Cara membuat tabel di excel

Cara Membuat Tabel di Excel untuk Pemula

Cara membuat tabel di excel menjadi pengetahuan yang banyak dicari. Pencarian akan pengetahuan ini sebenarnya terbilang normal. Itu karena, cara membuat tabel sendiri penting untuk Anda yang ingin membuat data secara rapi.

Sebenarnya dalam microsoft office, tabel tidak hanya dibuat di excel. Bisa juga membuat tabel di word atau versi lain. Hanya saja, tidak berlebihan jika menyebut excel ini sebagai yang paling mudah.

Intinya ada banyak format yang nantinya bisa Anda gunakan. Jika belum mengetahui cara membuat tabel tersebut, ini adalah tempat yang tepat. Kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai cara membuatnya.

Baca juga: Cara Menjumlahkan di Excel yang Bisa Dicoba

Cara Membuat Tabel di Excel dengan Format As Table

Cara membuat tabel di excel pertama adalah dengan menggunakan format as table. Untuk membuat tabel ini, ada beberapa tahap yang bisa dilalui. Berikut penjelasan lengkap dari setiap tahap tersebut.

  1. Seleksi Sel

Pada tahap awal, penting untuk melakukan seleksi sel terlebih dahulu. Perlu diketahui, tidak mungkin Anda menggunakan setiap tabel yang ada di lembar kerja. Seleksi sel ini berfungsi untuk memilih tabel mana saja yang akan digunakan.

Jika sel yang dibutuhkan sudah melalui proses seleksi, tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah klik ‘home’. Dari sana Anda bisa melanjutkan dengan klik ‘Format as Table’. Dari sini langsung saja lanjutkan ke tahap berikutnya.

  1. Model Tabel

Nantinya Anda harus menentukan seperti apa model tabel yang diinginkan. Di sini sesuaikan saja format tabel tersebut sesuai dengan kebutuhan. Sangat mungkin Anda harus melakukan merge dan unmerge dalam proses penyesuaiannya.

Jangan lupa juga untuk melihat kembali rentang tabel tersebut. jika rentang tabelnya sudah selesai, Anda bisa lanjut ke tahap berikutnya. Tetapi jika dirasa masih belum, lakukan saja penyesuaian terhadap rentang tabel tersebut.

  1. My Tabel Has Headers

Tahap terakhir dalam cara membuat tabel di excel adalah mengubah kondisi tabel. Di sini Anda bisa langsung centang opsi ‘My tabel has headers’. Dengan mencentang opsi tersebut, nantinya perubahan menjadi tabel pada data excel sudah selesai.

Di sini langsung saja klik OK untuk mengonfirmasi perubahan tersebut. Di sini proses perubahan tabel sebenarnya sudha selesai. Nantinya ada banyak keuntungan yang akan terasa ketika perubahan sudah selesai.

Salah satunya berkaitan dengan pewarnaan yang bisa dilakukan. Intinya perubahan tersebut membuat Anda bisa lebih bebas dalam mewarnai tabel. Bahkan skema warna warni secara otomatis juga bisa digunakan pada tabel tersebut.

Baca juga: Cara menguasai rumus hlookup excel

Cara Membuat Tabel Dasar di Excel

Cara membuat tabel di excel memiliki beberapa opsi. Jika melihat secara umum, opsi yang sebelumnya dijelaskan lebih populer. Itu karena, kebanyakan pengguna excel memang menggunakan cara tersebut ketika akan membuat tabel.

Tetapi itu bukan satu-satunya cara yang bisa digunakan. Ada juga opsi lain yang sebenarnya lebih dasar dalam membuat tabel. Jika opsi ini belum diketahui, kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai cara yang bisa dilakukan.

  1. Seleksi Sel

Tahap awal dalam cara membuat tabel di excel ini berkaitan dengan proses seleksi sel. Intinya Anda bisa terlebih dahulu melakukan seleksi pada bagian sel yang nantinya akan digunakan sebagai tabel. Tahap ini sendiri tidak berbeda dengan teknik sebelumnya.

Langkah selanjutnya ketika seleksi sel sudah dilakukan adalah klik menu insert. Nantinya pada menu tersebut, akan terlihat opsi tabel yang bisa dipilih. Langsung saja klik opsi tersebut di mana ini dilakukan untuk menambahkan tabel pada excel.

  1. Range Data

Langkah selanjutnya dalam cara membuat tabel di excel adalah melakukan pengecekan ulang. Di sini coba saja cek range data yang sebelumnya sudah dipilih. Ini perlu dilakukan untuk memastikan apakah proses seleksi yang dilakukan sudah benar atau tidak.

Jika proses seleksinya sudah benar, langsung saja klik ‘My tabel has headers’ untuk meresmikannya sebagai tabel. Tetapi jika masih ada kesalahan, lakukan perbaikan dulu pada tabel tersebut dan barulah klik ‘My tabel has headers.

  1. OK

Pada tahap akhir, Anda tinggal melakukan konfirmasi. Konfirmasi sendiri bisa dilakukan dengan klik OK. Dari sini tabel sudah berhasil dibuat dan bisa langsung digunakan untuk berbagai keperluan.

Jika melihat secara umum, kedua cara yang dijelaskan di atas memiliki kelebihana antara satu sama lain. Oleh karena itu, Anda bisa memilih cara membuat tabel di excel yang dirasa paling cocok.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.