10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Membuat Resume yang Menarik, Banyak Disukai HRD

Dengan memahami bagaimana cara membuat resume yang menarik maka peluang kamu agar dapat lolos akan semakin terbuka. Tetapi sebelum itu, apakah Anda mengetahui apa itu resume.

Resume merupakan sebuah dokumen penting yang diperlukan dalam melamar pekerjaan. Resume bisa menampilkan kesan pertama seseorang kepada sang HRD, maka dari itu penting dalam menyusun serta membuat resume yang dapat menarik perhatian HRD.

Memang dalam membuat resume yang menarik perhatian HRD itu cukup sulit untuk dibuat. Apalagi bila Anda tidak memiliki pengalaman serta keahlian yang terlalu menonjol.

Cara Membuat Resume yang Menarik Perhatian HRD

Resume secara detailnya, merupakan dokumen formal yang memberikan gambaran mengenai calon pelamar mengenai beberapa hal. Beberapa hal tersebut di antaranya, pengalaman kerja, keterampilan atau skill, pendidikan, serta pencapaian yang diraih.

Resume biasanya dipasangkan dengan surat lamaran. Selain itu juga, resume membantu Anda dalam menunjukan kemampuan serta keahlian agar peluang Anda dilirik semakin besar. Tujuan dari resume agar dapat memberikan informasi yang relevan.

Biasanya banyak orang yang menganggap resume dan CV merupakan hal yang sama, namun sebenarnya kedua tersebut berbeda. Baik dari segi isi, tujuan, serta banyaknya halaman, sangat berbeda.

Dengan begitu jangan sampai salah lagi dalam membedakan resume dan CV. Tanpa menunggu lebih lama, berikut cara membuat resume yang menarik simak sampai habis.

  1. Informasi yang tertera pada resume

Ada sekitar delapan informasi yang wajib tertera pada resume. Di antaranya, detail kontak, objektif, profil, pendidikan, pengalaman, keterampilan, pengalaman volunteer, serta hobi dan minat. 

Detail kontak berisi informasi nama, alamat, nomor telepon, dan sebagainya. Objektif (Opsional) berisikan tujuan pembuatan resume, lalu terdapat profil yang mencangkup ringkasan keterampilan, pengalaman, dan tujuan.

Selanjutnya ada pendidikan, pastikan untuk mengisi gelar dalam urutan kronologis terbaik. Lalu ada pengalaman, tulis pengalaman kerja Anda baik itu magang, paruh waktu, dan lain-lain. Keterampilan juga ditulis berdasar apa yang Anda kuasai.

Kemudian ada pengalaman volunteer, dapat Anda masukan bagian pengalaman relawan. Dan yang terakhir ada hobi dan minat (opsional) dapat kamu masukan selagi masih bersangkutan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

  1. Bentuk format resume

Dalam cara membuat resume yang menarik harus sesuai dengan format. Di antaranya, panjang resume, format ini harus dibuat secara singkat setidaknya maksimal dua halaman. Tetapi kebanyakan yang satu halaman yang lebih disukai.

Pemilihan font juga harus dengan benar. Jangan gunakan font berornamen yang susah untuk dibaca, gunakan font yang mudah dibaca seperti contoh, Calibri, Arial. Selain itu pilih ukuran pada isi font berkisar antara 10-12.

Dan format terakhir yakni, margin halaman standar dalam pengolahan kata (seperti margin 1 di sisi atas dan bawah, kanan dan kiri halaman). Hal ini diterapkan pada sebagian besar resume.

  1. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan resume

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam cara membuat resume yang menarik yaitu memperhatikan hal-hal dasar dalam membuat resume. Namun apa saja hal-hal dasar itu, contohnya Anda harus memastikan segala dalam resume sesuai dan seragam.

Dan hal penting lainnya dalam pembuatan resume adalah, pastikan untuk mengecek sebelum mengirimnya. Hal-hal yang perlu dicek seperti, memeriksa apakah ejaannya sudah benar, tata bahasanya, nama perusahaan, serta nama orang juga.

Anda bisa meminta bantuan kepada yang lebih ahli. Mereka dapat membantu untuk memeriksa apakah resume yang Anda buat sudah benar atau belum. 

  1. Beberapa tips agar resume selalu update

Salah satu aspek terakhir mengenai cara membuat resume yang menarik adalah dengan selalu mengupdate resume Anda. Bagaimanapun resume harus berjalan sesuai dengan apa yang Anda tempati saat ini, karena resume berfungsi sebagai informasi terkini.

Berikut merupakan tips agar resume yang Anda buat selalu update. Di antaranya, tulis pencapaian pada jurnal secara rutin, tulis selalu pencapaian dalam kerjamu di dalam ponsel, Catat setiap pencapaian kerja di kalender.

Membuat resume yang bagus dan menarik, memang penting agar peluangmu lolos menjadi tinggi. Maka dari itu, pastikan agar resume yang Anda buat selalu update serta buat semenarik mungkin. Sehingga cara membuat resume yang menarik harus benar-benar dipelajari agar HRD tertarik.

Bagikan Artikel: