10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

mengapa melamar ke posisi yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah

Cara Menjawab Pertanyaan Interview ‘’Mengapa Melamar ke Posisi yang Tidak Sesuai dengan Jurusan Kuliah’’

Cara menjawab pertanyaan interview ‘’mengapa melamar ke posisi yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah’’ tentunya harus diketahui bagi Anda yang akan melamar pekerjaan. Hal itu dikarenakan pada saat ini sangat sulit untuk mencari pekerjaan sehingga sangat banyak juga orang yang melamar pekerjaan tidak sesuai dengan jurusan yang diambilnya.

Selain itu, ada juga beberapa orang yang selama duduk di bangku pendidikan atau perkuliahan memang memiliki ketertarikan dengan bidang lain yang berada di luar jurusan. Hal ini tentunya juga didukung dengan kepanitiaan selama kampus yang biasanya menawarkan beberapa macam kegiatan yang beragam jenis.

Cara untuk menjawab pertanyaan interview ‘’mengapa melamar ke posisi yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah’’ juga sering membuat para pelamar kerja ketakutan ketika sedang menghadapi posisi wawancara atau interview kerja. Khususnya pada saat sedang melakukan interview kerja dengan salah satu pimpinan atau HRD perusahaan.

Cara Menjawab Pertanyaan Interview ‘’Mengapa Melamar ke Posisi yang Tidak Sesuai dengan Jurusan Kuliah’’

Kecemasan pada saat sedang sesi interview tentunya sering terjadi karena ketakutan dalam menjawab alasan yang kurang kuat jika dibandingkan dengan pelamar yang kurang sesuai dengan posisi pada jurusan kuliah yang diambil.

Padahal jika bekerja tidak sesuai dengan posisi yang diambil ketika sedang menempuh kuliah justru malah bisa mendapatkan beberapa macam manfaat. Anda bisa mendapatkan beberapa hal baru, menambah keterampilan dan pengetahuan, serta Anda bisa mendapatkan networking yang semakin melebar tentunya. 

Di bawah ini adalah cara menjawab pertanyaan interview ‘’mengapa melamar ke posisi yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah’’.

  1. Silahkan menyesuaikan dengan CV

Karena memang Anda tidak berasal dari jurusan yang tidak sesuai dengan posisi kerja tersebut, maka Anda lebih bain untuk mencantumkan keterampilan atau pengalaman di dalam CV. Cantumkan keterampilan yang berhubungan dengan kebutuhan posisi dari perusahaan tersebut.

Misalnya saja Anda mendaftar sebagai seorang content writer, namun dulu Anda berasal dari jurusan akuntansi. Dengan Anda mencantumkan keterampilan yang Anda miliki mungkin bisa menarik perusahaan untuk Anda menuju ke tahap wawancara.

  1. Jawablah secara jujur mengapa alasan sebenarnya melamar di posisi tersebut

Cara menjawab pertanyaan interview ‘’mengapa melamar ke posisi yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah’’ yang kedua adalah silahkan Anda menjawab saja dengan jujur apa alasan Anda melamar pekerjaan pada posisi tersebut. 

Misalnya saja ketika Anda melamar di bagian graphic namun pendidikan kuliah Anda bukan dari bagian graphic. Maka jawab saja pertanyaan tersebut dengan jujur dan memiliki kesan yang lebih mendalam agar bisa diterima di perusahaan.

Contohnya Anda bisa menjawab ‘’saya tertarik dengan posisi dengan design graphic karena saya memiliki pengalaman yang sebelumnya menjadi salah satu seksi kreatif. Dimulai dari mendesain beberapa poster hingga sudah bisa membentuk plan visual pada social media. 

Setelah itu, saya juga semakin bisa tertarik dan mengikuti beberapa pelatihan desain yang tersedia di media internet, dank arena hal tersebut bisa membuat saya yakin dan tertarik untuk melamar pada posisi desain graphic yang dibutuhkan perusahaan ini’’

  1. Silahkan menggambarkan terkait posisi pada pekerjaan ini

Cara menjawab pertanyaan interview ‘’mengapa melamar ke posisi yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah’’ yang ketiga adalah silahkan Anda bisa langsung untuk menggambarkan posisi yang Anda lamar pada perusahaan tersebut.

Anda bisa menjawab berdasarkan job description yang sudah disediakan di dalam job portal dan dari hasil riset terkait posisi yang Anda lamar tersebut. Anda bisa langsung menjawab pertanyaan seperti di bawah ini.

‘’Saya melihat di dalam job desc yang sudah dijelaskan di dalam linkedln bahwa saya akan diberikan beberapa amanah yang ditujukan untuk desain dan kebutuhan website media social yang dimiliki oleh perusahaan ini’’ 

  1. Jelaskan seberapa besar tekad Anda dalam menempati posisi tersebut

Pada suatu interview, pasti akan dipertanyakan mengenai seberapa besar tekad Anda di dalam menempati posisi pekerjaan tersebut. Anda bisa menjawab dengan ‘’saya pasti membutuhkan jumlah waktu karena memang saya adalah tim design dan saya butuh sekitar waktu 6 bulan untuk bisa berkembang di dalam perusahaan ini.

Beberapa cara di atas bisa Anda gunakan ketika melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan posisi yang Anda tempuh pada saat pendidikan atau kuliah. Cara menjawab pertanyaan interview ‘’mengapa melamar ke posisi yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah’’ juga bisa Anda mencari referensi lainnya juga.

Bagikan Artikel: