10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Penjelasan dan Cara Mengerjakan Tes Gambar Pohon yang Mudah

Sudah tahu bagaimana cara mengerjakan tes gambar pohon? Kalau belum maka Anda perlu untuk mengetahui penjelasan dari kami di bawah ini. Hal ini sangat penting terutama kalau akan melakukan pendaftaran sebagai calon karyawan di sebuah perusahaan. 

Ketika proses tes memasuki kerja, pastinya Anda akan dihadapkan dengan psikotes bukan? Ada serangkaian psikotes yang biasanya akan diberikan mulai dari menghitung hingga menggambar sebuah pohon. Sampai disini, Anda pastinya bertanya-tanya apa sebenarnya fungsi utama dari menggambar pohon tersebut bukan. 

Memang kehadiran dari tes satu ini sudah sering dikerjakan oleh banyak orang terutama calon karyawan. Kendati demikian, tidak sedikit dari mereka dan mungkin Anda tidak mengetahui apa fungsi sebenarnya. Oleh karena itulah, kami akan memberikan penjelasan sekaligus cara dalam mengerjakan tes gambar pohon. 

Penjelasan dan Cara Mengerjakan Tes Gambar Pohon dengan Tepat 

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa dalam psikotes sendiri biasanya terdapat beberapa tes sekaligus. Salah satunya adalah mengharuskan Anda buat menggambar sebuah pohon dan ini masuk ke dalam test grafis. 

Jenis test inipun dikenal dengan baum test atau Koch tree test. Tujuan utamanya sendiri adalah buat menganalisis diri baik emosi hingga kepribadian seseorang. Cara mengerjakan tes gambar pohon sebenarnya tidak ada aturan khusus karena seseorang dapat menggambar sesuai dengan keinginan. 

Baum tes sendiri diperkenalkan oleh seorang psikolog yakni Karl Charles pada tahun 1952 lalu. Psikotes menggambar inilah sangat simple di mana Anda akan diminta buat menggambar pohon mulai dari akar, batang hingga cabang-cabangnya. 

Tetapi dalam beberapa kasus, ternyata seorang peserta tidak diharuskan buat menggambarkan pohon tetapi juga diminta buat menuliskan esai singkat mengenai pohon. Nanti hasilnya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi seorang psikolog perusahaan. 

Selain itu, dalam psikotes inilah berfungsi buat melakukan diagnosa apakah terdapat cacat kognitif atau awal penyakit dari demensia. Apakah Anda masih bingung dalam mengerjakannya? Berikut kami berikan penjelasan cara mengerjakan tes gambar pohon satu ini. 

  1. Perhatikan Letak Pohon 

Cara pertama yang perlu diperhatikan adalah letak dari pohon di mana akan menunjukkan bagaimana kepribadian dari seseorang. Misalnya saja apabila pohonnya berada di atas maka akan menunjukkan bahwa seseorang mempunyai cara pandang tinggi. 

Setiap kegagalan itulah dapat dijadikan sebagai pengalaman pembelajaran sekaligus hikmah dari semua masalah. Sedangkan apabila objek berada di tengah akan menunjukkan sikap praktis dan rendah hati. Lain halnya apabila berada di bawah maka seseorang akan melakukan riset sebelum memutuskan sesuatu. 

  1. Bagaimana Menggambar Batang

Cara mengerjakan tes gambar pohon kedua adalah Anda perlu memperhatikan batang yang akan digambar. Sebab nantinya akan melambangkan bagaimana kekuatan emosional dari seseorang. 

Batang melebar biasanya dapat menunjukkan emosi stabil, tenang, pendirian kuat hingga mudah marah. Sedangkan batang ramping mempunyai artian Anda termasuk orang fleksibel dan terbuka terhadap pendapat orang lain. 

Lain halnya kalau bercabang di pucuk maka Anda biasanya akan terpecah dalam beberapa pilihan hidup. 

  1. Akar 

Berikutnya adalah Anda perlu memperhatikan bagaian akarnya yang digunakan untuk mengetahui keluarga ataupun sejarah. Misalnya saja kalau calon karyawan menyertakan akar di dalamnya maka menganggap masa lalu cukup penting dan sebaliknya maka hanya focus pada masa depan. 

  1. Tinggi dari Objek 

Seberapa tinggi dari objek yang terdapat di gambar ternyata juga punya peran sangat penting. Menggambar objek lebih tinggi atau lebih dari setengah kertas ternyata bisa menunjukkan keinginan buat mencapai prestasi tinggi dan dapat menjadi lambang kedermawanan masalah uang. 

  1. Bagian Dahan Pohon

Cara mengerjakan tes gambar pohon berikutnya adalah memperhatikan bagian dahannya. Apabila terdapat dahan saat menggambar objek maka kemungkinan besar Anda berorientasi pada otak kiri dan menjadi pribadi logis sekaligus analistis. Sedangkan kalau tanpa dahan cenderung dikuasi otak kanan. 

  1. Proses Menggambar Objek Daun

Terakhir adalah Anda juga perlu memperhatikan proses menggambar objek daun pada pohonnya. Apabila seorang karyawan menggambar daun maka termasuk orang-orang yang suka merenung sekaligus introspeksi. sifat inilah menjadikan seseorang berhati-hati setiap mengambil keputusan. 

Agar hasilnya maksimal maka sebaiknya Anda juga harus lebih sering berlatih dalam menggambar sehingga akan memberikan banyak manfaat. Dengan cara mengerjakan tes gambar pohon yang baik dan benar maka prosesnya bisa berlangsung dengan lancar.

Bagikan Artikel: