Produk Pinjaman untuk Karyawan

Produk Pinjaman untuk Karyawan yang Aman dan Anti Ribet!

Meski sudah bekerja, terkadang kita masih merasa sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Biasanya ini karena uang gajian sudah habis untuk melunasi segala cicilan yang ada. Mulai dari cicilan kendaraan, rumah, listrik, wifi, hingga biaya sekolah anak, dan lainnya.

Ketika dihadapkan dengan hal demikian, tak jarang seorang karyawan mempertimbangkan opsi pinjaman untuk memenuhi kebutuhan finansial. Terlebih saat ini telah banyak pilihan pinjaman yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. 

Nah, jika Anda sedang berada di posisi ini, Anda tak boleh asal pilih produk pinjaman, ya. Anda harus memilih produk pinjaman untuk karyawan dengan teliti, jangan sampai salah pilih dan jadi merugikan diri sendiri.

Adapun di bawah ini beberapa rekomendasi produk pinjaman untuk karyawan yang mungkin bisa Anda coba disaat keadaan mendesak. Yuk simak!

Produk Pinjaman untuk Karyawan

Berikut rekomendasi produk pinjaman yang cocok untuk karyawan, di antaranya sebagai berikut.

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kredit Tanpa Agunan atau KTA adalah jenis produk pinjaman dari bank dan dapat digunakan untuk segala keperluan. Mulai dari biaya hidup, modal usaha, biaya pernikahan, atau lain sebagainya.

Biasanya terdapat beberapa syarat wajib sebelum mengajukan pinjaman ini. Adapun syarat umumnya berupa minimal umur 21 tahun dan maksimal 55 tahun, memiliki penghasilan tetap, melampirkan beberapa dokumen pendukung dan slip gaji yang dikeluarkan dari kantor. 

Namun, mengajukan pinjaman KTA ini tidak bisa dengan nominal yang besar, bunga relatif tinggi, pencairan pinjaman dilihat dari jumlah penghasilan dan kepemilikan kartu kredit.

2. Pinjaman Koperasi

Pinjaman koperasi merupakan jenis pinjaman karyawan swasta maupun non swasta yang dapat ditemui di banyak lembaga instansi dan perusahaan. 

Untuk mendapatkan pinjaman dana, terdapat syarat dan ketentuannya seperti wajib menjadi bagian dari koperasi (anggota koperasi) serta wajib membayar iuran yang ditetapkan untuk masing-masing anggota.

Di beberapa lembaga, pembayaran pinjaman koperasi dilakukan dengan cara memotong sebagian gaji bulanan para peminjamnya. 

3. Pinjaman dengan Jaminan

Pinjaman dengan agunan atau jaminan biasanya dikenal masyarakat luas dengan istilah gadai. Gadai adalah salah satu solusi yang bisa dipilih ketika memiliki kebutuhan yang cukup mendesak. 

Biasanya setiap tempat gadai memiliki ketentuan bunga sekian persen. Salah satu rekomendasi tempat gadai yang tidak memberatkan bunga ke nasabahnya adalah Pandai Gadai. Pegadaian swasta yang satu ini memiliki penawaran bebas bunga 0% jika tebus dalam 7 hari. Dan yang terpenting, Pandai Gadai ini telah berizin dan diawasi otoritas jasa keuangan.

Syarat ketentuan menggadaikan pun terbilang mudah, Anda hanya perlu membawa kartu identitas diri dan barang yang hendak digadaikan. Saat ini Pandai Gadai menerima barang jaminan elektronik berupa hp dan laptop serta emas di cabang tertentu. Bila Anda seorang karyawan, produk pinjaman ini cocok untuk dicoba.



Tips Memilih Produk Pinjaman untuk Karyawan

Untuk memudahkan Anda dalam memutuskan opsi produk pinjaman yang aman bagi karyawan, berikut kami berikan tips memilih produk pinjamannya, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Memastikan reputasi instansi penyedia pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan lembaga atau perusahaan yang menawarkan pinjaman tersebut telah memiliki izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena lembaga yang terdaftar dan diawasi oleh OJK biasanya lebih terpercaya. 

2. Hindari pinjaman dengan bunga yang tinggi

Sebaiknya bandingkan terlebih dahulu antara suku bunga dari pinjaman yang satu dengan pinjaman yang lainnya. Untuk bisa mengetahui besaran bunga yang dibebankan, pilihlah pihak penyedia pinjaman yang legal. Pasalnya para pihak penyedia pinjaman tersebut akan secara transparan memberikan rincian bunga kepada nasabahnya.

3. Memilih produk yang sesuai dengan penghasilan

Agar bisa menemukan produk pinjaman yang tepat, maka Anda perlu memilih produk yang sesuai dengan penghasilan yang Anda miliki. Apabila Anda mengajukan pinjaman, pastikan jumlah cicilan per bulannya tidak lebih besar dari 30% pendapatan per bulan, ya!

Itulah beberapa produk pinjaman untuk karyawan dan tipsnya yang bisa Anda pertimbangkan jika dihadapkan dengan kebutuhan mendesak. Sebagai seorang karyawan, tentu Anda harus bijak dan bertanggung jawab dalam memutuskan pemilihan pinjaman. 

Sebab kalau sampai salah pilih, bisa saja itu malah membuat BI Checking Anda buruk, sehingga mempengaruhi reputasi Anda di mata HRD jika suatu saat nanti berpindah-pindah tempat kerja. Semoga bermanfaat!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.