10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara menggali potensi untuk berkarir

Cara Menggali Potensi untuk Berkarir dengan Tips-Tips Ini

Cara menggali potensi untuk berkarir merupakan salah satu usaha memperoleh kesuksesan. Namun, masih banyak orang belum mengetahui cara menemukan potensi tersebut. Setiap orang pasti dibekali skill serta potensi sejak lahir dan hal ini tidak bisa dipungkiri. 

Ketika seseorang beranjak dewasa, ia akan mencari jati diri serta mengembangkan melalui interaksi sosial. Oleh karena itu, harus ada korelasi antara diri sendiri dengan apa yang ada di luar diri demi mengembangkan potensi tersebut kemudian memiliki manfaat luar biasa.

Cara Menggali Potensi untuk Berkarir Lebih Lanjut

Sebenarnya, potensi terletak pada hal-hal kecil di sekitar Anda, sesuatu yang Anda yakini serta dapat dikembangkan dan berhasil dengan baik. Berikut cara-cara menemukan kemampuan dalam diri.

1. Mulai belajar mengenal diri sendiri

Masih banyak orang yang belum bisa mengenali dirinya sendiri, sehingga tidak menyadari bahwa ada potensi besar dalam diri tersebut. Dalam suatu karir, Anda perlu mengetahui kekuatan dan kelemahan. 

Cobalah bertanya kepada orang lain apa pendapat mereka tentang kepribadian dimiliki. Ini lebih membantu untuk menemukan sifat atau karakter lain yang tidak pernah diketahui atau sadari sebelumnya.

Cara menggali potensi untuk berkarir dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan tersebut, maka Anda dapat menentukan mana yang perlu kembangkan. Cari dan tentukan juga mana yang perlu Anda tingkatkan guna menemukan jati diri.

2. Cari tahu apa yang disukai

Potensi diri dapat muncul berdasarkan sesuatu yang Anda sukai dan lakukan setiap saat. Jika seseorang tahu apa yang mereka sukai sejak awal, maka akan lebih mudah untuk menemukan kemampuan tersebut.

Anda dapat mencoba berbagai hal dari olahraga, seni, sains, dan lainnya. Kemudian, ketika sudah menemukan sesuatu yang menarik dan senang dengannya, maka bisa fokus untuk mengembangkannya kemampuan lebih jauh lagi.

3. Jangan insecure

Seringkali seseorang tidak dapat berkembang dengan baik karena insecure dengan potensinya. Jika terlalu takut untuk tampil beda atau sering membandingkan dengan orang lain, maka tidak akan pernah menyadari skill diri.

Ingat, menjadi berbeda bukanlah hal yang buruk, semakin berani tampil beda, maka semakin percaya diri dengan potensi yang dimiliki. Jadi akan mengembangkannya lebih jauh dan mencapai beberapa kesuksesan dalam berkarir.

Cara menggali potensi untuk berkarir adalah berhenti membandingkan kemampuan Anda dengan orang lain. Jika orang lain berhasil mewujudkan impiannya karena kemampuan yang dimilikinya, maka bisa menjadikannya sebagai motivasi.

Baca juga: Contoh Passion yang Bisa Diterapkan dalam Dunia Kerja

4. Jangan takut gagal

Saat menghadapi kegagalan, cobalah menjadikannya sebagai bahan evaluasi dan introspeksi diri. Ini akan membuat skill pertumbuhan Anda lebih baik. Melalui kegagalan ada banyak pelajaran yang bisa Anda ambil. 

Salah satunya adalah Anda akan tahu mana yang terbaik untuk mewujudkan potensi dalam diri. Lain halnya ketika seseorang menyerah dan tidak ingin melakukannya lagi, potensi tersebut turun lagi dan terbuang percuma. Lihatlah kegagalan sebagai ujian untuk mencapai tujuan.

5. Tetapkan tujuan

Jika ingin mencapai keinginan penuh cara menggali potensi untuk berkarir harus terlebih dahulu memiliki tujuan. Bukan hanya tujuan besar, tetapi juga perlu menetapkan tujuan guna membantu mencapai tujuan lebih besar. 

Misalnya, Anda ingin menjadi Art Director profesional. Untuk mencapai ini, Anda memerlukan tujuan kecil seperti menguasai keterampilan desain grafis dan perangkat lunak. Dengan tujuan jelas, lebih mudah mengetahui secara spesifik apa yang Anda inginkan.

6. Buat daftar pencapaian

Untuk menemukan kemampuan tersebut, maka dapat membuat daftar prestasi masa lalu Anda. Daftar pencapaian dapat menjadi pengakuan dan motivasi untuk tujuan selanjutnya. Namun tidak semua orang suka membuatnya juga.

Dari cara menggali potensi untuk berkarir dapat mengidentifikasi pencapaian mana yang membuat Anda paling bahagia dan paling puas. Ini memudahkan guna menemukan kemampuan diri. 

7. Memperluas koneksi dan pengetahuan

Untuk itu, demi menggali potensi Anda, perlu mencari informasi tentang hal-hal yang mungkin disukai. Anda dapat memperoleh pengetahuan dari buku, internet, seminar, atau senior di kantor.

Nyatanya ada banyak sekali sumber belajar. Seperti seseorang yang memiliki potensi bahasa biasanya mampu menggunakan bahasa tersebut secara efektif atau telah menguasai beberapa bahasa dari negara lain. Jika mengembangkan kemampuan dan memperluas koneksi, maka dapat melakukan banyak hal. Misalnya bekerja dengan klien asing, bertindak sebagai pembicara untuk konferensi internasional sehingga cara menggali potensi untuk berkarir tersebut bisa terealisasikan.

Bagikan Artikel: