10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Menjawab Test Deret Gambar di Soal Psikotes

Cara menjawab test deret gambar di soal psikotes memang tidak mudah. Bahkan di antara jenis soal lainnya, deret gambar menjadi yang paling susah. Sebab, banyak kemungkinan cara yang bisa Anda gunakan.

Dalam test deret gambar Anda perlu memprediksi pola yang akan muncul berikutnya sesuai dengan pola sebelumnya. Hal yang membuatnya lebih sulit adalah gambar yang disajikan sangat beragam.

Ada gambar dua dimensi dan tiga dimensi. Dalam setiap gambar tersebut memiliki pola tertentu yang sangat rumit dan sulit untuk diprediksi. Tidak heran jika banyak peserta yang terjebak dan salah menjawab.

Oleh sebab itu, kami akan membahas bagaimana cara menjawab soal test deret gambar berikut ini.

Cara Menjawab Test Deret Soal Psikotes

Meski untuk menjawab test deret gambar tidak mudah, tapi bukan berarti tidak ada cara mudahnya sama sekali. Sebab, nyatanya ada beberapa cara yang bisa diterapkan ketika Anda mengerjakan test ini.

Berikut ini adalah caranya:

1. Hitung Unsur yang Ada di Gambar

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghitung ada berapa unsur dalam satu gambar di deret tersebut. Biasanya dalam satu gambar ada beberapa unsur yang dilambangkan dengan bentuk berbeda.

Misalnya ada gambar kotak, kemudian di dalamnya ada gambar bulat, segitiga, dan lain sebagainya. Setiap unsur tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam penentuan pola gambar berikutnya. 

2. Tentukan Unsur Kunci dalam Gambar

Cara menjawab test deret gambar selanjutnya adalah dengan menentukan unsur kunci yang ada di dalam gambar. Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa dalam satu gambar terdapat banyak unsur.

Di antara banyaknya unsur tersebut, ternyata ada unsur kunci yang menentukan pola selanjutnya. Sehingga, Anda tidak perlu lagi memperhatikan semua unsur di dalam gambar tersebut.

Hal ini akan memudahkan Anda dalam menjawab soal psikotes tersebut. Selain itu, Anda juga akan menghemat waktu saat mengerjakannya.

3. Tentukan Pola Pergerakan Objek Kunci Tersebut

Setelah menemukan unsur kunci, langkah selanjutnya adalah menentukan pola pergerakannya. Dalam cara menjawab test deret gambar, ada beberapa pola pergerakan yang perlu Anda pahami yaitu:

  • Pola gambar yang berotasi atau memutar. Pada pola ini, tidak hanya gambar utama saja yang berotasi tapi unsur-unsur di dalamnya juga. Sehingga, Anda perlu melihatnya dengan seksama.
  • Melanjutkan gambar dari pola sebelumnya, di mana Anda harus memilih gambang yang sesuai dengan pola sebelumnya secara konsisten.
  • Membandingkan gambar prinsip menjawabnya sama seperti analogi kata, yaitu dengan memilih gambar berikutnya yang sesuai dengan perbandingan gambar sebelumnya.
  • Memilih gambar yang berbeda dari pilihan deret lainnya. Cara menjawab test deret gambar adalah Anda perlu mengamati salah satu gambar yang memiliki perbedaan paling mencolok.
  • Bayangan gambar yaitu Anda diminta untuk menentukan bayangan dari gambar dalam soal. Bayangan ini sesuai dengan pantulan jika gambar ini diletakkan di depan cermin.
  • Menebak pola pada salah satu dari 9 kotak dalam deret gambar. Agar dapat menjawabnya, tentu Anda perli melihat secara seksama pola pada setiap gambar dalam soal tersebut.
  • Jaring-jaring gambar yaitu soal dalam deret yang mengharuskan Anda mencari bentuk tiga dimensi dari jaring-jaring tersebut. Untuk menjawabnya dengan benar, Anda perlu memiliki imajinasi tinggi.

4. Bayangkan Pergerakan Gambar dengan Imajinasi

Cara menjawab test deret gambar yang paling klasik tapi terbukti ampuh adalah dengan membayangkannya dalam imajinasi Anda. Hal ini memang salah satu dari tujuan adanya pelaksanaan test deret gambar.

Yaitu, untuk mengukur tingkat imajinasi calon karyawan. Semakin bagus nilai imajinasinya, maka besar kemungkinan Anda memiliki kreativitas tinggi dengan pola pikir unik.

Bagi Anda yang memiliki daya imajinasi tinggi, maka akan semakin mudah mengerjakan test deret gambar. Dalam praktiknya juga Anda perlu fokus agar bisa dengan mudah membayangkan pergerakan gambar.

5. Lihat Pilihan Jawaban

Setelah Anda melakukan semua cara menjawab test deret gambar di atas, maka perlu juga proses pengecekan jawaban dengan pilihan yang tersedia. Jika ada jawaban yang sesuai dengan perkiraan Anda, maka pilih jawaban tersebut.

Jika memang perkiraan jawaban Anda tidak ada di pilihan ganda di soal, maka untuk menjawabnya adalah pilih yang paling logis. Dengan begitu, peluang jawaban akan benar juga tinggi.

Mulai saat ini, Anda tidak perlu pusing lagi ketika mengerjakan soal deret gambar. Sebab, Anda bisa menggunakan cara menjawab test deret gambar seperti yang sudah kami jelaskan di atas.

Bagikan Artikel: