ide bisnis rumahan

20 Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan: Ciptakan Keuntungan dari Kemudahan Fleksibilitas

Pada zaman yang semakin modern ini, semakin banyak orang yang mencari peluang untuk memulai ide bisnis rumahan. Entah itu untuk memperoleh penghasilan tambahan atau sekadar menjalani pekerjaan dengan jam kerja yang lebih fleksibel. 

Jika Anda termasuk dalam kategori ini, artikel ini telah disusun dengan baik untuk Anda. Kami akan membahas 20 ide bisnis rumahan yang menjanjikan, serta memberikan tips tentang cara memulainya.

1. Membuka Toko Kelontong

Dengan membuka toko kelontong estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar Rp.25% dari modal. Ide bisnis rumahan dengan mencoba membuka bisnis toko kelontong mungkin sudah ada di mana-mana, namun permintaan akan produk sembako tetap konsisten. 

Meskipun bersaing dengan para kompetitor, Anda dapat mencari celah untuk membedakan bisnis Anda. Salah satu cara adalah dengan memberikan pelayanan pelanggan yang unggul. Berikan informasi produk yang detail, bantu dalam pemilihan barang, dan dengarkan masukan pelanggan. Dengan cara ini, Anda dapat membangun kepercayaan yang kuat.

2. Bergabung Program Afiliasi

Dengan bergabung program afiliasi estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar 20-60% dari total nilai transaksi. Program afiliasi merupakan cara efektif untuk mendapatkan penghasilan dari penjualan produk suatu brand. 

Bergabunglah dengan program afiliasi yang relevan dengan minat Anda. Dengan cara ini, setiap penjualan yang Anda bantu berhasilkan akan memberikan komisi kepada Anda.

3. Membuka Toko Online

Dengan membuka toko online estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan akan bervariasi tergantung pada penjualan. Ide bisnis rumahan dengan membuka toko online adalah ide bisnis rumahan yang populer dan berpotensi menghasilkan penghasilan besar. 

Dalam dunia yang terkoneksi secara digital, memulai bisnis online kini lebih mudah dan terjangkau. Beberapa tips penting untuk menarik minat pelanggan adalah memilih niche produk yang spesifik, melakukan riset pasar, memilih platform yang sesuai, dan memanfaatkan strategi pemasaran digital seperti media sosial dan iklan online.

4. Menawarkan Jasa Cuci Motor dan Mobil

Dengan membuka jasa cuci  motor dan mobil estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar Rp 5-20 ribu/kendaraan.Dalam kehidupan yang sibuk, permintaan untuk layanan cuci mobil terus meningkat. Anda bisa memanfaatkan ini dengan membuka bisnis cuci mobil di halaman rumah. 

Persiapkan peralatan dasar dan tentukan jenis layanan yang akan Anda tawarkan, apakah hanya cuci luar, cuci dalam, atau layanan detail lebih mendalam. Melalui promosi lokal dan online, Anda dapat membangun basis pelanggan yang setia.



5. Membuka Konter Pulsa

Dengan ide bisnis rumahan membuka konter pulsa estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar Rp2 ribu/transaksi.Di era digital ini, kebutuhan akan akses internet dan pulsa semakin tinggi. Bergabung dengan program konter pulsa bisa menjadi peluang ide bisnis rumahan yang menguntungkan. 

Dengan mendaftar ke penyedia layanan pulsa yang sah, Anda dapat menawarkan pulsa dan paket internet kepada pelanggan. Promosikan bisnis Anda di lingkungan sekitar dan manfaatkan media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

6. Memulai Bisnis Rental Game

Dengan memulai ide bisnis rumahan rental game estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar Rp10-20 ribu/kaset. Dalam era hiburan digital, bisnis penyewaan kaset game konsol masih memiliki tempatnya. 

Banyak orang yang lebih suka memainkan game konsol dengan kaset, dan Anda bisa memanfaatkan ini. Tetapkan harga sewa yang wajar, sediakan penyimpanan yang baik untuk game-game Anda, dan promosikan bisnis Anda melalui platform online seperti WhatsApp Bisnis.

7. Membuka Toko Buku

Dengan membuka toko buku estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar Rp10-20 ribu/buku. Bisnis toko buku, baik dengan menjual buku bekas atau karya Anda sendiri, adalah ide bisnis rumahan yang menjanjikan. 

Jika Anda ingin menjual karya Anda, Anda bahkan dapat membangun website e-book sendiri dengan bantuan platform seperti WordPress. Ini memberi Anda kendali penuh atas bisnis Anda dan potensi untuk menjangkau audiens lebih luas.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan di Masa Depan

8. Menekuni Bisnis Katering

Dengan menekuni bisnis katering estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar 30% dari modal. Bisnis katering memiliki potensi yang besar, terutama dalam menyediakan makanan bagi orang yang sibuk dengan aktivitas mereka. 

Fokuskan pada pelayanan yang unggul dan sesuaikan dengan kebutuhan pasar Anda. Manfaatkan strategi pemasaran digital seperti website, Instagram, dan WhatsApp untuk mempromosikan bisnis Anda.

9. Bergabung Program Referral

Dengan ide bisnis rumahan bergabung program referral estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar hingga 20% per transaksi. Program referral adalah cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Anda dapat mengajak orang lain untuk bergabung dengan suatu platform atau membeli produk menggunakan kode referral Anda. Dalam hal ini, Anda akan mendapatkan imbalan berupa uang tunai, poin, diskon, atau hadiah lainnya.



10. Menjadi Dropshipper

Dengan ide bisnis rumahan menjadi dropshipper estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar mulai dari Rp1 juta per bulan. Menjadi dropshipper adalah ide bisnis rumahan yang memungkinkan Anda menjual produk tanpa perlu menyimpan stok barang.

Anda akan bekerja sama dengan supplier yang akan mengirimkan produk langsung kepada pelanggan atas nama Anda. Anda dapat memulai dengan mencari supplier yang cocok, menentukan komisi, dan mempromosikan produk di toko online Anda.

11. Menjadi Blogger

Dengan ide bisnis rumahan menjadi blogger estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar Rp150.000 hingga jutaan rupiah per bulan. Blogging adalah ide bisnis rumahan yang populer. 

Anda dapat menulis artikel tentang berbagai topik yang Anda minati. Dengan menambahkan link afiliasi, iklan, atau konten berbayar dalam blog Anda, Anda dapat menghasilkan penghasilan tambahan dari trafik pengunjung.

12. Menjadi Asisten Virtual

Dengan menjadi asisten virtual estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar $20,96/jam atau Rp300 ribu/jam. Sebagai asisten virtual, Anda akan membantu menyelesaikan tugas-tugas administratif secara online. 

Ini adalah ide bisnis rumahan yang cocok untuk mereka yang memiliki keahlian dalam pengelolaan rencana dan organisasi. Anda dapat menawarkan layanan seperti pembukuan, manajemen email, riset, pengolahan data, dan lainnya.

13. Menjual Barang Preloved

Dengan ide bisnis rumahan menjual barang preloved estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar Rp.5ribu/barang. Berjualan barang bekas atau preloved dapat memberikan penghasilan tambahan. Anda dapat menjual melalui platform marketplace atau membuat toko online sendiri.

Untuk memulai ide bisnis rumahan menjual barang preloved Anda harus cermat dalam memilih barang yang masih dalam kondisi baik. Gunakan juga foto berkualitas dan deskripsi produk yang jelas dalam promosi.

14. Berjualan Camilan di Toko Online

Dengan berjualan camilan di toko online estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar 50% dari modal. Berjualan camilan rumahan dapat menjadi ide bisnis rumahan yang menarik. Anda bisa membuat camilan sendiri atau menjual produk dari supplier.

Agar berjualan camilan di toko online Anda berhasil, perlu Anda tawarkan variasi camilan yang lezat dan unik. Serta jangan lupa untuk mengunakan platform online untuk promosi dan penjualan.

15. Berbisnis Frozen Food

Dengan berbisnis frozen food estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar Rp.50ribu/putaran. Bisnis frozen food memungkinkan Anda menjual makanan beku tanpa perlu memasak. Ini adalah solusi praktis untuk mereka yang sibuk.

Demi larisnya frozen food yang Anda jual, perlu untuk Anda melakukan pemilihan makanan beku yang populer dan berkualitas. Serta tak lupa juga untuk sediakan opsi pilihan variasi dan kemasan yang menarik.

16. Berdagang Perkakas Dapur

Dengan ide bisnis rumahan berdagang perkakas dapur estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar mulai dari Rp5 jutaan tergantung jumlah penjualan. Berdagang perkakas dapur memberikan peluang dalam tren kuliner. Anda dapat menjual perkakas yang unik dan berkualitas.

Agar dagangan Anda dilirik oleh calon customer, Anda harus pilih perkakas dapur yang fungsional dan menarik. Jangan lupa juga untuk menggunakan platform online untuk promosi dan penjualan.

17. Menawarkan Souvenir Handmade

Dengan ide bisnis rumahan yang menawarkan souvenir handmade estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar  40% dari modal. Menawarkan souvenir handmade memberikan keunikan dan nilai sentimental bagi pelanggan Anda.

Namun tidak serta-merta menjualnya, Anda juga perlu mengembangkan produk yang kreatif dan dapat disesuaikan. Gunakan pula media sosial dan platform online untuk memasarkan produk Anda.

Baca juga: 10 Rekomendasi Ide Bisnis Kreatif untuk Anda, Dijamin Cuan!

18. Berbisnis Aksesoris Wanita

Dengan berbisnis aksesoris wanita estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar sekitar 50% dari modal. Bisnis aksesoris wanita cocok untuk mereka yang memiliki ketertarikan dalam fashion dan gaya. Anda dapat menjual aksesoris unik dan tren.

Untuk dapat menarik calon pelanggan wanita, Anda perlu pilih aksesoris yang sesuai dengan tren fashion. Gunakan juga platform online dan media sosial untuk mempromosikan produk.

19. Membuka Bisnis Jahit Pakaian

Dengan ide bisnis rumahan membuka bisnis jahit pakaian estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar Rp100ribu/hari. Jika Anda memiliki keterampilan menjahit, membuka bisnis jahit pakaian adalah pilihan yang bagus. Anda dapat menerima pesanan baju sesuai dengan keinginan pelanggan.

Agar Anda sukses dalam melakukan penjualan jasa jahit pakaian ini, Anda perlu menawarkan variasi desain dan kualitas jahitan yang baik. Dan jangan lupa untuk menggunakan platform online untuk mempromosikan layanan Anda.

20. Membuka Coffee Shop

Dengan ide bisnis rumahan membuka coffee shop estimasi pendapatan yang akan Anda dapatkan ialah sebesar Rp3juta/bulan. Membuka kedai kopi rumahan adalah ide bisnis yang cocok untuk pecinta kopi. Anda dapat membuat suasana yang nyaman untuk pelanggan.

Tips sukses dalam membangun bisnis coffee shop adalah tentukan tema dan dekorasi kedai kopi. Serta yang tidak kalah penting, Anda juga harus menggunakan media sosial dan website untuk promosi coffee shop Anda.

Memilih ide bisnis rumahan adalah langkah penting dalam perjalanan menuju kebebasan finansial. Setiap ide memiliki potensi yang berbeda-beda, tergantung pada minat, keterampilan, dan tekad Anda.

Sebelum memulai bisnis, perlu untuk Anda lakukan riset pasar dan perencanaan yang matang. Manfaatkan media sosial dan platform online semaksimal mungkin untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.

 Dengan komitmen dan usaha yang baik, Anda dapat meraih kesuksesan dalam dunia bisnis rumahan. Ingatlah bahwa kesuksesan membutuhkan waktu, tetapi dengan tekad yang kuat, Anda bisa meraih tujuan Anda. Semoga Anda dapat menemukan ide bisnis rumanah yang cocok dan berhasil untuk Anda terapkan di rumah!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.