10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Bertanya Lowongan Kerja Melalui Chat WhatsApp

Para pencari kerja mungkin pernah berpikir bagaimana cara bertanya lowongan kerja melalui chat WhatsApp. Seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi, hal tersebut memang bisa dilakukan.

Beberapa perusahaan juga mungkin ada yang menggunakan WhatsApp untuk dihubungi oleh pelamar kerja. Meskipun terkesan lebih santai, Anda tetap harus menjaga kesopanan di dalam melakukan hal tersebut.

Jika masih bingung, berikut kami akan menjelaskan mengenai tata caranya serta apa saja yang harus dilakukan. Anda bisa memperhatikannya untuk mempraktikannya saat sedang bertanya mengenai lowongan kerja melalui WhatsApp.

Inilah Cara Bertanya Lowongan Kerja Melalui Chat WhatsApp

Cara mengirimkan pesan kepada rekruter dapat dinilai dan mempengaruhi proses perekrutan. Agar tidak menimbulkan kesan pertama yang buruk, perhatikanlah cara dalam bertanya lowongan kerja melalui chat WhatsApp di bawah ini.

  1. Pilih Foto Profil

Foto profil WhatsApp yang perlu dipilih serta digunakan sebaiknya adalah foto dengan wajah Anda. Dengan begitu rekruter dapat mengenal wajah Anda dengan baik.

Hindari penggunaan foto artis, karakter animasi, pemandangan atau foto lainnya yang tidak menunjukkan wajah Anda. Tidak perlu memakai foto terlalu formal, tapi gunakan saja foto yang dapat menunjukkan diri Anda.

  1. Perhatikan Waktu Pengiriman Pesan

Cara bertanya lowongan kerja melalui chat WhatsApp tergolong mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu membuka aplikasinya, lalu mengirimkan pesan. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan waktu pengiriman pesan.

Hal ini berperan penting untuk menunjukkan sikap kesopanan dan agar menghindari kesan negatif rekruter terhadap Anda. Pastikan untuk menghubungi pihak rekruter di hari kerja, bukan pada hari libur.

Anda juga bisa mengirimkan pesan pada jam kerja, seperti dari jam 09.00 sampai pukul 18.00. Selain dari jam tersebut, sebaiknya Anda tahan pesannya terlebih dahulu dan kirimkan ketika sudah masuk pada jam kerja tersebut lagi.

  1. Selalu Gunakan Bahasa yang Baik dan Sopan

Tips selanjutnya adalah gunakanlah bahasa yang baik dan sopan. Hindari penggunaan kata tidak baku atau singkatan kata. Gunakanlah bahasa yang formal agar menimbulkan kesan baik di depan rekruter.

Perhatikan juga untuk tidak bertele-tele dalam menyampaikan maksud dan tujuan. Anda bisa menyampaikan salam pembuka terlebih dahulu, memperkenalkan diri dengan singkat, lalu langsung menyampaikan maksud serta tujuan.

Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak menggunakan stiker atau emoticon. Sebelum dikirimkan, Anda juga bisa membaca ulang kembali pesan yang telah ditulis agar terhindar dari salah persepsi serta typo.

  1. Perhatikan Poin-Poin Penting

Tips selanjutnya dalam mempelajari cara bertanya lowongan kerja melalui chat WhatsApp adalah dengan memperhatikan beberapa poin penting. Poin-poin penting yang dimaksud adalah memperhatikan apa saja yang harus dikatakan dan dihindari.

Pastikan Anda mengirimkan ucapan salam pembuka yang baik. Seperti “selamat pagi” atau juga “selamat siang” menyesuaikan serta tergantung waktu pengiriman pesan. Hindari penggunaan pesan “P” karena ini bersikap kurang formal.

Jika pesan belum dibalas, sebaiknya Anda juga tidak memaksa untuk dibalas dengan cara mengirimkan pesan terus menerus. Sebaiknya tanyakan saja lagi di keesokan harinya. Jangan lupa juga untuk menyertakan salam penutup pada akhir pesan.

Dalam cara bertanya lowongan kerja melalui chat WhatsApp, hindari juga menarik pesan yang telah dikirimkan. Hal selanjutnya untuk dihindari adalah menanyakan soal gaji. Mengapa sebaiknya tidak menanyakan soal gaji pada pesan WhatsApp?

Gaji biasanya akan dibahas atau diperbincangkan ketika masuk ke dalam sesi wawancara. Jika penasaran soal gaji, Anda bisa mencari tahu melalui situs resmi atau media sosial perusahaan.

  1. Tanyakan Hal-Hal yang Perlu Ditanyakan

Cara bertanya lowongan kerja melalui chat WhatsApp yang terakhir adalah menanyakan hal-hal penting lainnya. Mungkin ada beberapa hal yang tidak terlalu dijelaskan pada berita lowongan kerja.

Sehingga memunculkan beberapa pertanyaan dalam diri pencari kerja. Misalnya syarat lengkap untuk menjadi karyawan atau melalui apa berkas perlu dikirimkan. Jelaskanlah pertanyaan Anda yang relevan dengan jelas dan sopan.

Ketika sedang mencari pekerjaan, mungkin pencari kerja akan menjumpai nomor WhatsApp rekruter. Dengan begitu, pencari kerja akan menghubungi nomor tersebut untuk menanyakan informasi lebih lanjut.

Walaupun melalui aplikasi chatting, pastikan Anda tetap menggunakan etika yang baik dalam bertanya. Anda bisa memperhatikan cara bertanya lowongan kerja melalui chat WhatsApp di atas untuk mempelajarinya.

Bagikan Artikel: