apa saja yang dilakukan management trainee

Apa Saja yang Dilakukan Management Trainee, Ini Jawabannya

Mungkin ada pertanyaan dari fresh graduate mengenai apa saja yang dilakukan management trainee. Bagi fresh graduate ingin bekerja pada sebuah perusahaan, management trainee merupakan hal tidak bisa dihindari. Hal ini khususnya bagi fresh graduate memiliki keinginan bekerja pada sebuah perusahaan produksi, seperti produk mie instan, susu kemasan, dan sebagainya.

Ada banyak hal perlu diketahui mengenai management trainee, mulai pengertian atau hal yang akan dilakukan. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut pembahasannya mengenai hal akan dilakukan ketika management traine.

  1. Apa Itu Management Traine?

Management Trainee atau MT merupakan bagian dari program perusahaan ditunjukkan untuk fresh graduate tidak berpengalaman. Apa saja yang dilakukan management trainee? dalam program ini secara langsung memberi pelatihan pada fresh graduate dan akan di tempat pada departemen atau posisi sesuai. Lalu hal tersebut kemudian manajer atau senior manajer untuk mengevaluasi mereka dan memilih untuk menempatkan pada divisi dikuasai tersebut.

Tujuan dari program ini yaitu untuk menciptakan calon manajer-manajer baru si perusahaan dari berbagai bidang, seperti pemasaran, operasional hingga penjualan. Tidak sedikit orang menyamakan management trainee seperti program magang pada umumnya. Padahal program ini lebih sulit dan menantang dari magang, karena ada banyak kejutan menyebabkan peserta perlu mempersiapkan skill yang dimiliki.

Jika ada pertanyaan mengenai apa saja yang dilakukan management trainee, jika diperhatikan dari istilahnya hal ini memiliki kemiripan dengan leadership dan development. Di mana peserta akan dikembangkan atau dipersiapkan untuk menjadi pemimpin perusahaan setelah menyelesaikan program tersebut.

  1. Berikut Ini Tugas Management Trainee

management trainee cukup erat dengan manajer karena mereka merupakan orang bertugas untuk memberi penilaian pada peserta program tersebut. Jika dilihat dari tujuannya, untuk menciptakan manajer baru memerlukan traine dan manajer yang berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu tugas maupun tanggungjawab dari management traine seperti berikut ini:

  1. Mendukung manajer dengan beragam macam tugas, seperti menetapkan tujuan dan juga pembuatan kebijakan perusahaan. 
  2. Memahami cara perusahaan dalam beroperasi.
  3. Membantu manajer untuk membuat evaluasi kinerja, hal tersebut seperti menulis laporan dan menganalisa data.
  4. Membantu bagian pekerjaan administratif.
  5. Berpartisipasi dalam mendesain perencanaan strategis pada perusahaan.
  6. Membiasakan diri dalam tugas-tugas bersifat personalia.
  7. Melakukan riset mengenai cara meningkatkan profitabilitas perusahaan dan menurunkan risiko.
  8. Membuat sebuah presentasi.
  9. Memantau pendapatan sebuah perusahaan. 
  10. Beberapa Syarat Mengikuti Management Trainee

Setelah mengetahui apa saja yang dilakukan management trainee, selanjutnya yaitu persyaratan agar bisa ikut program tersebut. Agar memudahkan dalam mendapatkan kandidat peserta pada program management trainee, hal perlu diketahui yaitu kriteria untuk posisi ini, seperti:

  1. Menguasai kemampuan komunikasi.
  2. Menguasai kemampuan matematika dan komputer.
  3. Menguasai presentasi verbal maupun tulisan.
  4. Menguasai skill MS Office cukup.
  5. Memiliki pengalaman relevan dengan bidang serupa.
  6. Benefit dari Management Trainee Berikut

Setelah mengetahui apa saja yang dilakukan management trainee, banyak fresh graduate tertarik untuk mengikuti program ini pada perusahaan karena dianggap cukup bermanfaat untuk perkembangan kariernya. Adapun manfaat dari mengikuti program management trainee seperti berikut ini:

1. Mengetahui Pekerjaan yang Paling Dikuasai

Beberapa perusahaan menawarkan program management trainee yang bertujuan untuk mengetahui peserta bisa bekerja pada departemen yang diyakini dapat unggul di dalamnya. Contohnya jika peserta management trainee merasa unggul pada divisi penjualan atau tertarik pada bagian rekrutmen, mereka bisa memilih bekerja di area tersebut.

2. Belajar Banyak Hal

Pada pertanyaan apa saja yang dilakukan management trainee seperti sudah disebutkan sebelumnya, nantinya peserta akan banyak belajar hal dari beragam situasi atau problematika nyata di dunia kerja. Selain itu, peserta nantinya akan memiliki mentor untuk bisa membantu dalam mengambil keputusan, serta perkenalan pada aspek bisnis suatu perusahaan. 

Meski mereka karyawan baru atau fresh graduate, para peserta akan diberitahu mengenai aspek penting bisnis perusahaan mulai dari penjualan, operasional, layanan pelanggan hingga bidang SDM perusahaan.

3. Mudah Dipromosikan

Setelah menyelesaikan program management traine dengan baik, selanjutnya pada akhir program itu peserta bisa lebih mudah untuk dipromosikan pada posisi strategis dalam pekerjaan tersebut. Dalam management trainee tidak hanya memberikan benefit pada peserta, akan tetapi juga perusahaan. Oleh karena itu, bagi fresh graduate perlu memerhatikan beberapa kriteria di atas demi mendapatkan kandidat yang tepat.

Jadi, management trainee merupakan program dalam perusahaan ditunjukkan untuk fresh graduate atau peserta belum berpengalaman. Dalam hal ini ada beberapa benefit bisa didapat, seperti mengetahui pekerjaan yang dikuasai, belajar banyak hal, dan mudah dipromosikan. Sedangkan pada pertanyaan apa saja yang dilakukan management trainee, jawabannya sebagai seleksi untuk mengetahui posisi yang tepat bagi peserta.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!