10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Mencari Pengalaman Kerja dengan Magang dan Rahasianya

Dalam dunia kerja saat ini, calon pekerja harus berusaha ketahui cara mencari pengalaman kerja. Sebab di jaman sekarang perusahaan sudah open minded dengan pekerja yang akan di terima ke lingkungannya.

Bukan hanya pekerja yang memiliki ilmu dan gelar saja, tetapi soal pengalaman malah lebih diutamakan. Itulah pentingnya Anda yang masih berada di lingkungan pendidikan, harap untuk memanfaatkan program bernama magang.

Di mana setiap mahasiswa maupun siswa pasti pernah magang bukan, jangan salah ini adalah momen dalam mencari pengalaman. Jadi ketika ada orang yang keluhkan tidak memiliki pengalaman, mungkin magangnya gagal.

Bisa dikatakan dalam program ini seseorang dapatkan cara mencari pengalaman kerja dan tidak sama sekali. Semua itu tergantung bagaimana sikap yang dimunculkan, apakah proaktif atau malah sebaliknya pasif dalam bekerja.

Tapi tidak usah kawatir bagi yang sudah lulus atau fresh graduate. Ada kesempatan untuk magang lagi pada perusahaan besar. Jadi manfaatkan momen ini untuk meningkatkan pengalaman bekerja dengan rahasia berikut.

Rahasia Cara Mencari Pengalaman Kerja dengan Magang agar Maksimal

Sebenarnya ini lebih ke bagaimana Anda supel ke orang lain atau ramah. Terkesan menjilat tapi ini memang kenyataan dalam dunia kerja. Bukan untuk menjilat tapi merupakan sikap proaktif dalam bekerja.

Sehingga ketika memang pada dasarnya Anda sudah ramah dari lahir, tentu akan mudah dekat dengan pegawai-pegawai tetap pada lingkungan magang. Tapi ketika masih belum ramah atau malah cenderung pasif.

Coba terapkan rahasia cara mencari pengalaman kerja dengan magang agar maksimal berikut. Kami rangkum dari pengalaman orang-orang yang merasa tidak proaktif di awal agar lebih relevan, adapun beberapa rahasianya berikut.

  1. Kesan pertama adalah nilai yang tidak dapat diganggu gugat

Sebagai seseorang yang dijatuhi tugas untuk menyeleksi mana pilihan pekerja terbaik. Pasti Anda akan lebih suka bekerja sama dengan orang lebih bagus pada kesan pertama bukan?

Bukan hanya sekedar good looking tetapi juga tepat datang, rapi, wangi, ramah, dapat diandalkan dan sebagainya. Jadi sebisa mungkin pada awal untuk kegiatan magang coba tunjukan semua itu.

Walau terkesan memaksa di awal tetapi orang-orang pasti akan lebih suka. Cara mencari pengalaman kerja memang sedikit menantang. Apalagi bagi Anda yang memang masih belum terbiasa dengan dunia sebenarnya.

  1. Ramah tamah dengan orang baru, khususnya pegawai pegawai yang ada dilingkungan kantor

Sebenarnya bukan hanya pada pegawai saja, tetapi semua orang yang Anda temui. Sebab tidak ada yang tahu bahwa pemilik perusahaan juga sedang nongkrong dengan pakaian bebas bukan?

Meski dengan tukang parkir, ob, dan semuanya, sikap ramah merupakan kunci utama untuk dapatkan pengalaman. Sebab tujuan utama dari pengalaman kerja adalah dapat bekerja sama dengan banyak orang.

Jangan lupa juga mengatur diri sendiri, Anda sebagai seorang yang sedang magang. Tidak boleh hanya mengandalkan semua diberikan seperti layaknya sekolah. Perlu untuk sikap proaktif dalam segala hal.

Disarankan juga untuk mengalah dan menjadi penengah. Sebab tidak ada yang tahu budaya dari lingkungan pekerjaan baru. Cara mencari pengalaman kerja baru ini juga buat Anda tahu cara menempatkan diri.

  1. Jangan malas dan banyak banyaklah membantu

Sikap proaktif memang diperlukan sekali dalam hal ini. Sebab ini akan menentukan seberapa banyak pengalaman didapatkan. Semakin banyak Anda dalam terlibat tugas dari perusahaaan.

Maka semakin banyak untuk mendapatkan pengalaman atau experience. Tugas apa saja mau berat, sedang, atau ringan kerjakan saja. Sebab itu akan membuat pegawai-pegawai lainnya merasa senang.

Dengan hal seperti ini mungkin Anda akan dapatkan permintaan untuk bergabung. Siapa tahu bukan? Sikap baik akan membuahkan hasil saat itu juga. Intinya buat baik sesuai apa yang dikerjakan.

Bahkan bila perlu tawarkan bantuan jika ada pegawai yang merasa kesulitan. Itu akan membuat Anda lebih diandalkan dan menerima banyak ilmu. Dengan begini program magang bukan hanya sekedar tugas saja.

  1. Utarakan ide dan jangan ragu bertanya

Jika Anda terlibat dalam sebuah kegiatan kantor, tentu akan masuk ke dalam jajaran pegawai sementara. Itulah kesempatan untuk membuktikan diri bahwa kreatif dalam bekerja. Jadi utarakan ide guna dapat membantu perusahaan.

Jangan sekali-kali niat utarakan ide demi di puji oleh orang lain. Sebab itu hanya akan membuat Anda dicap sebagai penjilat. Memang niat orang akan terbaca jika memang tujuannya buruk.

Semua itu akan maksimal didapatkan jika dirangkum dengan seksama. Maksudnya apa yang sudah didapatkan dari program magang harusnya Anda ketahui. Jadi cara mencari pengalaman kerja magang bukan hanya sekedar tugas.

Bagikan Artikel: