10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara menjawab pertanyaan "apa rencana 5 tahun kedepan"

Cara Menjawab Pertanyaan “Apa Rencana 5 Tahun Kedepan”

Dalam sebuah interview kerja, Anda perlu belajar mengenai cara menjawab pertanyaan “apa rencana 5 tahun kedepan”. Sehingga pertanyaan ini tentu perlu dipersiapkan jawabannya dari sekarang. Hal ini untuk memberikan jawaban terbaik agar kandidat lolos di mata interviewer. 

Interviewer di sini dapat berupa HRD maupun user untuk menyeleksi kandidat terbaik. Biasanya pertanyaan terkait rencana ke depan sering menjadi salah satu daftar yang ditanyakan. 

Rencana karir menjadi pertimbangan apakah sejalan dengan posisi lamaran atau tidak. Selain itu HRD menggunakan diskusi dalam hal ini untuk mengetahui kejelasan dan motivasi kandidat dalam merencanakan masa depannya termasuk visi misi serta orientasi yang kandidat miliki.

Oleh karenanya, perlunya Anda mempersiapkan terkait cara menjawab pertanyaan “apa rencana 5 tahun kedepan” dengan matang. Beberapa langkah yang dapat Anda coba akan disajikan dalam artikel ini, maka dari itu simaklah hingga selesai.

Baca juga: Alasan dan Cara Menjawab Pertanyaan “Apa Pencapaian Terbesar Anda

Tujuan Interview Adanya Pertanyaan “Apa Rencana 5 Tahun Kedepan”

Sebelum mengenali cara menjawab pertanyaan “apa rencana 5 tahun kedepan”, ada baiknya Anda mengetahui alasan HRD memberikan pertanyaan ini. Dengan mengetahuinya Anda tentu memiliki bayangan terkait jawaban apa yang akan disukai HRD, oleh sebab itu kenali tujuan berikut.

1. Motivasi

HRD ingin mengetahui motivasi dari seorang kandidat dalam merencanakan karirnya. Sehingga jawaban yang jelas dan realistis tentu akan memberikan nilai bahwa kandidat memiliki tujuan jelas dalam hidupnya dan tidak terkesan seperti hidup yang mengalir saja.

2. Dapat Diandalkan Atau Tidak

Seseorang yang tidak dapat menentukan tujuan hidupnya tentu potensi untuk merencanakan tujuan pada sebuah project dalam perusahaan juga akan kesulitan. Tentu saja ini akan memberikan nilai minus bahwa kandidat tidak dapat diandalkan.

3. Kesempatan Branding Diri

Cara menjawab pertanyaan “apa rencana 5 tahun kedepan” juga merupakan kesempatan untuk menjual diri atau branding. Wawancara ini akan menjadi kesempatan bagi kandidat untuk menjual diri dan mengesankan pihak HRD untuk memilihnya.

Cara Menjawab Pertanyaan “Apa Rencana 5 Tahun Kedepan”

Cara menjawab pertanyaan ini bukanlah perkara mudah. Hal ini karena masa depan bukan sebuah hal pasti untuk diprediksi secara matang. Oleh karenanya kenali langkah-langkah berikut supaya dapat memberikan jawaban terbaik Anda.

1. Kaitkan ke Tujuan Karir

Cara menjawab pertanyaan “apa rencana 5 tahun kedepan” adalah Berikan jawaban yang mengacu pada tujuan karir Anda. Sehingga dalam hal ini perlu riset terkait bidang pekerjaan yang dilamar. Bahkan bila ingin totalitas, lakukan wawancara dengan para profesional di bidang tersebut guna menangkap jawaban lebih spesifik.

Dapat menjelaskan tujuan karir dengan jelas dan spesifik akan menandakan bahwa Anda merupakan kandidat potensial untuk diterima. Ini memberikan kesan bahwa kandidat memiliki visi misi jelas kedepannya.

2. Ceritakan Terkait Minat dan Ketertarikan

Cara menjawab pertanyaan “apa rencana 5 tahun kedepan” berikutnya yaitu ceritakan terkait minat. Setelah menjelaskan tentang tujuan karir lima tahun ke depan, maka selanjutnya kaitkan dengan minat serta ketertarikan Anda. 

Tentunya dalam hal ini hanya skill, minat dan ketertarikan yang masih berhubungan dengan posisi pekerjaan. Keterhubungan minat dengan bidang pekerjaan akan menambah keyakinan HRD untuk memilih Anda karena dianggep berkompeten.

3. Jelaskan Rencana Realistis dan tetap Optimis 

Rencana lima tahun ke depan tidak harus menjadi sebuah gebrakan besar. Cukup sampaikan rencana yang masih realistis jangka pendek sehingga lebih potensial untuk terlaksana. 

Rencana realistis dinilai lebih memungkinkan terjadi sehingga pekerja tidak akan dinilai sebagai seorang pemimpi. Idealis memang tidak dilarang, namun realistis juga perlu didahulukan untuk menggambarkan bahwa Anda akan berkembang setiap tahunnya.

Menyampaikan jawaban ini juga perlu dengan optimis. Hal ini menandakan bahwa Anda memang benar-benar akan berusaha mewujudkannya.

4. Tunjukkan Komitmen

Memberikan penegasan terkait komitmen akan menunjukan bahwa Anda merupakan orang yang dapat diberi kepercayaan. Oleh karenanya perlunya menunjukan komitmen tinggi terhadap posisi pekerjaan tersebut. 

Mengetahui tujuan HRD memberi pertanyaan ini tentu akan memudahkan Anda untuk memberikan jawaban yang disukai. Sebagai kandidat yang ingin terpilih tentu ini saatnya bagi Anda memberikan jawaban terbaik guna membranding diri di depan mata interviewer.Pastikan gambaran diri memberi kesan citra diri yang jelas dan konsisten. Berikan jawaban-jawaban yang menyusun citra terbaik Anda dengan mempersiapkan dari sekarang mengenai cara menjawab pertanyaan “apa rencana 5 tahun kedepan”.

Bagikan Artikel: