10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Mengisi Tentang Saya di CV agar HRD Terkesan

Cara mengisi tentang saya di CV merupakan satu hal yang perlu dipelajari dan penting bagi calon pelamar pekerjaan pada perusahaan terbaik. Tentunya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengisinya.

CV atau curriculum vitae merupakan satu persyaratan penting yang harus diberikan kepada pihak perusahaan Pada saat Anda mendaftar pekerjaan. Dari lembaran tersebut, HRD akan menilai bagaimana tentang identitas Anda.

Seperti yang Anda ketahui bahwa tidak semua HRD mampu mengenali seseorang pada saat mendaftar atau melamar pekerjaannya. Dari banyaknya jumlah pendaftar untuk menyeleksinya satu-satunya hanya dengan menggunakan CV tersebut.

Biasanya awal dalam menilai Apakah seseorang layak diterima di dalam sebuah perusahaan, dilihat dari bagaimana pengalaman dan keprofesionalan dalam membuat curriculum vitae tersebut, sehingga setiap proses harus benar-benar diperhatikan. 

Tentunya hal tersebut juga berhubungan dengan bagaimana cara mendesain CV agar terlihat lebih elegan dan profesional. Dalam proses ini mungkin Anda bisa menggunakan jasa khusus dalam pembuatan curriculum vitae.

Namun, ada beberapa hal penting lainnya yang Bahkan tidak bisa menggunakan jasa pembuatan CV. Tentang bagaimana cara mengisi about me atau tentang saya di dalam lembaran tersebut.

Poin-poin Cara Mengisi Tentang Saya di CV

Demi bisa diterima atau membuat HRD tertarik merekrut Anda di dalam perusahaannya yaitu harus mengetahui poin-poin tentang bagaimana cara mengisi tentang saya tersebut di CV. Poin-poinnya yaitu sebagai berikut :

1. Buat Singkat Narasi Anda

Untuk cara mengisi tentang saya di CV yang cukup efektif untuk dilakukan para pelamar pekerjaan yaitu dengan membuat narasi diri secara singkat. Seperti Anda ketahui bahwa HRD tidak banyak waktu untuk menghabiskan waktunya menilai lembaran tersebut.

Apalagi untuk perusahaan-perusahaan ternama tentunya banyak pelamar lain yang juga memberikan curriculum vitae kepada HRD perusahaan. Oleh sebab itu, pembuatan narasi singkat ini harus benar-benar diperhatikan.

2. Pastikan Tata Bahasa Baik

Profesional atau tidaknya seseorang yang terlihat di dalam Curriculum Vitae bisa dinilai melalui Bagaimana menyusun bahasanya. Tentunya, Tata kalimat atau bahasa ada berantakan, pihak menilai akan langsung mengganti ke CV berikutnya.

Tidak hanya itu saja penggunaan bahasa baku dalam menyusun tata bahasa sangatlah penting untuk diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan curriculum vitae ini hampir sama seperti surat resmi, di mana harus menggunakan bahasa resmi juga.

3. Menjelaskan Tujuan Karir

Menjelaskan tujuan karir juga merupakan salah satu cara mengisi tentang saya di CV yang tidak kalah penting dari poin sebelumnya. Bisa dikatakan bahwa menjelaskan tujuan karir merupakan inti dari bagaimana memberitahukan tentang Anda.

Tujuan karir ini berhubungan dengan harapan-harapan setelah Anda diterima di perusahaan tersebut. Jangan sampai tertinggal juga bahwa cantumkan juga posisi tujuan di dalam sebuah perusahaan yang sedang ingin Anda daftarkan saat ini.

4. Menilai diri dengan Profesional

Cara mengisi tentang saya di CV selanjutnya yaitu dengan menilai diri secara profesional agar Anda terlihat sedikit memiliki pengalaman. Beri Penilaian penilaian secara singkat dan jangan sampai berlebihan demi menarik perhatian HRD.

Alasan mengapa hal tersebut jangan sampai dilakukan oleh para pelamar pekerjaan karena HRD sudah memiliki pengalaman lebih dalam melihat seseorang. Berikan saja poin-poin penting dalam menjelaskan diri Anda kepada pihak rekrutmen.

5. Tidak Berbohong dalam Menjelaskan Pencapaian

Sesuatu yang terbilang cukup fatal apabila dilakukan pada saat melakukan cara mengisi tentang saya di CV yaitu berbohong ketika menjelaskan pencapaian. Memang seringkali ditemukan banyak orang seringkali melakukan hal semacam ini.

Katakan dengan jujur pencapaian-pecapaian Anda sebelumnya tanpa harus dilebih-lebihkan. Tentunya dalam mengisi pencapaian ini juga harus memperlihatkan bahwa Anda seseorang yang memiliki sifat rendah hati.

6. Jangan Sampai Typo

Terakhir yaitu dalam mengisi atau menerapkan cara mengisi tentang saya di CV dengan profesional yaitu jangan sampai menulis typo. Apabila dilakukan maka penilaian HRD bisa menjadi sangat buruk meskipun Anda tidak sengaja.

Anda akan diberikan penilaian bahwa dalam mengisi curriculum vitae ini terlalu terburu-buru atau teliti. HRD akan menganggap bahwa nantinya masalah akan sering terjadi apabila Anda bekerja di dalam perusahaan tersebut.

Membuat curriculum vitae dengan cara profesional merupakan kunci penting diterimanya Anda di dalam sebuah perusahaan tertentu. Oleh sebab itu, wajib memperhatikan cara mengisi tentang saya di CV seperti referensi di atas.

Bagikan Artikel: