10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Bikin Cover Letter yang Paling Mudah Dicoba

Cara bikin cover letter merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pencari kerja. Intinya cover letter ini bisa menjadi indikator apakah perusahaan akan melirik Anda atau tidak. Jika melihat secara keseluruhan, istilah cover letter sendiri sekarang sudah menyebar.

Namun masalahnya, hanya sedikit orang yang benar-benar tahu tata cara membuatnya. Perlu diketahui, ini jelas merupakan kesalahan besar. Cover letter adalah tulisan yang fungsinya adalah untuk memperlihatkan potensi diri pada perusahaan.

Bahkan banyak orang menyebut kalau cover letter ini adalah media untuk “jual diri”. Semakin menarik cover letter maka semakin besar juga kemungkinan seseorang untuk diterima kerja. Oleh karena itu, kesalahan besar jika pembuatannya masih asal.

Cara Bikin Cover Letter Menarik

Ada beberapa cara untuk  membuat cover letter yang penting untuk diperhatikan. Perlu diketahui, sebenarnya tips semacam ini sudah banyak tersebar. Hanya saja, terdapat beberapa tips rumit yang sulit diikuti oleh pemula.

Dibandingkan langsung mengarah ke cara sulit tersebut, ada baiknya mulai belajar dari awal. Di sini akan dijelaskan lebih rinci mengenai hal yang perlu dipelajari pemula ketika akan membuat cover letter. 

  1. Riset

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam cara bikin cover letter adalah riset. Perlu diketahui, riset ini dilakukan dengan diarahkan pada beberapa hal. Pertama Anda perlu melakukan riset terhadap posisi yang diminta.

Pastikan cover letter tersebut menjelaskan kalau Anda benar-benar memahami posisi tersebut. Selain itu, penting juga untuk melakukan mini riset terhadap perusahaan. Cara termudahnya adalah dengan membuka sosial media perusahaan tersebut.

Cara ini penting agar Anda memahami karakter perusahaan yang akan dilamar sehingga pembuatan cover letter bisa disesuaikan dengan karakter perusahaan tersebut.

  1. Pembukaan

Cara bikin cover letter berikutnya berkaitan dengan pembukaan. Walaupun tidak ada struktur resmi dalam pembuatan cover letter, pasti ada beberapa kata yang Anda simpan di bagian awal. Di sini Anda perlu memastikan kalau kata pembukaan tersebut menarik.

Normalnya ada banyak orang yang mengirim cover letter ketika perusahaan membuka lowongan. Jika pembukaan dari cover letter Anda kurang menarik, recruiter perusahaan tersebut bisa saja tidak membaca cover letter yang dikirim hingga selesai.

  1. Persingkat

Merupakan kesalahan jika menganggap kalau setiap cover letter akan dibaca hingga selesai oleh recruiter. Perlu diketahui, recruiter memiliki tugas yang sangat banyak. Oleh karena itu, jangan melakukan kesalahan dengan membuat cover letter panjang.

Semakin singkat cover letter maka hal tersebut semakin baik. Tetapi ingat, pastikan tetap memerhatikan kualitas cover letter tersebut. jangan sampai hanya membuat cover letter yang singkat tetapi keberadaannya tidak menjual.

  1. Bukan CV

Beberapa orang sering melakukan kesalahan dengan menyamakan antara CV dan cover letter. Dalam cara bikin cover letter, ini merupakan kesalahan besar. Perlu diingat, CV dan cover letter adalah dua hal yang berbeda.

Ketika membuat CV, seseorang akan mendeskripsikan dirinya dengan sedetail mungkin sehingga pihak perusahaan akan mengetahui seperti apa pelamar tersebut. Namun dalam cover letter, kondisi detail tersebut tidak terlalu penting.

Anda hanya perlu memastikan kalau cover letter yang dibuat sesuai dengan keinginan perusahaan. Oleh karena itu, hal-hal yang berhubungan dengan keinginan perusahaan dan apa yang tidak sesuai bisa dilupakan dalam pembuatannya.

  1. Baca Kembali

Ketika membuat cover letter, ada beberapa orang yang langsung mengirimkannya ketika sudah selesai. Ini dilakukan karena perasaan senang pasti muncul ketika cover letter tersebut selesai. Terlebih lagi, membuatnya juga memang tidak mudah.

Tetapi ingat, hal tersebut adalah kesalahan besar. Dalam cara bikin cover letter, Anda perlu membaca kembali ketika semuanya sudah beres. Nantinya cara ini akan berguna supaya cover letter yang dibuat bisa lebih sesuai dengan keinginan.

  1. Petunjuk Lowongan

Normalnya perusahaan akan memberikan petunjuk pembuatan cover letter dalam lowongan yang dibuat. Perlu diingat, Anda perlu memastikan kalau petunjuk tersebut dibaca hingga selesai. Jangan sampai ada hal-hal yang di luar petunjuk.

Bahkan bukan tidak mungkin petunjuk yang diberikan sebenarnya tidak sesuai dengan kaidah dasar pembuatan cover letter. Tetapi karena itu adalah permintaan perusahaan, ada baiknya Anda mengikuti petunjuk yang diminta.Perlu diingat, pembuatan cover letter sendiri membutuhkan skill khusus. Oleh karena itu, Anda perlu sering membuatnya jika ingin sukses membuat cover letter yang menarik. Di sini penting juga untuk memahami cara bikin cover letter berkualitas.

Bagikan Artikel: