10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

tips memilih foto untuk CV

Tips Memilih Foto untuk CV, Simak Baik-baik

Kami akan memberikan informasi mengenai tips memilih foto untuk CV. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa memilih foto untuk diletakkan pada CV tidak boleh sembarangan. Karena ini bisa menjadi salah satu pertimbangan rekruter dalam memilih pegawai atau karyawan.

Mungkin saja, bagi sebagian orang membuat CV adalah sesuatu hal yang sederhana. Akan tetapi perlu Anda ketahui membuat CV mungkin tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Karena ada beberapa bagian yang harus diperhatikan dengan baik supaya nantinya peluang untuk diterima menjadi lebih besar.

Karena biasanya seorang rekruter sudah bisa menilai seseorang dari CV yang dibuat. Oleh karena itu sangat kami sarankan untuk Anda membuat CV yang berkualitas ketika ingin melamar pekerjaan.

Baca juga: Cara menyisipkan foto pada cv agar menarik

Beberapa Tips Memilih Foto untuk CV

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dengan baik ketika memilih foto untuk CV. Ini sangat penting supaya nantinya CV yang Anda buat terlihat profesional. Berikut beberapa tips dari kami untuk membantu Anda menentukan foto yang cocok dipajang pada CV Anda.

  1. Foto medium close up

Tips memilih foto untuk CV yang pertama yaitu menghindari foto full body. Lebih disarankan untuk Anda mengambil foto dari mulai dada sampai ke atas. Tidak terlalu disarankan juga mengambil foto yang terlalu close up.

Pastikan jika wajah Anda bisa terlihat dengan jelas. Untuk Anda yang menggunakan kacamata sebaiknya dicopot terlebih dahulu. Ini akan sangat berguna supaya nantinya wajah Anda semakin terlihat jelas di foto.

  1. Menggunakan background polos

Tips memilih foto untuk CV yang kedua yaitu menggunakan background polos. Penggunaan background polos ini akan membuat foto Anda terlihat formal dan terlihat lebih profesional ketika ingin melamar pekerjaan.

Penting untuk Anda menghindari foto dengan background yang mungkin terlihat kurang formal. Karena biasanya ketika melamar pekerjaan sesuatunya harus dibuat dengan formal supaya lebih menarik perhatian dari para rekruter.

  1. Berikan sedikit senyuman

Tentu wajah Anda akan terlihat lebih menarik ketika ada sedikit senyuman. Ini merupakan hal yang sederhana akan tetapi bisa memberikan efek positif terhadap orang yang melihatnya.

Penting untuk Anda menyajikan fakta yang enak dilihat pada CV. Bayangkan saja ketika Anda memajang foto yang sedang murah di CV. Mungkin saja ini akan membuat para rekruter memberikan nilai negatif terhadap Anda.

  1. Menggunakan pakaian formal

Tips memilih foto untuk CV berikutnya yaitu menggunakan pakaian formal. Pakaian menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan ketika akan membuat foto untuk melamar pekerjaan.

Tentu saja ada banyak sekali pilihan pakaian yang bisa digunakan. Jenis pakaian yang paling umum digunakan untuk membuat foto di CV yaitu adalah kemeja putih dengan jas berwarna hitam.

Kemeja putih yang dipadukan dengan jas berwarna hitam memang akan membuat Anda terlihat lebih gagah dan juga terlihat lebih profesional. Walaupun begitu bukan berarti foto pada CV harus menggunakan kemeja berwarna putih dan jas berwarna hitam.

Karena sebenarnya Anda memiliki kebebasan untuk memilih pakaian yang akan digunakan pada foto CV. Akan tetapi lebih disarankan untuk menggunakan pakaian yang rapi dan juga sopan.

Baca juga: Cara menuliskan kemampuan bahasa di CV

  1. Jangan menggunakan makeup berlebihan

Ini merupakan tips memilih foto untuk CV yang sangat penting diperhatikan oleh para perempuan. Biasanya para perempuan make up dengan sangat tebal untuk dipajang pada CV.

Sebenarnya lebih disarankan untuk menggunakan make-up seperlunya saja dan jangan terlalu berlebihan. Ketika Anda membuat make up yang terlalu berlebihan mungkin akan memberikan penilaian negatif dari rekruter.

  1. Ikuti aturan yang diberikan oleh perusahaan jika ada

Terkadang Ada beberapa perusahaan yang memberikan Aturan tersendiri terkait pembuatan CV. Oleh karena itu, ketika memang ada aturan yang menyangkut tentang foto yang ada pada CV harus diikuti dengan baik.

 Dengan mengikuti aturan yang diberikan oleh perusahaan itu menunjukkan bahwa Anda merupakan orang yang detail. Ini Tentunya bisa memberikan nilai lebih untuk Anda.

Memilih foto untuk dipajang pada CV memang tidak semudah yang mungkin orang-orang bayangkan. Beberapa tips memilih foto untuk CV yang kami bagikan Semoga bisa membantu Anda untuk membuat CV yang keren.

Bagikan Artikel: