Ratusan HRD sering online dan aktif mencari pegawai!

Pengertian, Manfaat Motivation Letter dan Tips Penulisannya

Manfaat motivation letter bisa dirasakan oleh para mahasiswa dan juga para pelamar kerja. Namun apa sebenarnya itu motivation letter?

Istilah tersebut merujuk kepada sebuah surat pengantar yang mendampingi dokumen lainnya. Dokumen lainnya tersebut misalnya resume atau curriculum vitae. 

Surat ini menjadi salah satu dokumen penting ketika ingin melamar beasiswa atau suatu pekerjaan. Apa saja manfaat dari surat tersebut? Berikut kami jelaskan manfaat dari motivation letter beserta tips penulisannya.

Pengertian dan Manfaat Motivation Letter untuk Pelamar Kerja

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan manfaat dari surat tersebut dengan lebih memfokuskan untuk pelamar kerja. Jika sedang mencari pekerjaan, sebaiknya Anda juga mulai untuk menyiapkan dokumen surat ini.

Hal itu dikarenakan kebanyakan perusahaan akan meminta dokumen tersebut. Walaupun mungkin perusahaan tidak mengharuskan pelamarnya untuk memberikan dokumen itu, tapi akan menjadi nilai tambahan jika Anda mempunyainya.

Manfaat motivation letter dapat dipahami jika Anda mengerti juga isi dari surat tersebut. Pada isi surat itu, biasanya pelamar akan memperkenalkan diri, memberitahukan tujuan hidup serta menginformasikan latar belakang pendidikan.

Tidak hanya itu, Anda juga biasanya akan menuliskan potensi dan harapan jika diterima untuk bekerja pada perusahaan tersebut. Intinya surat ini bermanfaat untuk menunjukkan kualifikasi dan membuat rekruter mengenal Anda dengan lebih baik.

Melalui surat ini pelamar bisa meyakinkan perusahaan atau pemberi kerja untuk menerimanya. Anda bisa meyakinkannya dengan menjelaskan motivasi atau alasan mengapa memilih untuk melamar pekerjaan ke perusahaan tersebut.

Selain dengan alasan mengapa memilih perusahaan tersebut, Anda juga bisa meyakinkannya dengan menjelaskan minat serta keahlian. Jika sesuai dengan kebutuhan perusahaan, rekruter pun akan merekrut Anda berdasarkan penilaian itu.

Jadi kesimpulannya, manfaat motivation letter adalah untuk meyakinkan rekruter kalau Anda adalah kandidat tepat untuk pekerjaan tersebut. Pemberi kerja juga dapat dengan lebih mudah menilai pelamarnya dengan dokumen tersebut.

Tips untuk Menulis Motivation Letter

Setelah mengetahui dan paham bagaimana manfaat motivation letter, sekarang kami akan memberikan tips cara penulisannya. Agar dapat menghasilkan surat motivasi yang baik, Anda mungkin mau memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

  1. Gunakan Format Penulisan yang Benar

Jika perusahaan telah menentukan suatu format penulisan, ikuti dan gunakanlah format tersebut. Misalnya berapa banyak kata, font yang digunakan, maksimal berapa lembar atau mungkin hal lainnya.

Hal ini dilakukan agar manfaat motivation letter dapat Anda rasakan dalam proses rekrutmen kerja. Tapi jika perusahaan tidak memberikan format penulisan, Anda bisa membuat surat dengan format standar atau yang pada umumnya digunakan.

Biasanya formatnya adalah menggunakan font Times New Roman atau Arial dengan ukuran 12 poin. Untuk berapa lembar yang harus dituliskan biasanya menggunakan maksimal satu halaman.

  1. Gunakan Bahasa yang Baik

Tips yang kedua adalah gunakanlah Bahasa Indonesia yang baik. Bahasa yang digunakan harus bahasa baku dan sesuai dengan EyD (Ejaan yang Disempurnakan).

Penggunaan bahasa dengan baik ini dilakukan karena surat motivasi dibuat dengan tujuan formal. Hindari juga penulisan kata yang disingkat seperti ‘yg’ untuk ‘yang’.

  1. Sampaikan Poin Penting dan Relevan

Meskipun mungkin ada banyak topik yang ingin dijelaskan pada motivation letter, jangan lupa untuk fokus kepada poin penting. Itu disebabkan oleh adanya batasan jumlah kata dalam surat, jadi pilihlah poin-poin yang relevan dengan pekerjaan.

  1. Tulis dengan Menarik

Karena ada banyak sekali orang yang melamar pekerjaan dengan mengirimkan surat motivasi, bagaimana caranya agar surat Anda menonjol? Buatlah dengan menarik agar rekruter mampu melihat kemampuan Anda.

Pastikan untuk menyampaikan poin-poin kuat dan menarik yang dapat membuat rekruter tertarik dengan Anda. Sebelum mengirimkannya, Anda bisa coba untuk membacanya sendiri dan memeriksa apakah tulisannya sudah menarik atau belum. 

  1. Baca Ulang dan Cek Kembali

Selain untuk memeriksa apakah tulisan sudah menarik atau belum, Anda juga perlu membaca ulang tulisan untuk alasan lainnya. Hal ini juga dilakukan agar terhindar dari salah penulisan atau pengetikan atau yang biasanya disebut ‘typo’.

Pastikan tulisan Anda sudah relevan dan sesuai dengan format penulisan. Selain itu, pastikan juga kalau kalimat-kalimat yang Anda tulis nyaman untuk dibaca serta menarik.

Surat motivasi adalah salah satu dokumen penting yang perlu dimiliki oleh setiap pelamar kerja. Itu karena manfaat motivation letter adalah mampu lebih meyakinkan rekruter untuk merekrut Anda.

Bagikan Artikel:

About The Author