10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

daftar perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja

Daftar Perusahaan Penipuan Berkedok Lowongan Kerja

Daftar perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja kini mulai tersebar di internet. Fakta tersebut menjadi kabar baik sekaligus buruk bagi pencari nafkah. Bisa menjadikan Anda lebih teliti, sehingga tidak mudah tertipu. 

Mencari pekerjaan memang semakin mudah karena bisa mengajukan diri, mengirim lamaran, hingga melakukan interview secara daring. Namun ada saja ulah oknum tidak bertanggung jawab meraih keuntungan dengan cara apapun. 

Waspada Daftar Perusahaan Penipuan Berkedok Lowongan Kerja 

Lowker palsu justru lebih banyak ditemukan pada situs khusus pencari kerja, sungguh sebuah ironi. Bahkan media informasi besar seperti LinkedIn tidak luput dari sasaran para scammer, lantas bagaimana ciri-ciri lowongan hoax?

Pertama, kualifikasi dan persyaratan menjadi pegawai terlalu umum dan mudah. Dengan menuliskan persyaratan calon karyawan yang ingin bergabung dengan recruiter, tawaran pekerjaan baik/nyata pasti akan lebih detail.

Tentu saja, ini tidak hanya membantu menemukan orang yang tepat, tetapi juga memudahkan situs pekerjaan untuk mengurangi jumlah pelamar yang melihat iklan. Serta menyaring resume untuk mencocokkan ke proses selanjutnya. 

Jadi, jika terdapat persyaratan sederhana dan tampak umum yang dapat dengan mudah diterapkan oleh siapa saja, maka tentu saja harus skeptis. Bisa jadi itu merupakan sebuah informasi palsu. 

Kedua, menawarkan gaji terlalu tinggi atau di luar nalar manusia, ini adalah salah satu yang wajib diwaspadai. Salah satu hal paling menonjol tentang daftar pekerjaan palsu adalah tawaran gaji terlalu tinggi untuk profesi biasa.

Biasanya, untuk jabatan seperti karyawan dan manajer, informasi gaji berisi angka sekitar Rp6-7 juta. Daftar pekerjaan riil akan selalu berisi angka gaji sesuai pengalaman kerja, keterampilan, dan beban kerja.

Misalnya, gaji Rp6-7 biasanya ditawarkan untuk posisi dengan persyaratan minimal 1-2 tahun. Jadi, para lulusan baru, harap berhati-hati saat melihat tawaran pekerjaan seperti itu. Penipuan sudah tersebar di berbagai tempat.

Ketiga, lokasi wawancara terlalu jauh dari alamat kantor dalam informasi terkait. Alamat kantor pada lowongan adalah Jakarta Barat, tetapi lokasi wawancara malah sampai ke Jakarta Timur? Sudah pasti itu penipuan.

Jelas bahwa daftar perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja itu kemungkinan besar palsu. Kecuali bagi beberapa recruiter yang memiliki banyak cabang, sehingga alamat kantor dapat terdiri dari 2-3 alamat berbeda.

Namun, dalam kasus lowongan sebenarnya, sebagian besar recruiter mencantumkan lokasi wawancara di alamat kantor tempat kandidat akan bekerja. Jadi segera daftarkan lowongan pekerjaan yang alamat kantornya cocok dengan alamat wawancara.

Baca juga: Cara Lapor Penipuan Lowongan Kerja dengan Mudah

Hindari Daftar Perusahaan Penipuan Berkedok Lowongan Kerja

Di balik kontroversi dan kekhawatiran akan info tawaran pekerjaan penipu, masih ada beberapa ciri lowongan kredibel. Sebaliknya, ciri-ciri antara informasi palsu dengan asli sangat berbanding terbalik. 

Pertama, mempunyai employer brand. 80% manajer akuisisi bakat setuju bahwa employer brand memiliki dampak signifikan dalam mempekerjakan kandidat potensial. Daftar perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja adalah hal yang harus diperhatikan.

Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti menjaga berbagai aset digital yang dimiliki perusahaan. Di sisi lain, ini juga dapat digunakan sebagai validasi untuk melihat apakah recruiter itu ada. 

Jika tidak dapat menemukan informasi tentang recruiter secara online, Anda harus curiga bahwa lowongan pekerjaan itu palsu. Saat ini memang dibutuhkan ketelitian tinggi ketika menelusuri berbagai informasi di internet. 

Kedua, kandidat tidak dipungut biaya apapun. Ada banyak kasus pelamar kehilangan uang di perusahaan palsu. Daftar perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja menggunakan alasan seperti biaya pendaftaran, kontrak, atau uang asuransi. 

Jika Anda menemukan lowongan seperti itu, abaikan saja. Bagaimanapun, perusahaan harus memberi penghargaan kepada karyawan mereka atas keterampilan dan kemampuan mereka, bukan sebaliknya, malah meminta imbalan sebelum diterima. 

Ketiga, menggunakan domain email resmi. Perekrut biasanya menggunakan alamat email domain perusahaan untuk menghubungi kandidat. Jika menerima tawaran pekerjaan dari domain gratis (@gmail, @hotmail, @yahoo, dll.), Anda harus curiga.

Perusahaan dan organisasi resmi menggunakan domain berbayar (.com, .org, .co, dll.). Terkadang ada beberapa alasan, seperti server perusahaan sedang down. Jika Anda menerima email seperti itu, abaikan atau hapus.Bagi lulusan baru atau fresh graduate, akan sulit mengenali perbedaan ini apabila tidak sering apply lamaran ke berbagai tempat. Oleh karena itu, ketahui daftar perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja di internet terlebih dahulu.

Bagikan Artikel: