Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Profesional

Ada berbagai alasan mengapa seseorang mungkin memilih untuk mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya. Beberapa alasan umum meliputi kesempatan kerja baru yang lebih baik, perpindahan lokasi, ketidakcocokan dengan lingkungan kerja, atau keputusan pribadi yang mempengaruhi keputusan untuk meninggalkan posisi tersebut. Apapun alasan yang mendasari pengunduran diri, penting untuk melakukannya dengan hormat dan profesionalisme.

Apa Itu Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan?

Surat Pengunduran Diri adalah tindakan yang diambil oleh seseorang ketika dia memutuskan untuk mengakhiri hubungan pekerjaannya. dengan suatu jabatan atau posisi tertentu.

Pengunduran diri dari jabatan adalah hal yang sering terjadi dalam dunia profesional, baik dalam lingkungan perusahaan maupun pemerintahan.

Dalam banyak kasus, surat pengunduran diri dianggap sebagai cara yang sopan dan profesional untuk menghentikan keterlibatan seseorang dengan suatu organisasi atau lembaga.

Baca juga: 4 Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan Swasta, Bisa Jadi Referensi!

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri dari Jabatan?

1. Menyebutkan Identitas Pribadi

Proses penulisan surat pengunduran diri dimulai dengan menyebutkan identitas pribadi, termasuk nama lengkap, alamat, dan kontak informasi. Kemudian, dalam paragraf pembuka, sampaikan niat untuk mengundurkan diri dari jabatan yang dipegang. Pastikan untuk mencantumkan tanggal efektif pengunduran diri agar organisasi atau lembaga memiliki waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri dengan kepergian Anda.

2. Alasan Pengunduran Diri

Setelah itu, jelaskan secara singkat alasan di balik keputusan Anda untuk mengundurkan diri. Namun, penting untuk mengungkapkan alasan dengan sopan dan menghindari kritik yang tidak perlu atau berlebihan terhadap organisasi atau rekan kerja Anda. Berikan apresiasi atas kesempatan yang telah diberikan kepada Anda selama menjabat, serta ungkapkan keinginan untuk meninggalkan posisi dengan cara yang baik.



3. Tawarkan Bantuan

Selanjutnya, sampaikan niat Anda untuk membantu dalam proses transisi agar peralihan jabatan menjadi lebih lancar. Tawarkan bantuan dalam hal pelatihan atau transfer pengetahuan kepada pengganti Anda. Ini menunjukkan sikap yang profesional dan dapat membantu menjaga hubungan baik dengan organisasi atau lembaga yang Anda tinggalkan.

4. Tutup Dengan Terima Kasih

Terakhir, tutup surat dengan ucapan terima kasih kepada atasan, rekan kerja, dan organisasi atau lembaga yang Anda tinggalkan. Jangan lupa menyertakan tanda tangan Anda di bagian akhir surat untuk memberikan kesan yang lebih personal dan autentik.

Baca juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Yang Baik Dan Benar

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!