Ratusan HRD sering online dan aktif mencari pegawai!

Cara Mengetahui Lowongan Kerja Palsu atau Asli

Cara Mengetahui Lowongan Kerja Palsu atau Asli

Jika tidak ingin mengalami penipuan loker maka harus menggunakan cara mengetahui lowongan kerja palsu atau asli. Hal tersebut, memudahkan setiap orang ingin mendapatkan kerja tidak tertipu serta mengalami kerugian.

Untuk para fresh graduate yang berlomba-lomba mendapatkan pekerjaan impian mereka, pastinya juga harus lebih berhati-hati. Meskipun ada banyak tawaran pekerjaan ataupun ada juga yang mengalami kesulitan mencari loker.

Lebih berhati-hati apa lagi dengan kecanggihan teknologi di masa sekarang, pastinya harus diperhatikan kembali. Penipuan dengan berkedok rekrutmen perusahaan sudah sering kali terjadi serta dialami oleh banyak orang.

Ini Dia Cara Mengetahui Lowongan Kerja Palsu atau Asli

Oknum yang tidak bertanggung jawab serta memanfaatkan para pencari kerja dalam mendapatkan keuntungan. Pastinya sekarang sudah banyak terjadi serta perlu diwaspadai dengan sebaik mungkin bagi setiap orang karena hal tersebut sangat fatal.

Namun tetap harus selektif serta mencoba mencari manakah yang terbaik serta dipastikan benar informasinya. Cara mengetahui lowongan kerja palsu atau asli akan sangat penting agar bisa dimanfaatkan nantinya.

Karena dengan begitu, menghindari dari situasi kerja bodong atau sering kali terjebak dalam kondisi tidak diharapkan. Akan lebih memudahkan Anda saat sudah mulai bekerja nantinya, sehingga sudah tidak ada hambatan lagi.

Sehingga cara mengetahui lowongan kerja palsu atau asli juga bisa diterapkan sebaik mungkin. Menghindari kondisi tidak diharapkan saat mencari kerja tersebut dapat dikerjakan dengan maksimal bagi setiap orang.

Pastinya mendapatkan pekerjaan impian sesuai terhadap keinginan merupakan hal diharapkan oleh setiap orang. Maka dari itu, akan lebih mudah ketika nantinya telah mengetahui informasi secara jelas loker ditawarkan kepada diri Anda.

Ada beberapa cara mengetahui lowongan kerja palsu atau asli harus diperhatikan dengan baik. Pastinya dengan begitu, akan lebih memudahkan Anda dalam mendapatkan pekerjaan sesuai terhadap keinginan tanpa ada kesalahan.

1. Perbedaan Dapat Dilihat dari Akun Email Maupun Website Perusahaan

Biasanya untuk membedakan antara yang asli dan palsu dapat dilihat mulai dari akun email digunakan. Ketika dikirimkan dengan menggunakan domain umum yang dipastikan gratis mulai dari @yahoo, @gmail, maupun @outlook.

Sudah dipastikan ini bukan merupakan alamat email resmi milik sebuah perusahaan, namun hanya menyerupai saja. Biasanya dari perusahaan tidak menggunakan domain gratisan serta tidak digunakan secara umum oleh pengguna.

Jadi, cara mengetahui lowongan kerja palsu atau asli selanjutnya melalui alamat website perusahaan. Biasanya oknum tidak bertanggung jawab mereka menggunakan alamat yang hampir mirip terhadap perusahaan mereka coba tiru.

Namun pada bagian belakang domain dari situs biasanya hanya menggunakan domain gratisan. Hal tersebut bisa dilihat ketika mereka menggunakan blogspot, wordpress, maupun situs gratis lainnya, sehingga lebih mudah dikenali.

Memerhatikan dengan baik informasi ini secara jelas, akan memudahkan dalam mengetahui asli ataupun tidaknya loker. Apa lagi, ketika Anda mendapatkan pemberitahuan panggilan kerja, lebih mudah dalam membedakan manakah yang benar ataupun tidak.

2. Perhatikan Lowongan yang Tidak Resmi

Biasanya ketika ingin menggunakan cara mengetahui lowongan kerja palsu atau asli melihat loker diberikan. Mulai dari alamat tujuan dari pengiriman berkas yang fiktif juga sudah menjadi salah satu ciri diwaspadai.

Kemudian pihak penanggung jawab juga bukan dari pegawai milik perusahaan asli untuk nama digunakan. Pengumuman dari loker biasanya hanya melalui sms, telpon, maupun wa secara langsung ke Anda pribadi.

Biasanya perusahaan asli akan memberikan informasi kepada public secara langsung. Kebanyakan menggunakan akun sosial media resmi mereka, maupun website dimiliki ketika membuka lowongan pekerjaan kepada calon karyawan.

3. Jangan tergoda Iming-Iming Diterima Tanpa Tes Maupun Wawancara

Biasanya dalam cara mengetahui lowongan kerja palsu atau asli terdapat godaan iming-iming sangat menarik. Mereka memberikan tawaran kepada Anda agar dapat bekerja tanpa melakukan proses tes maupun interview terlebih dahulu.

Pastinya ketika di perusahaan asli, hal tersebut tidak mungkin dilakukan serta sangat mustahil. Apa lagi, dengan langsung diberikan penawaran gaji besar ketika pertama kali masuk sehingga harus dihindari agar tidak menjadi korban bodong.

Oknum biasanya juga akan meminta sejumlah uang tertentu untuk membeli tiket maupun memesan hotel. Jadi, dengan cara mengetahui lowongan kerja palsu atau asli ini, lebih membuat Anda merasa aman dalam mendapatkan loker terbaik nantinya.

Bagikan Artikel: