10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

7 Cara Membuat Ringkasan Profil agar Disukai HRD

Cara membuat ringkasan profil atau CV untuk keperluan melamar pekerjaan itu tidak boleh main-main. Meski memang harus ringkas, tetapi Anda harus membuatnya juga menarik demi membuat HRD suka dengan itu.

Sebab penentu diterima Anda kerja di sana adalah HRD. Lalu apa itu sebenarnya maksud dibuat CV tersebut, sebenarnya tujuannya adalah menggambarkan diri calon pelamar pekerjaan secara singkat pada berbagai aspek.

Bukan hanya soal pendidikan, tetapi juga keterampilan, pengalaman, bahkan tujuan karier seseorang. Terkesan sederhana namun ini akan menentukan apakah Anda akan masuk pada tahapan selanjutnya, jadi baiknya untuk maksimalkan pembuatan.

Cara Membuat Ringkasan Profil agar Disukai HRD yang Tepat

Informasi mengenai CV merupakan hal vital, sebab Anda akan dinilai oleh HRD dengan kalimat tersebut. Tentunya masih dalam penilaian tahap awal, tapi ini penting untuk menentukan apakah Anda bisa lanjut.

Maka dari itu guna tidak membuat bakat serta kemampuan Anda sia-sia. Dikarenakan tidak dapat masuk pada tahap selanjutnya hanya karena salah menulis. Jadi baiknya untuk melakukan pengerjaan dengan lebih tepat. 

Penulisan dapat dimulai dengan masukan pengalaman kerja yang dimiliki serta kelebihan. Tentu pada tahapan awal cara membuat ringkasan profil. Tulis singkat, padat, dan langsung ke tujuan agar dapat dilirik HRD.

Tapi guna memberikan gambaran secara lebih jelas, Kami berikan beberapa hal yang mungkin akan membantu lebih efektif efisien deskripsikan diri. Semua ini terlihat sepele namun sebenarnya penting perannya untuk Anda.

  1. Buat secara ringkas tanpa bahasa berbelit belit

Ini mungkin merupakan hal yang sedikit sulit untuk dipastikan, sebab ada HRD yang suka dengan penjelasan berbelit dan sebaliknya. Namun jika ingin lebih aman pada penggunaan umum, ringkas merupakan pilihannya.

Intinya ini poin awal sebelum HRD melakukan pengamatan lebih dalam pada detail informasi lainnya. Biasanya pembuatan ringkasan diri dua tiga kalimat saja. Bebas bisa pada format poin atau paragraf singkat.

  1. Cara membuat ringkasan profil dengan menonjolkan kemampuan relevan pada lowongan

Sebagai seorang perekrut tentu akan mencari mana calon pelamar yang cocok dengan kekosongan posisi. Bayangkan jika ada seorang yang mencantumkan berbagai kelebihan, tentu itu akan terlihat memuakan bagi Anda bukan?

Jadi isi kelebihan serta pencapaian yang relevan dengan posisi lowongan. Misalkan ada lowongan tentang pemasaran, tidak usah tonjolkan lowongan sebagai pengontrol kualitas dan sebagainya. Relevansi kemampuan itu yang harus diutamakan.

  1. Identifikasi diri sebagai seorang profesional, tentu ini hanya bisa dilakukan ketika sudah berpengalaman

Cara membuat ringkasan profil selanjutnya adalah memperkenalkan diri layaknya seorang profesional. Beritahukan apa posisi kerja Anda sekarang, bagaimana pengalaman kerja dan lainnya. Demi gambarkan pengalaman kerja secara berkelas kepada perekrut.

Semakin profesional pasti HRD akan mempercayai Anda sebagai pilihan terbaik. Bahkan sebelum mulai melalui tahapan kedua dalam proses seleksi. Kemungkinan HRD sudah kepincut ingin kerja sama dengan calon pegawai sudah berpengalaman.

  1. Tujuan karier itu penting untuk dijelaskan

Jelas ini akan menjadi pertimbangan utama dari perekrut, sebab jika tujuan karir tidak jelas dan menguntungkan perusahaan. Kenapa harus merekrut calon pegawai tersebut karena tidak ada loyalitas untuk perusahaan.

Jadi Jelaskan bagaimana apa yang dimau dalam melamar pekerjaan. Apakah memang fokus pada jabatan tersebut untuk mengembangkan ke tingkat lanjutan. Serta apakah memang ingin mengabdi pada perusahaan.

  1. Cara membuat ringkasan profil dengan kata kunci relevan

Kata kunci secara psikologi akan membuat perekrut tertarik dengan Anda. Bukan hanya pada model SEO dan SEM kata kunci bekerja. Pada dunia nyata untuk proses seleksi pegawai juga keyword berperan.

  1. Gunakan prosentase pada skill ataupun pencapaian individu

Prosentase menjadi hal penting agar bisa membuat HRD melirik Anda, penggunaan angka ini khususnya akan lebih meyakinkan bagaimana kinerja dalam pekerjaan sebelumnya. Itu berlaku bagi pelamar kerja yang sudah profesional.

Sebaliknya jika masih fresh graduate boleh untuk menggunakan ini pada skill. Tidak perlu pada langsung bagaimana menangani pekerjaan. Pelamar baru biasanya akan dicari pada soft skill.

  1. Gunakan keunikan diri untuk memikat HRD

Biasakan untuk menjadi pribadi unik yang mampu memikat orang lain. Ini adalah profesional sebenarnya yang dicari cari oleh perusahaan. Buat dengan bahasa yang unik dan menunjukkan bahwa Anda tidak biasa-biasa saja.

Jika masih bingung untuk membuat bagaimana kalimat yang bagus padanya. Cek saja pada contoh ringkasan diri banyak pelamar di internet. Pastikan menggunakan itu sebagai panduan cara membuat ringkasan profil bukan menirunya.

Bagikan Artikel: