Contoh Surat Pengunduran Diri Tulis Tangan

5 Contoh Surat Pengunduran Diri Tulis Tangan yang Bisa Menjadi Referensi Anda saat Pengajuan Resign

Dalam dunia profesional, terkadang muncul keinginan untuk mengundurkan diri dari posisi yang sedang dijabat. Salah satu cara formal untuk menyampaikan keputusan ini adalah melalui surat pengunduran diri.

Namun dalam pengambilan keputusan ini, Anda harus tetap menjaga hubungan baik dengan atasan Anda. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan surat pengunduran diri yang akan Anda buat, karena surat ini tidak hanya menjadi dokumentasi resmi, tetapi juga mungkin diperlukan sebagai referensi di masa depan.

Lalu bagaimana cara menulis surat pengunduran diri? Apakah surat pengunduran diri dengan tulisan tangan dapat menunjukkan rasa hormat dan profesionalisme? Mari kita ulas lebih lanjut.

Bolehkah Membuat Surat Pengunduran Diri Karyawan dengan Tulis Tangan?

Membuat surat pengunduran diri dengan tulisan tangan tentu diperbolehkan. Sebab selain memiliki nilai personal yang kuat, surat yang ditulis dengan tulisan tangan juga dapat menunjukkan rasa hormat serta profesionalisme yang tinggi.

Surat jenis ini tidak hanya sekadar menyampaikan keputusan untuk berhenti, tetapi juga mengungkapkan apresiasi terhadap kesempatan dan pengalaman yang telah diperoleh selama bekerja di perusahaan tersebut. Disamping itu, menulis surat pengunduran diri dengan tangan juga mencerminkan ketulusan dan keseriusan dalam mengambil keputusan.

Namun perlu diperhatikan, meski surat dibuat dengan tulisan tangan, Anda tidak boleh mengabaikan struktur penulisan yang baik dan jelas. Surat pengunduran diri yang baik biasanya mengandung alasan pengunduran diri yang wajar serta disampaikan dengan bahasa yang sopan dan profesional.

Mengutip dari apollotechnical.com, surat pengunduran diri tulis tangan wajib dibubuhi dengan tulisan tangan, karena dengan adanya tanda tangan tersebut surat yang Anda tuliskan akan memiliki nilai keabsahan. Mengirimkan selembar surat pengunduran diri dengan tulisan tangan pun bisa menjadi solusi lain yang lebih aman daripada menggunakan email atau faks.

Apa Saja yang Mesti Dicantumkan dalam Surat Pengunduran Diri Karyawan Tulis Tangan

Berdasarkan laman unstop.com, format untuk surat pengunduran diri karyawan yang hendak dibuat dengan tulisan tangan baiknya berisi beberapa poin berikut ini:

  • Rincian kontak dan tanggal penulisan surat. 
  • Sapaan atau salam pembuka.
  • Pernyataan yang jelas tentang niat Anda untuk mengundurkan diri, tanggal/hari pengunduran diri, dan tanggal awal dan akhir pemberitahuan Anda.
  • Mengungkapkan rasa terima kasih kepada atasan Anda saat ini.
  • Penutupan dan tanda tangan.

Mengapa Surat Pengunduran Diri Karyawan itu Penting?

Surat pengunduran diri karyawan menjadi sangat penting karena memiliki beberapa alasan yang mendasarinya., di antaranya sebagai dokumen resmi yang menegaskan niat karyawan untuk meninggalkan pekerjaan mereka. Dengan adanya surat ini memberikan bukti tertulis yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengurus peralihan pekerjaan, menghitung pembayaran terakhir, atau mengatur penggantian.

Tidak hanya itu, dengan adanya surat pengunduran diri juga dapat menciptakan transparansi dan komunikasi yang baik antara karyawan dan perusahaan. Hal ini membantu perusahaan untuk memahami mengapa karyawan memutuskan untuk pergi, memberikan kesempatan untuk memperbaiki masalah yang mungkin ada dalam lingkungan kerja, atau bahkan mempertimbangkan tawaran kembali jika masalah yang mendasarinya dapat diatasi.

Di luar itu semua, membuat surat pengunduran diri merupakan langkah penting dalam proses penghentian kerja yang harus dilakukan dengan cermat dan hormat untuk memastikan peralihan yang lancar dan menjaga hubungan baik antara karyawan dan perusahaan.

Mengapa Surat Pengunduran Diri Harus Dibuat Secara Singkat?

Sebagai alat komunikasi formal, surat pengunduran diri harus dibuat secara singkat, karena dengan begitu Anda dapat menyampaikan pesan utama dengan jelas dan tanpa kebingungan.

Tidak hanya itu, membuat surat pengunduran diri yang singkat juga menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu dan perhatian pihak yang berwenang untuk membaca surat tersebut. Hal ini dapat meningkatkan peluang untuk tetap menjalin hubungan baik setelah Anda meninggalkan pekerjaan.

Surat pengunduran diri yang singkat pun dapat membantu Anda untuk fokus pada poin-poin penting. Dalam surat tersebut, Anda bisa menyampaikan alasan pengunduran diri, tanggal efektif pengunduran diri, dan ungkapan terima kasih kepada perusahaan atau atasan.

Dengan tidak memuat tulisan yang terlalu panjang dan bertele-tele, Anda memudahkan pihak yang berwenang untuk memahami pesan inti yang hendak Anda sampaikan. Di samping itu, surat pengunduran diri yang singkat membantu menciptakan komunikasi yang efisien, profesional, dan jelas dalam situasi yang sensitif ini.



Contoh Surat Pengunduran Diri Tulis Tangan untuk Karyawan

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda dalam waktu dekat, berikut kami berikan beberapa referensi contoh surat pengunduran diri karyawan dalam format tulis tangan:

Contoh Surat Pengunduran Diri Tulis Tangan Bahasa Inggris

Contoh Surat Pengunduran Diri Tulis Tangan Bahasa Inggris

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik Tulis Tangan

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik Tulis Tangan

Contoh Surat Pengunduran Diri Tulis Tangan Karena Alasan Kesehatan

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Tulis Tangan Karena Alasan Kesehatan

Contoh Surat Pengunduran Diri Tulis Tangan Karena Alasan Kesempatan Yang Lebih Baik

Contoh Surat Pengunduran Diri Tulis Tangan Karena Alasan Kesempatan Yang Lebih Baik



Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Tulis Tangan Karena Alasan Mengurus Orang Tua

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Tulis Tangan Karena Alasan Mengurus Orang Tua

Referensi:

  • Apollotechnical. Diakses pada 2023. How to Write a Resignation Letter.
  • Shivani Goyal. Diakses pada 2023. How To Write Short Resignation Letter | With Tips & Samples!

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.