Contoh laporan PKL

Mengenal Contoh Laporan PKL dan Tips Penyusunan yang Benar 

Pada bagian pendahuluan contoh laporan PKL mahasiswa diminta untuk menjelaskan latar belakang PKL. Tujuan, dan konteks memuat penjelasan rinci mengenai setiap elemen penting dalam laporan.

Mahasiswa dapat menggambarkan latar belakang mendorong untuk menjalani PKL dapat menjelaskan alasan pemilihan. Keinginan untuk mendapatkan pengalaman kerja nyata, melengkapi pengetahuan teori dengan pengalaman praktis, memperluas jaringan. 

Bagian mencakup tujuan ingin dicapai mahasiswa dapat menjelaskan tujuan secara spesifik, memperoleh pemahaman mendalam tentang bidang kerja. Mengembangkan keterampilan praktis relevan, atau memperluas jaringan profesional. 

Bagian ini menjelaskan konteks informasi tentang perusahaan atau organisasi yang menjadi tempat PKL. Memberikan gambaran singkat tentang profil perusahaan, seperti jenis industri, ukuran perusahaan, atau bidang spesifik menjadi fokus. 

Pada bagian ini, siswa atau mahasiswa diharapkan menjelaskan relevansi antara PKL mereka jalani dengan bidang studi ditekuni. Mereka dapat menjelaskan bagaimana PKL dapat membantu menerapkan pengetahuan teori telah dipelajari dalam konteks dunia kerja.

Contoh Laporan PKL PKL dan Tips Penyusunan Sesuai Kaidah Penulisan 

Dalam pendahuluan contoh laporan PKL penting untuk menjelaskan latar belakang, tujuan, dan konteks melandasi pemilihan PKL tersebut. Hal ini akan memberikan pembaca pemahaman baik tentang motivasi dalam menjalani relevansi dengan bidang studi.

  1. Deskripsi perusahaan atau organisasi dalam laporan PKL

Pada bagian ini, siswa atau mahasiswa dapat menjelaskan sejarah perusahaan atau organisasi tersebut. Memberikan informasi tentang tahun berdirinya, pendiri perusahaan, dan perkembangan perusahaan sejak awal berdiri. 

Bagian ini mencakup penjelasan tentang struktur organisasi perusahaan organisasi tersebut. Menggambarkan bagaimana perusahaan organisasi tersebut terorganisir, seperti tingkat hierarki, departemen bagian-bagian penting dalam struktur organisasi.

Contoh laporan PKL menjelaskan produk layanan ditawarkan oleh perusahaan organisasi tersebut. Memberikan gambaran tentang jenis produk atau layanan dihasilkan, fitur keunggulan produk layanan tersebut, serta segmen yang menjadi target perusahaan.

Mencakup nilai-nilai dijunjung tinggi oleh perusahaan organisasi tersebut dapat menjelaskan prinsip-prinsip landasan operasional. Nilai-nilai tersebut dapat meliputi etika kerja, keberlanjutan, inovasi, komitmen terhadap kepuasan pelanggan. 

Dalam deskripsi perusahaan organisasi dalam untuk memberikan gambaran komprehensif tentang perusahaan. Hal ini akan membantu pembaca memahami konteks dan karakteristik perusahaan organisasi tersebut, serta relevansi dijalani dengan lingkungan kerja.

  1. Tugas dan tanggung jawab dalam laporan PKL

Pada bagian ini contoh laporan PKL dapat menjelaskan posisi peran yang mereka pegang selama PKL. Menyebutkan jabatan gelar menyertakan informasi tentang posisi dipegang akan memberikan pemahaman tentang area fokus dan tanggung jawab.

Mencakup aktivitas sehari-hari yang dilakukan dapat menjelaskan tugas rutin aktivitas harian yang mereka lakukan. Menyertakan informasi tentang aktivitas sehari-hari akan memberikan gambaran tentang kontribusi dalam lingkungan kerja sebenarnya.

Contoh laporan PKL menggambarkan proyek tugas khusus mereka tangani dapat menjelaskan proyek-proyek ditugaskan. Menyertakan informasi tentang proyek tugas khusus akan memperlihatkan kemampuan dalam mengaplikasikan pengetahuan.

Baca juga: Contoh laporan magang

Mencakup hubungan antara tugas dan tanggung jawab yang diemban dengan bidang studi sedang ditekuni. Menjelaskan bagaimana tugas dan tanggung jawab terkait dengan konsep atau teori dipelajari dalam studi menyoroti relevansi kontribusi pemahaman.

Dalam menjelaskan tugas dan tanggung jawab penting untuk memberikan deskripsi rinci dan jelas tentang peran kontribusi. Hal ini akan memberikan pemahaman baik tentang kontribusi dalam lingkungan kerja menerapkan pengetahuan keterampilan.

  1. Pengalaman dan Pembelajaran dimuat dalam laporan 

Pada bagian ini menggambarkan tantangan hambatan dapat berupa kesulitan dalam memahami tugas. Adaptasi dengan lingkungan kerja baru, mengatasi kendala dalam menyelesaikan proyek tugas diberikan. 

Mencakup pencapaian kesuksesan telah diraih menyebutkan proyek tugas berhasil diselesaikan dengan baik. Menyertakan informasi tentang kesuksesan diraih akan memberikan gambaran tentang kemampuan mencapai hasil baik dalam lingkungan kerja.

Menggambarkan pembelajaran diperoleh menjelaskan pengetahuan baru diperoleh, keterampilan yang dikembangkan. Pemahaman lebih mendalam tentang bidang studi atau berbagai industri tertentu.

Pencapaian dan kontribusi menyoroti pencapaian mereka raih ini mencakup proyek atau tugas yang diselesaikan. Pengakuan yang diterima, atau dampak positif mereka berikan bagi perusahaan atau organisasi.

 Selain itu, juga dapat menggambarkan pembelajaran non-teknis seperti kemampuan beradaptasi, keterampilan komunikasi,. Menyertakan informasi tentang pembelajaran diperoleh akan menunjukkan perkembangan pribadi profesional.

Dalam merangkum pengalaman pembelajaran penting untuk menjadi jujur dan reflektif. Menyampaikan pengalaman secara objektif, menggambarkan tantangan dihadapi dengan solusi diimplementasikan, serta menyampaikan pembelajaran bermanfaat bagi pengembangan diri memberikan gambaran kuat tentang potensi mereka.

laporan PKL harus mencerminkan keseluruhan pengalaman dan memberikan gambaran jelas pembelajaran yang diperoleh. Siswa atau mahasiswa juga dapat menambahkan harapan untuk masa depan hal tersebut dimuat dalam contoh laporan PKL.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!