki jam kuliah, sehingga akan dimaklumi. Sementara beban kerjanya juga memiliki perbedaan yang sangat jelas antara keduanya.

Internship berbayar memungkinkan Anda untuk memikul tanggung jawab dan harapan yang cukup besar. Kenapa demikian, karena biasanya terdapat keharusan dalam diri agar dapat bekerja secara nyata dan berkontribusi untuk perusahaan.

Dalam beberapa kasus, atasan akan memposisikan Anda sebagai karyawan pengganti bukan hanya sebagai peserta pelatihan. Disinilah Anda dapat belajar banyak melalui pengalaman baru yang didapatkan, selalu siap sedia dengan setiap tantangan dihadapi.

Apakah anak magang harus dapat gaji ? baik iya ataupun tidak, manfaat visibilitas akan didapatkan oleh keduanya. Meskipun antar satu perusahaan/instansi antara yang satu dengan lainnya akan bervariasi dan memiliki perbedaan.

Melalui internship, Anda dapat membangun resume yang baik dan bagus melalui pengalaman kerja yang telah dilakukan. Sehingga saat melamar kerja di masa depan, para rekruter nantinya akan menganggap Anda jauh lebih serius.

Meskipun berhasil menemukan internship berbayar, untuk mendapat posisi sesuai keinginan sebenarnya cukup sulit. Jika nantinya Anda bekerja pada bidang yang tidak relevan di industri berbeda, tetaplah berkompromi.

Baca juga: Alasan Gen Z Sering Kutu Loncat dalam Pekerjaan

Lalu, Apakah Anak Magang Harus dapat Gaji ?

Para mahasiswa peserta internship, menurut UU Ketenagakerjaan Pasal 22 ayat (2) berhak untuk memperoleh uang saku dan atau transportasi. Juga memperoleh jaminan tunjangan sosial kerja, serta harus mendapat sertifikat bila lulus di akhir program.

Sementara untuk besaran nominal, apakah anak magang harus dapat gaji ? hingga saat ini belum dijelaskan pada UU Ketenagakerjaan. Namun perlu diketahui bahwa pada umumnya perusahaan penyelenggara dan mahasiswa menanda tangani surat perjanjian.

Surat perjanjian tersebut berisi nominal upah yang akan Anda peroleh sesuai kesepakatan dengan perusahaan saat internship. Selain itu besarannya juga dihitung sesuai waktu kerja atau beban kerja dari pemagang.

Dalam satu kasus, ada juga pemagang yang sama sekali tidak mendapat upah saat internship. Alasannya, bahwa program tersebut hanya diberi nilai akademik saja sebagai prasyarat kelulusan mahasiswa dari Perguruan Tinggi.

Namun jika dibayar, perusahaan atau instansi akan memberikan gaji dan uang saku sesuai kesepakatan. Serta lokasi tempat Anda magang sekaligus peraturan pemerintah sesuai dengan perundang undangan ketenagakerjaan yang berlaku.

Beberapa contoh daftar kisaran uang saku mahasiswa magang di beberapa perusahaan seperti Unilever Indonesia sekitar 4 juta per bulan. CIMB Niaga 3-4 juta perbulan, Lazada setara UMR DKI Jakarta, Blibli 4-4,5 juta per bulan, Ruang Guru 150 rb per hari kerja.

Selama kontrak kerja jangan lupa untuk selalu memperhatikan jam kerja serta benefit yang akan didapat, baik secara materi maupun non materi. Oleh karena itu agar tahu apakah anak magang harus dapat gaji ? Cobalah melakukan riset kecil untuk mendapat informasi.

Bagikan Artikel: