10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Mengerjakan Tes Gambar Orang untuk Psikotes

Cara mengerjakan tes gambar orang saat psikotes memang perlu untuk Anda ketahui dengan baik. Sebab nantinya apa yang terdapat digambar ternyata dapat mempengaruhi bagaimana hasil test tersebut dan digunakan sebagai bahan pertimbangan apakah akan diterima atau tidak. 

Ketika menjalani proses penerimaan karyawan dari sebuah perusahaan, pastinya Anda akan menjalani serangkaian test dari pihak perusahaan. Salah satunya adalah psikotes di mana seakan menjadi kegiatan yang selalu diadakan oleh perusahaan dalam penerimaan karyawan baru. 

Pada tahap inilah, Anda akan dipaksa untuk berpikir mulai dari tahap  perhitungan hingga menggambar benda tertentu bahkan orang sekaligus. 

Ketika Anda diminta untuk menggambar orang itulah ternyata berguna untuk mengetahui rasa tanggung jawab hingga percaya diri. Untuk Anda yang penasaran maka silahkan cek penjelasannya ini. 

Mengenal dan Cara Mengerjakan Tes Gambar Orang 2022 

Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan test inilah memberikan banyak manfaat bagi suatu perusahaan terutama untuk mengetahui bagaimana karakter yang dimiliki oleh calon karyawan tersebut. Tetapi apa sebenarnya jenis tes tersebut? Kami akan mencoba untuk memberikan penjelasannya di bawah ini. 

Sebelum Anda mengetahui cara mengerjakan tes gambar orang maka perlu memahami dahulu pengertian dan fungsinya tersebut. Tes satu ini diberikan kepada pihak partisipan untuk melihat sejauh manakah kepribadian dari seseorang dengan menggunakan media objek manusia. 

Nantinya hasil dari psikotes inilah dapat membantu pihak psikolog buat membaca kepribadian Anda dan akan mempengaruhi kemampuan dalam bekerja. Oleh karena itu kehadirannya selalu ada para saat proses rekrutmen karyawan baru. 

Kehadiran dari test inilah pertama kali diperkenalkan pada tahun 1926 silam oleh Florance Goodenoght sebagai rangkaian ujian untuk mengetahui bagaimana kepribadian dari seseorang. Perlu diketahui bahwa di dalamnya nanti seorang psikolog tidak akan menilai apakah gambar tersebut bagus atau tidak. 

Oleh karena itu bisa dibilang cara mengerjakan tes gambar orang inilah tergolong mudah dan tidak sulit. Adapun penilaiannya sendiri adalah berasal dari detail objek sekaligus proporsionalitas dari gambarnya. 

Bagi sebagian besar orang yang baru pertama kali mendapatkan tes ini pastinya akan merasa kebingungan dalam mengerjakannya. Namun jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan beberapa cara di bawah ini. 

  1. Perhatikan Skala Proporsional Gambar Untuk Ukuran Kertasnya

Sebelum Anda memutuskan untuk menjawab psikotes ini maka hal yang perlu diperhatikan adalah skala proporsional objek yang terdapat pada ukuran kertas. Hal tersebut dapat diartikan bahwa ketika menggambar seseorang besar maka mempunyai rasa percaya tinggi. 

Selain itu mereka biasanya juga ingin mendapatkan lebih, aktif sekaligus agresif. Oleh karena itulah, biasanya mereka lebih cocok buat ditempatkan di pekerjaan dengan sifat sosial. Hal tersebut berbanding terbalik apabila gambar mempunyai ukuran kecil. 

  1. Pastikan Sesuaikan dengan Jenis Kelamin 

Adapun cara mengerjakan tes gambar orang pada psikotes berikutnya adalah pastikan sesuaikan dengan jenis kelamin. Sebagai contohnya kalau Anda merupakan seorang perempuan maka sebaiknya gambarlah objek perempuan ataupun sebaliknya. Usahakan juga bahwa objek tersebut berada di tengah-tengah kertas. 

  1. Kelengkapan dari Anggota Tubuh 

Masih ad acara lainnya yakni Anda perlu memperhatikan kelengkapan dari anggota tubuh. Hal tersebut nantinya dapat menilai seberapa detail dari calon pekerja ketika mengerjakan suatu pekerjaan. 

Itulah mengapa pentingnya agar memperhatikan kelengkapan anggota tubuh mulai dari kepala hingga ujung kaki. Terlebih lagi pada bagian alis, bulu mata dan lain sebagainya. Nantinya mereka akan menilai apakah Anda akan dianggap bekerja dengan detail atau tidak. 

  1. Cobalah Gambarkan profesi  dari Orang Tersebut

Menggambarkan profesi dari objek orang itu juga menjadi cara mengerjakan tes gambar orang lainnya di mana perlu diperhatikan. Sebagai contohnya apabila menggambarkan seorang guru, maka pastikan baju yang digunakan bernuansa guru dan sebagainya. 

  1. Posisi Objek Harus Diperhatikan

Cara lainnya yakni Anda perlu untuk memperhatikan posisi dari objek bersangkutan tersebut dengan baik. Posisi dapat menghadap ke depan, kiri ataupun samping kanan. Jangan lupa agar memberikan detail gambar dengan baik. 

Psikotes menjadi salah satu test di mana akan diajukan oleh sebuah perusahaan ketika akan merekrut seorang karyawan baru. Namun kalau Anda baru pertama kali dihadapkan dengan ujian ini, maka sebaiknya pahami cara mengerjakan tes gambar orang dengan baik.

Bagikan Artikel: