Barang yang Cocok Digadai untuk Karyawan

Barang yang Cocok Digadai untuk Karyawan, Jangan Salah Gadai Aset!

Kadang-kadang, ada situasi yang memaksa untuk Anda mengeluarkan biaya jauh lebih besar dari pengeluaran sehari-hari. 

Nah, dalam kondisi mendesak seperti ini, Anda perlu berpikir pandai untuk menemukan solusi terbaik, selain menjual harta pribadi untuk memenuhi kebutuhan mendesak tersebut.

Apalagi jika ternyata Anda adalah seorang karyawan dengan gaji pas-pasan. Rasanya sangat sayang untuk menjual kembali harta pribadi yang mungkin saja untuk membelinya itu perlu menabung berbulan-bulan.

Untungnya, kini hadir beragam opsi tempat gadai yang memberikan alternatif penyelesaian terutama bagi Anda yang sedang membutuhkan dana besar tanpa harus kehilangan harta kesayangan.

Mau tau kira-kira apa saja barang yang cocok digadai untuk karyawan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Barang yang Cocok Digadai untuk Karyawan

Menggadaikan barang untuk memperoleh uang tunai guna memenuhi kebutuhan tertentu kini menjadi pilihan yang banyak diminati oleh masyarakat. Dengan menjaminkan barang, Anda bisa mendapatkan pinjaman tunai dengan proses yang relatif cepat dan mudah.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua barang, meskipun tampak bernilai tinggi, dapat digadaikan atau dijadikan jaminan gadai. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui barang yang bisa dan tidak bisa dijadikan jaminan.

1. Kendaraan pribadi

Kendaraan pribadi seperti mobil dan motor merupakan salah satu jenis barang yang diterima beberapa tempat gadai sebagai barang jaminan atas peminjaman sejumlah uang. Untuk menjaminkan kedua kendaraan ini pun terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Namun, perihal menggadaikan kendaraan cukuplah krusial, karena mungkin saja kendaraan tersebutlah yang menjadi transportasi utama bahkan satu-satunya untuk Anda pergi ke kantor, mengantar anak sekolah, dan untuk beberapa urusan darurat. 

2. Sertifikat rumah atau tanah

Selain kendaraan pribadi, sertifikat rumah dan tanah juga bisa dijadikan sebagai jaminan gadai. Nominal pinjaman yang diperoleh dari gadai sertifikat tanah biasanya berdasarkan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dan juga seberapa strategis lokasi dari tanah atau rumah tersebut. 

Umumnya, menggadaikan sertifikat rumah atau tanah dilakukan demi mendapatkan nominal pinjaman yang besar. Namun, semuanya kembali lagi dilihat berdasarkan nilai jual aset tersebut. Jika ternyata kondisinya tidak layak dan terbilang buruk maka nominal pinjaman akan rendah. Begitu pun sebaliknya.

3. Barang elektronik

Barang elektronik juga bisa menjadi pilihan barang yang akan dijaminkan. Beberapa jenis barang elektronik yang umumnya bisa sebagai barang jaminan adalah televisi, kulkas, radio, handphone maupun laptop. 

Jika Anda hendak menggadaikan barang elektronik namun ingin yang tanpa bunga, mungkin Anda bisa mencoba gadai handphone atau laptop Anda di Pandai Gadai. Karena di tempat gadai yang satu ini selalu punya penawaran menarik untuk setiap nasabah barunya.



4. Emas

Emas adalah jenis barang yang cocok digadai untuk karyawan. Emas dalam berbagai bentuk perhiasan kalung, gelang, maupun cincin hingga emas batangan bisa Anda gunakan sebagai barang jaminan di Pandai Gadai. 

Persyaratan yang perlu dibawa untuk menggadaikan perhiasan emas di Pandai Gadai juga terbilang cukup simpel, karena Anda hanya perlu membawa kartu identitas seperti KTP, dan jangan lupa emas yang akan digadaikan. Pegadaian swasta yang satu ini pun telah berizin dan diawasi OJK, lho.

Itulah beberapa barang yang cocok digadai untuk karyawan yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum menggadaikan barang-barang pribadi Anda. Yuk gadai di tempat yang telah terjamin dan pasti aman.

Baca juga: Gadai vs Pinjol, Mana yang Lebih Aman untuk Karyawan?


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.