10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

kegiatan yang dilakukan saat waktu luang?

Cara Jawab Pertanyaan Interview “Apa Hobi & Kegiatan yang Dilakukan Saat Waktu Luang?”

Cara jawab pertanyaan interview “Apa hobi & kegiatan yang dilakukan saat waktu luang?” merupakan salah satu topik paling banyak dicari oleh pelamar. Mempelajari hal tersebut akan membantu wawancara berjalan maksimal.

Meskipun pertanyaan tersebut cenderung personal dan kurang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar, namun rekruter sering mengajukannya. Biasanya, pertanyaan diajukan untuk mengetahui kepribadian pelamar secara lebih lanjut.

Selain itu, pertanyaan diajukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah pelamar cocok dengan budaya perusahaan. Hal ini untuk menghindari apabila pelamar memiliki aktivitas yang menyita bahkan mengganggu pekerjaan.

Sebuah perusahaan tentu menginginkan karyawan yang ideal dan dapat memberikan kinerja terbaiknya. Oleh sebab itu, pada saat proses interview, pastikan untuk menjawab pertanyaan rekruter dengan sungguh-sungguh.

Jangan menjawab seolah-olah hanya ingin mengatakan apa yang ingin rekruter dengan. Jika kesulitan, Anda bisa menggunakan cara jawab pertanyaan interview “Apa hobi & kegiatan yang dilakukan saat waktu luang?”.

Mempelajari cara menjawab pertanyaan saat interview akan membuat persiapan Anda semakin matang. Dengan begitu, ketika terdapat pertanyaan unik, Anda bisa menjawabnya secara maksimal tanpa kesulitan.

Kemudian, nilai Anda dibandingkan kandidat atau pelamar lainnya juga semakin meningkat. Agar semakin sukses saat interview, berikut ini cara yang bisa diterapkan ketika rekruter bertanya terkait hobi dan waktu luang.

Cara Jawab Pertanyaan Interview “Apa Hobi & Kegiatan yang Dilakukan Saat Waktu Luang?” Agar Sesuai dengan Kriteria Perusahaan

Interview akan semakin sukses saat Anda mempersiapkan segala hal secara maksimal. Berikut ini persiapan yang bisa dilakukan untuk menjawab pertanyaan di luar topik pekerjaan agar sesuai kriteria perusahaan.

  1. Menyinggung Posisi Terkait

Cara pertama yaitu, Anda bisa menyebutkan hobi atau kegiatan waktu luang yang sesuai dengan posisi terkait. Hal ini akan menambah poin pelamar di mata para rekruter pada perusahaan tertuju.

Sebagai contoh, apabila melamar sebagai editor, maka katakan hobi atau kegiatan waktu luang Anda adalah membaca buku. Anda juga bisa menceritakan jenis buku apa dibaca pada waktu-waktu tersebut.

Secara tidak langsung, jawaban tersebut akan menunjukkan bahwa pelamar memiliki salah satu skill yang dibutuhkan pada posisi tertuju. Jawaban tersebut akan menjadi pertimbangan penting bagi rekruter.

  1. Hindari Menyebutkan Hal Kontroversial

Cara jawab pertanyaan interview “Apa hobi & kegiatan yang dilakukan saat waktu luang?” kedua adalah menghindari hal kontroversial. Anda tidak disarankan menyebutkan hobi atau kegiatan yang bertolak belakang dengan pekerjaan.

Sebagai contoh, Anda bergabung dengan komunitas tertentu yang mungkin terkenal cukup fanatik untuk mengisi waktu luang sehari-hari. Sebaiknya, Anda tidak menginformasikan hal tersebut kepada rekruter.

Hal tersebut akan membantu pelamar untuk terhindari dari pandangan berbeda yang dimiliki rekruter terdapat suatu hal. Anda bisa menggantinya dengan menjawab hobi atau kegiatan untuk meningkatkan value diri sendiri.

  1. Tunjukan Antusiasme

Cara jawab pertanyaan interview “Apa hobi & kegiatan yang dilakukan saat waktu luang?” yaitu dengan menunjukkan antusiasme Anda. Apapun jawaban Anda, pastikan untuk mengatakannya secara jelas dengan energi optimis.

Namun, Anda tetap harus mengingat kembali bahwa tujuan pertanyaan untuk mengevaluasi kepribadian pelamar. Oleh sebab itu, jaga nada bicara saat menjawab pertanyaan agar tetap positif dan hindari kebohongan.

Dengan energi optimis dan antusiasme yang tinggi, rekruter dapat menilai kepribadian Anda secara lebih baik. Rekruter akan melihat bagaimana Anda memperlakukan hobi atau waktu luang dengan baik.

Antusiasme tinggi juga menunjukkan kecintaan pelamar pada hobi dan kegiatan yang dilakukan saat waktu lain. Dengan begitu, rekruter dapat menilai bahwa Anda juga bisa memberikan kecintaan serupa pada pekerjaan.

  1. Menjaga Image

Cara jawab pertanyaan interview “Apa hobi & kegiatan yang dilakukan saat waktu luang?” berikutnya yaitu menjawab dengan tetap menjaga image. Sebagai contoh, mengatakan sesuatu bersifat ilegal atau aktivitas berbahaya.

Dengan mengatakan hal tidak biasa seperti itu, Anda bisa menghancurkan image ketika interview dilakukan. Selain itu, Anda bisa menceritakan hobi dan kegiatan dengan tetap menunjukkan tanggung jawab terhadap pekerjaan.

Pelamar harus bisa meyakinkan rekruter bahwa hobi maupun aktivitas di waktu luang tersebut tidak akan mengganggu pekerjaan. Sebaliknya kedua hal tersebut harus bisa meningkatkan produktivitas Anda.

Pada akhirnya, rekruter semakin yakin kepribadian pelamar sesuai dengan kriteria perusahaan. Dengan menerapkan cara jawab pertanyaan interview “Apa hobi & kegiatan yang dilakukan saat waktu luang?” maka wawancara dijamin lancar.

Bagikan Artikel: