10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

contoh jawaban kelemahan dan kelebihan saat interview

Contoh Jawaban Kelemahan dan Kelebihan Saat Interview

Sedang dalam panggilan wawancara dan Anda ingin tahu apa contoh jawaban kelemahan dan kelebihan saat interview tersebut? Ketika recruiter menanyakan hal tersebut, Anda memang perlu menjawab dengan berhati-hati.

Pastikan jawaban Anda nanti akan berdampak positif pada saat proses rekrutmen karena biasanya pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan jebakan yang cukup membingungkan terutama untuk pemula.

Ketika ditanya apa kelebihan Anda, para pemula atau fresh graduate terkadang kesulitan menjelaskannya. Apalagi Jika ditanya tentang kekurangan, tentu saja Anda akan merasa was-was dan tidak ingin menyebutkannya.

Pada artikel kali ini, kami akan mencoba memberikan informasi mengenai tips serta contoh jawaban kelemahan dan kelebihan saat interview. Agar nantinya hasil dari jawaban Anda memberikan dampak yang baik.

Alasan HRD Menanyakan Kelemahan dan kelebihan Diri

Pertanyaan mengenai kelemahan serta kelebihan memang sangat sulit untuk dijawab namun secara umum, hal ini bisa membuat perusahaan tahu atau mengenal lebih dekat masing-masing calon kandidat.

Agar nantinya pihak perusahaan bisa menilai apakah kelebihan yang Anda miliki memang bermanfaat bagi perusahaan atau tidak. Dan apakah perusahaan bisa memberikan toleransi terhadap kekurangan yang Anda miliki.

Inilah alasan mengapa HRD selalu menanyakan hal tersebut sehingga para pencari kerja selalu mempelajari contoh jawaban kelemahan dan kelebihan saat interview agar mudah menjawabnya.

Pada intinya pertanyaan tersebut bukan semata-mata untuk menjebak para kandidat namun hanya untuk mencari tahu kecocokan antara kemampuan para kandidat dengan kebutuhan perusahaan.

Jawaban Anda tidak akan langsung ditelan mentah-mentah tentunya dan biasanya ada banyak tes yang bisa memastikan jawaban tersebut sesuai dengan keadaan sebenarnya namun tetap saja para pelamar perlu memberikan gambaran secara jelas.

Ketika mengatakan kelebihan maka pastikan hal tersebut benar-benar sesuai dengan kapasitas kemampuan yang Anda miliki dan ketika ditanya kelemahan maka pastikan hal tersebut tidak menjadi sumber masalah untuk perusahaan.

Baca juga: Beberapa Contoh Jawaban Pertanyaan Motivasi Kerja Saat Interview

Contoh Jawaban Kelemahan dan Kelebihan Saat Interview

Jangan sampai keliru karena Anda perlu memahami apa saja kelebihan yang relevan dengan perusahaan. Misalnya saja ketertarikan kuat pada bidang yang dilamar di mana passion atau minat Anda memang sejalan.

Kelebihan lainnya adalah dapat beradaptasi dengan cepat karena di manapun maka Anda akan bertemu dengan orang-orang baru dan perlu menyesuaikan dengan lingkungan agar nantinya Anda pun akan terlihat luas dan bisa ditempatkan di berbagai posisi.

Kelebihan lainnya yang perlu Anda tonjolkan adalah mampu berkomunikasi dengan baik dan memiliki inisiatif tinggi serta bisa berpikir secara kreatif. Hal-hal tersebut sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan Anda bisa menyertakan portofolio sesuai dengan kelebihan tersebut.

Ada banyak contoh jawaban kelemahan dan kelebihan saat interview, namun Anda juga perlu mengetahui seperti apa contoh pengalaman diri yang bisa dijadikan sebagai jawaban agar tidak berdampak negatif pada hasil interview nanti.

Kelemahan yang Anda sebutkan misalnya minim pengalaman jika Anda merupakan fresh graduate, bisa juga mengatakan bahwa Anda cukup ambisius dan lain-lain di mana jawablah dengan jujur dan jangan terlalu menutupi kekurangan.

Jawaban yang bisa digunakan saat ditanya tentang kelemahan: “saya merupakan fresh graduate dan mungkin belum memiliki banyak pengalaman namun bisa belajar dengan cepat bahkan saya sering mengikuti kegiatan sosial, organisasi kampus dan lain-lain”.

Contoh lainnya adalah: “saya sulit mempercayai orang lain, beberapa orang menganggapnya kelemahan, namun sisi positifnya, saya lebih berhati-hati dan waspada  terutama dalam mengambil keputusan sehingga pekerjaan dan hidup saya lebih aman.

Contoh jawaban kelemahan dan kelebihan saat interview bisa diterapkan dengan mudah namun pastikan Anda menjawabnya dengan jujur agar bisa dipertanggung jawabkan di kemudian hari.

Sedangkan ketika ditanya mengenai kelebihan maka beberapa contoh berikut bisa diterapkan: “posisi yang saya lamar saat ini sangat sesuai dengan passion sehingga nantinya tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan job desk yang diberikan”.

Contoh hal lainnya: “saya mampu berpikir kreatif dan terkadang banyak ide yang ingin saya tuangkan, tentu akan sangat menyenangkan jika memiliki sebuah tim yang bisa diajak bekerja sama untuk mewujudkan ide kreatif tersebut”.Jawaban-jawaban tersebut hanyalah sebatas contoh sehingga bisa dikondisikan dengan posisi yang Anda lamar. Contoh jawaban kelemahan dan kelebihan saat interview setidaknya bisa Anda jadikan referensi saat menghadiri jadwal yang sudah ditetapkan.

Bagikan Artikel: