cara mendapatkan uang dari youtube

8 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube, Ini Tipsnya untuk Anda!

YouTube bukan lagi sekadar platform untuk menonton video, tetapi juga peluang besar untuk mendapatkan penghasilan. Jadi, bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube? Artikel ini akan membahas berbagai cara yang dapat Anda tempuh untuk meraih penghasilan di platform ini.

1. Pendapatan Iklan (AdSense)

Salah satu cara utama untuk mendapatkan uang dari YouTube adalah melalui iklan. Anda bisa mengaktifkan monetisasi di channel Anda dengan mendaftar ke program Partner YouTube. Ini memungkinkan iklan ditampilkan di video Anda, dan Anda akan mendapatkan pendapatan dari iklan tersebut.

Syarat untuk mendapatkan uang dari iklan cukup mudah. Video Anda harus sesuai dengan pedoman komunitas YouTube, dan Anda harus berusia minimal 18 tahun. Selain itu, Anda perlu memiliki akun AdSense yang dapat menangani pembayaran Anda.

2. Langganan Channel

Dengan memungkinkan langganan channel (Channel Membership), Anda dapat menjadikan penggemar Anda sebagai pelanggan berbayar. Mereka akan membayar langganan bulanan dan mendapatkan keuntungan khusus seperti badge, emoji, ruang chat eksklusif, video khusus, dan live stream yang hanya dapat diakses oleh pelanggan berbayar.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus memiliki lebih dari 1.000 subscriber dan berusia minimal 18 tahun. Konten Anda juga tidak boleh ditujukan khusus untuk anak-anak.

3. Galeri Merchandise

Anda juga dapat menjual merchandise resmi atau produk Anda sendiri melalui YouTube menggunakan fitur YouTube Shopping. Namun, Anda perlu menghubungkan toko Anda dengan channel YouTube Anda agar pemirsa dapat dengan mudah mengakses produk Anda. Untuk memanfaatkan cara ini, Anda harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki lebih dari 10.000 subscriber.

4. Super Chat dan Super Sticker

Super Chat dan Super Sticker memungkinkan penggemar Anda memberikan dukungan finansial saat Anda melakukan live stream atau premiere. Ini memungkinkan pesan mereka untuk muncul dengan lebih menonjol dalam obrolan langsung Anda.

Syarat penggunaan Super Chat dan Super Sticker adalah Anda harus berusia minimal 18 tahun dan tinggal di negara atau wilayah di mana fitur ini tersedia.



5. Pendapatan YouTube Premium

YouTube Premium adalah langganan berbayar yang memungkinkan pemirsa menikmati konten video tanpa iklan. Meskipun iklan dihapus, YouTube masih memberikan dukungan kepada pembuat konten dengan memberikan bagian dari langganan ini kepada mereka.

Untuk mendapatkan penghasilan melalui YouTube Premium, Anda perlu membuat konten yang hanya dapat diakses oleh pelanggan YouTube Premium.

6. Pendanaan YouTube Short

Dengan membuat konten YouTube Shorts yang kreatif, orisinil, dan menghibur, Anda dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan pendanaan dari YouTube. Persyaratan termasuk membuat dan mengunggah setidaknya satu konten Shorts yang memenuhi kriteria.

Baca juga: Cara Menjadi YouTuber Pemula yang Sukses, Pasti Berhasil!

Pembuat Shorts dapat dimulai dari usia 13 ke atas, tetapi jika Anda berusia antara 13 hingga 18 tahun, Anda perlu mendapatkan persetujuan orang tua dan menyiapkan akun AdSense.

7. Super Thanks

Super Thanks memungkinkan penonton Anda untuk memberikan tambahan pendapatan dengan membeli animasi “Super Thanks” di video panjang atau Shorts Anda. Ini adalah cara untuk menunjukkan apresiasi mereka terhadap konten Anda.

8. YouTube Shopping Affiliate

Program afiliasi YouTube Shopping memungkinkan Anda mendapatkan komisi dari pembelian yang dilakukan oleh pemirsa melalui tautan produk yang Anda tampilkan dalam video Anda. Sayangnya, program ini saat ini hanya berlaku di Amerika Serikat.

YouTube tidak hanya merupakan tempat untuk mengejar hobi dan menonton video, tetapi juga merupakan sumber potensial penghasilan. Dengan memahami berbagai cara mendapatkan uang dari YouTube, Anda dapat memulai perjalanan Anda sebagai seorang YouTuber yang sukses dan menghasilkan pendapatan dari konten Anda. Pastikan Anda memenuhi syarat yang diperlukan dan tetap kreatif dalam membuat konten yang menarik pemirsa Anda.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!